Monday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Jangan Galau Soal IMEI Yang Diblokir Kata Kemenperin

Jangan Galau Soal IMEI Yang Diblokir Kata Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI langsung turun tangan untuk segera menginformasikan mengenai regulasi kontrol IMEI. Ini dilakukan dengan harapan pengguna smartphone di Indonesia tidak perlu cemas dengan kebijakan tersebut.

Rencana pemerintah yang mana ingin memblokir smartphone BM alias black market lewat pengontrolan IMEI membuat cemas masyarakat. Terutama bagi pengguna smartphone di Indonesia. Sosialisasi mengenai rencana tersebut pun belum bisa dianggap menjangkau semua kalangan.

Melihat hal itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI pun langsung turun tangan dengan menyebarkan informasi yang harus diketahui oleh masyarakat secara langsung. Informasi tersebut dilempar oleh Kemenperin lewat jejaring sosial, seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Lantas, informasi apa saja yang disebarluaskan? Ada dua hal, yakni latarbelakang mengenai kebijakan itu yang harus segera dilakukan dan tanya-jawab seputar kebijakan tersebut. Pada akhirnya, diharapkan informasi dari Kemenperin ini tidak akan lagi membuat cemas pengguna smartphone di Indonesia.

Disebutkan bahwa peraturan untuk mengontrol IMEI ini akan segera diberlakukan mulai 17 Agustus 2019. Latarbelakang pemberlakuan ini dikarenakan pemerintah ingin melindungi konsumen dan juga industri terkait. Selain itu, kebijakan ini pun dipercaya akan diberlakukan secara bertahap.

Bagi kalian yang masih bingung saja atau belum mengerti lebih dalam mengenai kebijakan ini, Kemenperin pun berbagi informasi dalam bentuk tanya-jawab. Semuanya telah diuraikan secara terbuka sehingga kalian sebagai pengguna smartphone tidak lagi perlu cemas.

Cek IMEI dari smartphone

Lalu bagaimana cara untuk mengecek nomor imei smartphone yang sedang kita gunakan saat ini? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama adalah menekan tombol *#06#. Cara ini bisa dilakukan di semua smartphone, baik itu Samsung, iPhone, Xiaomi, Huawei, OPPO, VIVO dan masih banyak lagi.

Cara kedua yaitu dengan melihat langsung bagian about phone pada setiap smartphone. Umumnya menu ini bisa ditemukan di Setting lalu masuk ke System kemudian About Phone. Di halaman tersebut akan muncul informasi model, build number, versi Android, hingga spesifikasi singkat dari smartphone yang digunakan.

Cara ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi khusus. Untuk pengguna smartphone Android, kalian juga bisa langsung install aplikasi My IMEI. Selanjutnya silahkan buka aplikasinya dan secara otomatis nomor IMEI smartphone kalian pun akan terlihat.

Cara keempat adalah melihat di belakang smartphone. Beberapa vendor smartphone terdahulu biasanya juga mencetak nomor IMEI di bagian belakang smartphone. Namun karena dirasa kurang aman, akhirnya vendor mulai menghentikan kegiatan tersebut.

Cara kelima untuk mengecek IMEI smartphone yaitu dengan melihat box atau kardus dari penjualan smartphone. Umumnya setiap kotak penjualan terdapat beberapa informasi seputar smartphone, meliputi nomor imei, serial number serta keterangan penting lainnya.