Sunday, June 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah sebabnya Anda Tidak Bisa Mencium Diri Sendiri

Anda tidak berpikir hidung anda lelah, tetapi ketika terkena bau yang sama untuk sementara waktu, itulah yang terjadi!

Alasan ilmiah mengapa anda tidak bisa mencium diri sendiri

Anda bisa mencium bau rumput setelah tetangga anda memotong rumput. Anda bisa mencium aroma pizza yang enak sambil berjalan di ruang pizza. Anda pasti bisa mencium bau apak, bau asam dari kaki kakak anda ketika dia melepas sepatu ketsnya di hari musim panas yang berkeringat. Bahkan, hidung anda dapat mendeteksi sekitar satu triliun aroma!

Tetapi ketiak anda sendiri bisa berbau busuk dan anda mungkin tidak bisa mengatakannya: Manusia rentan terhadap apa yang oleh para ilmuwan disebut kelelahan penciuman, indra penciuman kita langsung menjadi lelah karena bau yang akrab dan berhenti mendeteksi mereka. Percaya atau tidak, itu sebenarnya bisa menjadi hal yang baik.

Pamela Dalton, seorang psikolog di Monell Chemical Senses Center di Philadelphia, kami menyaring bau yang sama lama untuk memberikan ruang untuk mendeteksi bau baru yang aneh seperti yang mungkin mengingatkan kita akan bahaya, seperti sesuatu yang terbakar, atau sesuatu yang enak dimakan seperti pizza itu. Ketika aroma ini melayang melewati kita, reseptor bau di hidung kita mendeteksi komponen kimianya dan mengirimkan sinyal listrik ke korteks frontal otak kita. Dan kemudian kita memutuskan apakah kita perlu melarikan diri (dari api), atau berlari lebih dekat (menuju pizza).

Jika indra penciuman anda terhambat oleh B.O. anda atau bau standar lainnya, kita mungkin tidak dapat mendeteksi bau yang lebih penting.

Ada cara untuk menghindari muncul untuk bekerja berbau seperti sigung. Salah satu caranya adalah melepas bajumu dan mengendusnya, bukan mengoleskan kulitmu, merekomendasikan Lifehacker. Begini caranya anda bisa membuat kaki anda wangi juga. Cara lain untuk memeriksa aroma anda sendiri adalah dengan menggosok kulit kepala, lalu mencium aroma jari-jari anda, periksa napas anda dengan menjilati lengan anda, menunggu sebentar, lalu mengendus tempat itu. (Ngomong-ngomong, inilah yang mungkin ingin disampaikan oleh nafas buruk anda.) Atau bahkan lebih cepat dan lebih mudah mintalah seseorang untuk memberi anda masalah!