Saturday, July 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

iPhone Kini Jadi Patokan Status Sosial Kekayaan

iPhone memang jadi smartphone yang paling diminati, meskipun harganya dilepas ke pasaran Indonesia sangat tinggi. Hal ini memang jadi strategi permainan Apple, dimana sengaja menyasar untuk pasaran kelas menengah ke atas. Belum juga dilluncurkan iPhone 8, peminat iPhoneX masih sangat tinggi. Bahkan smartphone yang di banderol dengan harga US$1000, namun tidak membuat sepi peminat apalagi di Indonesia.

Harga ini jauh lebih tinggi dari flagship ponsel pintar lainnya, bahkan dengan ada banyak smartphone dengan spesifikasi di atasnya namun tidak berani melempar dengan harga tersebut. Hal ini membuat sebuah riset kecil yang dilakukan Univercity of Chicago, dimana menemukan hasil akhir yang cukup mencengangkan. Dimana pemilik barang keluaran Apple akan dianggap sebagai orang kaya.

Hal ini memang ada benarnya, pasalnya harga iPhoneX dan iPad tergolong mahal dan hanya bisa di jangkau kalangan menengah ke atas. Seperti yang disebutkan dalam hasil penelitian tersebut, jika penelitian yang berlangsung satu tahun ini tidak membuat prediksi siapa penggunanya terlebih dahulu. Namun hasilnya sungguh mencengangkan, karena semua pengguna iPhone dipastikan adalah orang kaya.

Penelitian ini dilakukan oleh Emir Kemnica dan Mariane Bertrand, dimana menggunakan data yang diperoleh dari Mediamark Reseach Intelligense. Ini menggunakan lebih dari 6 ribu sampel orang Amerika Serikat, dimana riset dilakukan dengan tatap muka, mengumpulkan data secara langsung dan pengisian kuesioner di tempat.

Baca juga : iPhone 8 Tetap Jadi Smartphone Paling Dicari Di Dunia

Hasilnya, lebih dari 69 persen pengguna adalah orang dengan penghasilkan tahunan yang tergolong tinggi, sehingga dapat dijabarkan kembali. Jika menggunakan smartphone keluaran Apple adalah orang berada hingga orang kaya. Ini juga membenarkan stigma masyarakat yang berkembang, jika pengguna smartphone tersebut adalah orang kaya sehingga dapat meningkatkan strata sosial.

Namun tidak ada orang yang menyebutkan secara spesifik jenis atau tepi iPhone yang digunakan, padahal Apple sudah mengeluarkan beberapa seri berbeda. Dimana di tahun 2018, sudah mengeluarkan 3 seri terbarunya. Jika melihat data dari Newzoo, rata-rata pengguna smartphone asal Amerika Serikat itu adalah seri lama. Mulai dari 81 persen adalah pengguna iPhone6s sedangkan sisanya, pengguna  iPhone7 sebanyak 19 persen. Bahkan masih ditemukan pengguna iPhone4 yang sudah di produksi lebih dari 8 tahun lalu.

2 Comments

Comments are closed.