Tuesday, December 11Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inovasi Teknologi Terbaru Buatan China Yang Fenomenal

Inovasi Teknologi Terbaru Buatan China Yang Fenomenal

Perkembangan dari teknologi di dunia semakin maju dengan pesat, beberapa inovasi teknologi masa depan pun banyak di perkenalkan di tahun 2018 ini. Diantara inovasi itu pun juga ada yang di luar nalar manusia. Seperti negara Tiongkok yang telah mengeluarkan inovasi teknologi untuk masa depan. Malahan yang kita pikir selama ini adalah hal mustahil, tapi dapat mereka ciptakan dan akan terus dikembangkan. Kami punya daftar 10 inovasi teknologi China atau Tiongkok terbaru dan tercanggih pada saat ini.

Penasaran inovasi dan juga teknologi China terbaru serta tercanggih apa saja yang sedang dikembangkan, mari simak bahasan selengkapnya.

  1. Bulan Artifisial China

Mulai dari inovasi teknologi China terbaru pertama dari bulan artifisial China. Tian Fu New Area Science Society sudah berencana untuk meluncurkan bulan artifisial atau yang dijuluki dengan  illumination satellite ke langit kota Chengdu, Tiongkok. Bulan artifisial ini diketahui untuk menggantikan lampu jalan pada saat malam hari. Satelit bulan artifial ini juga direncanakan untuk meluncur pada tahun 2020 dan akan mengorbit dari kota sejauh 500 kilometer itu.

  1. Transit Elevated Bus

Selanjutnya yaitu Transit Elevated Bus atau Bus Layang. Bus ini pertama kali diperkenalkan pada acara China Beijing International High-Tech Expo. Dikatakan mampu menampung hingga 1200 penumpang pada setiap bus. Bus ini pun dapat berjalan tanpa mengganggu pengendara lain di jalan. Kendaraan bermotor lain tetap dapat melewati kolong dari bus layang ini, sehingga secara tidak langsung tidak akan berpengaruh pada kepadatan jalan. Sangat cocok untuk perkotaan besar di Indonesia guna menghindari macet.

  1. Super Solar Expressway

Teknologi China yang terbaru ini merupakan terobosan baru bagi dunia otomotif. Super Solar Expressway adalah jalan tol yang memiliki fitur untuk mengisi baterai mobil listrik yang sedang dalam keadaan berjalan. Jalan tol ini juga akan dibuat sejauh 161 kilometer diantara Hangzhou hingga ke Ningbo. Tak hanya itu, fitur automatic tolls juga telah diterapkan untuk mobil pintar sehingga akan mengurangi kemacetan hingga 30%.

  1. Floating Solar Power Plant

Kalau sebelumnya ada tol dengan teknologi panel solar, maka sekarang adalah teknologi Floating Solar Power Plant atau panel solar apung. Teknologi ini telah ada dan juga digunakan oleh Tiongkok untuk kebutuhan energi listrik di provinsi Anhui. Panel solar apung ini juga dapat menghasilkan listrik sebesar 40 megawatt dan diletakan di atas tambang batu bara yang kini tergenang oleh air. Berguna sekali untuk digunakan di kota atau pun desa kecil di Indonesia yang masih kekurangan tenaga listrik.

  1. Five hundred meter Aperture Spherical Telescope (FAST)

Selanjutnya ada Five hundred meter Aperture Spherical Telescope atau disebut FAST. Teknologi teleskop radio raksasa ini digunakan dalam seluruh kegiatan yang berhubungan dengan komunikasi luar angkasa. FAST dilengkapi juga dengan 4600 panel yang telah digabungkan dan juga diletakan di daerah pedalaman Pingtang untuk menghindari kontak magnet di perkotaan.

  1. 3D Printed House

Mungkin kamu telah mengetahui teknologi pembangunan rumah dengan menggunakan 3D printing, tapi di China ternyata teknologi ini dapat menciptakan 10 rumah dalam sehari oleh perusahaan WinSun Decoration Design Engineering. Untuk menambah canggihnya kinerja teknologi ini dari Tiongkok, perusahaan tersebut juga telah membangun rumah 3D print tertinggi di dunia.

  1. Li-Fi

Teknologi selanjutnya yaitu Li-Fi. Jika kamu sering menggunakan Wi-Fi dalam kebutuhan internet sehari-hari kamu, maka ketahuilah ada pula yang namanya Li-Fi. Teknologi ini bekerja layaknya Wi-Fi tapi dipancarkan melalui antena radio pada lampu LED. Walau pun begitu, kamu dapat pula menikmati kecepatan internet hingga mencapai 150 mb/s dengan Li-Fi.

  1. Ultrafast Helicopters

Menuju kepada sektor kendaraan, China juga menciptakan helikopter super cepat dalam keadaan darurat. Salah satu helikopter dengan kecepatan super ini telah dibuat oleh AVIC yang bisa terbang dengan kecepatan hingga 250 meter/detik. Cocok sekali jika digunakan untuk kebutuhan darurat seperti bencana alam dan juga sejenisnya.

  1. 7D Cinema

Pengalaman 4D kurang cukup? Tenang saja, Tiongkok juga punya teknologi 7D Cinema. Teknologi ini tidak hanya menampilkan gambar yang nyata namun dapat berinteraksi dengan para penontonnya, sehingga dapat dikatakan juga sebagai 7D. Gambar yang dihasilkan oleh teknologi ini berupa 3D dengan fitur gerakan, air, perubahan temperatur, dan juga interaksi secara langsung dengan gambar yang ada.

  1. Smart Tooth

Terakhir adalah teknologi Smart Tooth atau pun gigi pintar yang dapat membaca temperatur tubuh manusia. Teknologi ini digunakan untuk kesehatan para pengguna, fitur lain yang ada di smart tooth adalah pendeteksi jumlah makanan. Kamu yang susah mengatur pola makan atau pun ingin diet cocok sekali untuk menggunakan smart tooth ini.

Related Post

Saat Para Atlet Badminton Indonesia Ikut Tes CPNS Para atlet badminton Indonesia, Jonatan Christie, Anthony Ginting, Tontowi-Liliyana, hingga Marcus-Kevin tampak ikut dalam Computer Assisted Test CP...
Apa Saja Perbedaan Xiaomi Redmi Note 6 Dan Redmi N... Baru beberapa bulan yang lalu Xiaomi Redmi Note 5 AI diluncurkan, namun kini pabrikan China itu kembali resmi meluncurkan versi lanjutannya, yakni R...
Sidik Jari, Langkah Baru Google Amankan Login di C... Langkah pengamanan login dengan menggunakan user name dan password nampaknya sudah tidak lagi efektif, selain lebih lama untuk masuk dalam akun, ada...
Bedanya Cacing Pita Dalam Daging Babi Dan Daging S... Binatang ternak, merupakan hewan yang dalam syariat Islam diperbolehkan bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal ini tentu untuk melengkapi kebutuhan...