Thursday, April 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Perbedaan Antara Toilet Jongkok Dan Toilet Duduk

Inilah Perbedaan Antara Toilet Jongkok Dan Toilet Duduk

Aktivitas pagi kalian pasti pergi ke toilet, kecuali kalian yang bangunnya pukul 12 siang. Toilet di tempat kalian apakah toilet jongkok atau toilet duduk ??? Lalu bedanya apa antara toilet jongkok dan toilet duduk ??? Berikut beberapa perbedaan antara toilet jongkok dan toilet duduk :

  1. Higienis

Toilet jongkok lebih higienis dibandingkan dengan toilet duduk, karena kalian yang menggunakan toilet jongkok tidak ada kontak langsung dengan kulit paha atau bokong kalian. Toilet duduk agak kurang higienis karena kontak langsung dengan kulit apalagi jika jarang dibersihkan maka jamur serta bakteri akan berkumpul. Apalagi toilet duduk tersebut adalah toilet umum yang kurang terjaga kebersihannya, biasanya jika pengelola toilet umum model toilet duduk yang perduli akan kesehatan menyediakan kertas alas sekali pakai.

  1. Cepat, mudah dan tuntas

Toilet jongkok akan lebih mudah, lebih cepat dan lebih tuntas dalam hal pembuangan kotoran pada tubuh kalian. Jika kotoran yang akan dibuang masih tersisa maka akan menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya bagi usus kalian, seperti kanker usus, usus buntu dan masalah usus lainnya.

Kalian yang memakai toilet duduk ketika membuang kotoran silahkan perhatikan berapa lama waktu yang dibutuhkan, biasanya lebih lama dibandingkan dengan memakai toilet jongkok. Bahkan kalian yang menggunakan toilet duduk bisa sembari membaca koran, bermain HP, membaca buku karena waktu yang diperlukan lebih lama. Waktu yang lebih lama akan tidak baik bagi kesehatan kalian serta orang lain yang menunggu antrian.

  1. Relaksasi otot

Menggunakan toilet jongkok akan merelaksasi otot Puborektalis kalian yang akan memudahkan rektum kalian lebih mudah terbuka. Menggunakan toilet duduk mengakibatkan usus bagian akhir kalian akan sedikit berbelok sehingga agak menyulitkan dalam proses pembuangan kotoran, sedangkan menggunakan toilet jongkok usus bagian akhir kalian akan lurus dan memudahkan dalam pengeluaran kotoran.

  1. Mengejan

Menggunakan toilet jongkok akan mengurangi mengejan karena usus besar kalian dibantu oleh otot paha, sedangkan menggunakan toilet duduk kalian akan lebih lama mengejan. Mengejan terlalu lama bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti hernia dan gangguan usus lainnya.

  1. Pengobatan

Menggunakan toilet duduk efektif untuk mengobati kalian yang menderita wasir sehingga tidak memerlukan operasi.

  1. Ibu hamil

Ibu hamil menggunakan toilet jongkok akan mengurangi tekanan pada rahim sedangkan jika menggunakan toilet duduk rahim akan mengalami tekanan. Beberapa kasus seperti orang tua, orang yang badannya terlalu gemuk jika jongkok agak lama akan kesulitan untuk bangun. Ini bisa dibantu dengan memasang pegangan tangan di sisi kiri atau kanan toilet jongkok untuk memudahkan.

Kalian yang mempunyai masalah pada lutut sehingga tidak bisa jongkok maka bisa menggunakan toilet duduk, tetapi tetap ingin merasakan seperti toilet jongkok bisa menggunakan kursi kecil diletakkan tepat didepan toilet duduk sebagai pijakan kaki sehingga posisinya hampir sama seperti jongkok. Tetapi tetap posisi jongkok natural lebih baik.

RelatedPost