Tuesday, June 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Tips Untuk Jaga Kesehatanmu Saat Mudik Lebaran

Inilah Tips Untuk Jaga Kesehatanmu Saat Mudik Lebaran

Sebagian besar dari kita pasti melakukan perjalanan mudik pada waktu yang dekat menjelang Lebaran dan banyak yang harus menempuh perjalanan sejauh puluhan hingga ratusan kilometer untuk sampai di kampung halaman.

Selain jauh, kondisi perjalanan dengan cuaca panas dan macet akan menguras tenaga. Supaya Anda tetap bugar saat sampai di kampung halaman dan bisa merayakan lebaran dengan kondisi tubuh yang prima, ada berbagai hal yang perlu Anda perhatikan selama mudik seperti yang disampaikan dr. Arti Indira M.gizi SpGK berikut ini.

  1. Perhatikan konsumsi makanan

Saat perjalanan mudik pastikan asupan makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh dan zat gizi. Saat sahur dan buka puasa, hindari makanan instan atau siap saji. Pilih makanan dengan komposisi lengkap yang terdiri dari karbohidrat, protein hewani atau nabati, sayur dan buah. Kurangi proses menggoreng dalam masakan. Bila perlu, Anda dapat menambahkan asupan suplemen multivitamin selama perjalanan mudik.

  1. Minum air yang cukup

Minum minimal 8 gelas air putih perhari. Ketika membeli air minum di perjalanan, perhatikan kebersihan dan keamanan air mineral tersebut. Dua gelas saat sahur, empat gelas saat buka puasa sampai tarawih dan dua gelas sebelum tidur atau malamnya.

  1. Istirahat

Bila menempuh perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi, usahakan untuk tidur tidak kurang dari 6 jam. Usahakan pula Anda bisa beristirahat beberapa jam dalam perjalanan.

  1. Batasi konsumsi minuman berenergi

Perjalanan mudik memang membutuhkan energi yang kuat dan tak cepat mengantuk. Untuk itu, biasanya minuman berenergi menjadi salah satu pilihan. Jika begitu, Anda harus memperhatikan takarannya.

“Boleh saja mengkonsumsi minuman berenergi atau kafein, asalkan masih sewajarnya. Kalau meminumnya terlalu banyak malah bisa menurunkan konsentrasi dan sistem imun,” ucap dr. Arti saat dihubungi kumparan pada Sabtu (1/6).

  1. Membawa obat-obatan

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit, jangan lupa membawa obat-obatan sendiri. Sebaiknya obat-obatan itu ditaruh di tempat yang mudah dijangkau.

  1. Menjaga kebersihan

Ketika mudik kebersihan tidak hanya pada diri sendiri saja tapi juga pada kendaraan mudik. Setiap kali akan makan jangan lupa untuk mencuci tangan. Pastikan sampah tidak menumpuk di kendaraan Anda.