Tuesday, June 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Pesawat-pesawat Kepresidenan Paling Mewah Di Dunia

Inilah Pesawat-pesawat Kepresidenan Paling Mewah Di Dunia

Memiliki pesawat kenegaraan tentu tidak hanya soal gengsi di hadapan pemimpin dunia, tapi juga soal keamanan kepala negara dalam bepergian. Mau tahu lima pesawat kenegaraan yang paling mewah di dunia? Meksiko berniat menjual pesawat kepresidenannya yang telah dibeli dengan harga lebih dari Rp 3 triliun. Alasannya karena Presiden Meksiko yang baru Andres Manuel Lopez Obrador, pesawat itu tidak diperlukannya.

Dengan harga lebih dari sekitar Rp 3 triliun, pesawat kepresidenan Meksiko masuk dalam jajaran jet pemimpin negara paling mewah di dunia. Memiliki pesawat kenegaraan tidak hanya soal gengsi di hadapan pemimpin dunia, namun juga soal keamanan kepala negara dalam bepergian.

Berikut kumparan mencatat enam pesawat kenegaraan yang paling mewah di dunia.

  1. Pesawat Kepresidenan Meksiko, Boeing 787-8 Dreamliner

Sebenarnya Meksiko telah memesan pesawat ini sejak zaman Presiden Felipe Calderon pada tahun 2012, namun baru dikirim pada tahun 2016 di pemerintahan Enrique Pena Nieto. Awalnya pesawat ini dihargai sekitar USD 600 juta, namun akhirnya dijual oleh Boeing dengan harga USD 218 juta.  Pesawat ini berinterior sangat mewah, dilengkapi kamar utama untuk presiden. Boeing 787 ini juga mampu terbang nonstop selama 20 jam atau lebih dari 9.000 mil tanpa transit untuk isi bahan bakar. Pesawat ini pun mampu mengangkut sekitar 250 penumpang.

  1. Pesawat Raja Yordania, Airbus A340-600

Dengan panjang hampir mencapai 76 meter, pesawat Airbus milik Raja Abdullah dari Yordania ini dibanderol dengan harga USD 275 juta atau hampir Rp 4 triliun. Bertenagakan empat mesin Rolls-Royce Trent 500, pesawat ini juga sangat hemat bahan bakar, ramah lingkungan, dan yang paling aman di kelasnya.

  1. Pesawat Kenegaraan Jepang, Boeing 747-400

Pemerintah Jepang telah memilih Boeing 747-400 sebagai pesawat kenegaraannya. Dengan harga sekitar USD 300 juta atau lebih dari Rp 4,2 triliun, pesawat ini mewakili gengsi Jepang sebagai salah satu negara perekonomian terbesar dunia. Pesawat ini juga punya empat mesin besar dan desain interior yang memanjakan mata.

  1. Air Force One Amerika Serikat, Boeing 747-200B

Presiden Amerika Serikat ternyata punya dua pesawat kepresidenan, salah satunya adalah Boeing 747-200B. Pesawat ini dibeli AS dengan harga mencapai USD 326 juta, sekitar Rp 4,6 triliun.  Dengan empat mesin turbofan yang disematnya, pesawat ini diyakini bisa melesat hingga lebih dari 1.000 km/jam. Pesawat ini juga telah dimodifikasi sehingga lebih berat dan juga kuat.

  1. Air Force One, Amerika Serikat, Boeing VC-25

Pesawat kepresidenan AS lainnya yaitu Boeing VC-25, merupakan versi militer dari Boeing 747. Harganya ditengarai sekitar USD 325 juta, sekitar Rp 4,6 triliun. Dikutip dari situs Gedung Putih, pesawat ini juga dilengkapi dengan alat komunikasi canggih sehingga bisa berubah menjadi pusat komando terbang jika terjadi serangan terhadap AS.

Luas bagian dalamnya hampir mencapai 400 meter persegi dan memiliki tiga lantai. Di pesawat ini terdapat pula kamar medis yang dilengkapi perangkat operasi, seorang dokter selalu berjaga di dalamnya. Dapur Air Force One juga bisa melayani makanan untuk 100 orang sekaligus.

  1. Pesawat Raja Arab Saudi, Boeing 747

Sebagai salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia, layak rasanya jika Raja Arab Saudi punya pesawat pribadi. Pesawat yang dipilih oleh Kerajaan Saudi adalah Boeing 747 yang dibeli dengan harga USD 520 juta, lebih dari Rp 7,4 triliun, berdasarkan situs Aviation CV. Sebenarnya harga pesawatnya sendiri hanya sekitar USD 228 juta, namun kemewahan interior di dalamnya yang membuat harganya naik hingga dua kali lipat. Pesawat ini juga punya sauna berlantaikan marmer, lima kamar tidur, dan juga 20 ruang pribadi. Belum lagi ditambah dengan tangga jalan yang bercatkan emas untuk turun para penumpang.