Thursday, July 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Tips Untuk Bangunkan Anak Saat Sahur Tanpa Drama

Inilah Tips Untuk Bangunkan Anak Saat Sahur Tanpa Drama

Akan ada banyak hal yang perlu dilakukan oleh seorang ibu tentunya. Salah satunya adalah membangunkan anak sahur. Ini bukan masalah mudah, memang. Membangunkan anak untuk sahur butuh trik khusus dan ekstra kesabaran. Pasalnya, tidak semua anak bisa mudah dibangunkan di waktu yang begitu dini atau tidak sesuai dengan kebiasaannya.

Bukan tidak mungkin, ketika dibangunkan si kecil jadi rewel, uring-uringan, bahkan menangis sekeras-kerasnya. Drama deh, pokoknya. Tentu saja karena kondisi seperti ini suasana sahur di rumah tidak menyenangkan dan Andapun jengkel dibuatnya. Lalu bagaimana cara membangunkan anak untuk sahur tanpa drama di pagi hari? Anda bisa mencoba tips berikut ini:

Ajak Beli Jam Weker Baru

Siapa yang tidak suka dengan hadiah? Semua orang pasti suka dengan hadiah, apalagi bila diberikan di awal. Nah, coba ajak anak untuk memilih jam weker mana yang mereka sukai untuk membangunkan mereka saat sahur tiba. Pastikan ia juga memilih bunyinya.

Bila belum sempat membeli jam weker, ajak anak memilih bunyi alarm yang ia sukai di ponsel Anda. Kegiatan memilih bunyi ini juga menyenangkan dan seru lho, Moms. Bila anak sudah menemukan bunyi yang ia suka, coba pasang berkali-kali dan ingatkan anak bahwa bunyi inilah yang akan didengarnya besok pagi sebagai tanda waktunya sahur telah tiba.

Pastikan Anak Tidur Lebih Awal

Jika biasanya anak tidur pukul 9 malam setiap hari, coba ajak mereka tidur lebih awal seperti jam 8 atau 8.30 selama bulan puasa. Waktu tidur yang lebih awal membuat anak akan lebih mudah untuk dibangunkan saat sahur nanti.

Jangan Biarkan Anak Tidur Siang Terlalu Lama

Jangan biarkan anak tidur siang terlalu lama,karena anak akan jadi susah untuk tidur lebih awal pada malam hari. Anda bisa membiarkan anak meghabiskan waktu di siang hari untuk bermain dan beraktivitas agar mereka mudah untuk tidur lebih awal.

Ajak Anak Untuk Menyiapkan Menu Sahur

Sebelum malam tiba, ajak anak untuk berbelanja menu sahur pagi nanti. Anda bisa menanyakan menu apa yang ingin dimakan saat sahur nanti. Selain itu, Anda juga bisa mengajak anak memasak bersama. Hal kecil seperti ini tentu buat anak jadi semangat untuk bangun saat sahur.