Sunday, September 27Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Para Pemimpin Negara Paling Korup Dari Seluruh Dunia

Inilah Para Pemimpin Negara Paling Korup Dari Seluruh Dunia

Jika membicarakan politik, memang sulit ditemui adanya politikus atau pemimpin negara yang benar-benar bersih. Tapi apabila membicarakan siapa saja yang terlibat korupsi, orang akan menemukan banyak sekali politikus atau pemimpin negara yang terlibat dalam kasus tersebut. Seperti yang akan dibahas dalam artikel berikut ini, para pemimpin negara ini diduga sebagai pemimpin paling korup di dunia.Inilah daftar 10 pemimpin negara paling korup sedunia.

  1. Joseph Estrada, Filipina

Jauh sebelum dirinya terpilih menjadi presiden Filipina,memang sudah ada banyak isu dan gosip miring tentangnya.Rumor tersebut mengatakan bahwa Estrada menggunakan cara manipulasi untuk membuat orang mendukung dirinya karena dirinya pernah mengatakan akan mengurangi angka kemiskinan yang saat itu tengah melanda Filipina.

Dan cara tersebut ternyata berhasil menarik hati sebagian besar hati rakyat kecil Filipina. Dan akhirnya pada saat pemilihan presiden, Estrada mendapatkan banyak sekali dukungan dari rakyat Filipina. Tapi siapa sangka sobat ucer’s ternyata setelah menjabat sebagai presiden, dirinya malah sering terlibat kasus korupsi hingga membuat namanya masuk dalam daftar presiden paling korup sedunia. Angka korupsinya diperkirakan mencapai nilai 78-80 juta USD.

  1. Arnoldo Aleman, Nicaragua

Menjadi presiden suatu negara adalah suatu kehormatan bagi siapapun orang yang terpilih. Begitulah yang seharusnya dirasakan oleh presiden Nicaragua, Arnoldo Aleman.Memang sebelum menjabat menjadi presiden Nicaragua, Aleman adalah orang yang pekerjaannya sebagai pengacara. Sebagai pengacara yang mengerti soal hukum, tentu dirinya pasti mengetahui soal korupsi.

Selama menjabat menjadi presiden Nicaragua dari tahun 1997 sampai 2002, Aleman malah melakukan tindakan yang sebenarnya dilarang oleh hukum yakni korupsi. Dan telah terbukti, Aleman telah melakukan tindak korupsi yang merugikan negara hingga 100 juta USD.Dan akibat tindakannya itu, dirinya dihukum penjara selama 20 tahun.

  1. Pavlo Lazarenko, Ukraina

Pavlo Lazarenko memang bukanlah presiden Ukraina tetapi hanya perdana menteri.Namun sepak terjangnya dalam kasus korupsi di negaranya tidak bisa dianggap remeh. Mungkin anggapan Lazarenko,rakyat tidak akan mengetahui aksi korupsinya, dia berpikir bahwa dirinya bisa menggunakan nama presiden sebagai tameng.

Yang mengejutkan dari perdana menteri Ukraina ini adalah dia berhasil melakukan korupsi yang sangat besar dalam waktu yang cukup singkat. Dalam kurun waktu dari tahun 1996 sampai tahun 1997, Lazarenko mampu melakukan korupsi sebesar 114-200 juta USD. Hanya dalam waktu 1 tahun saja Lazarenko mampu melakukan korupsi sebesar itu, bagaimana jika menjabat lebih lama.

  1. Alberto Fujimori, Peru

Jangan tertipu dengan namanya, mungkin kalian berpikir ini adalah presiden negara Jepang.Salah, Alberto Fujimori adalah seorang presiden dari Peru.Sebagai presiden, nampaknya yang ada di pikiran Fujimori hanyalah bagaimana caranya melakukan korupsi.Dan sepertinya tidak pernah terlintas di pikirannya apa akibatnya nanti bagi dirinya dan rakyat Peru.

Fujimori menjabat sebagai presiden dari tahun 1990 sampai tahun 2000. Dan selama menjabat sebagai presiden selama 10 tahun tersebut, Fujimori berhasil mencuri uang negara kurang lebih 600 juta USD.

  1. Jean-Claude Duvalier, Haiti

Jean Claude Duvalier merupakan salah satu presiden korup yang berhasil mencuri uang negaranya, Haiti. Jika di dunia Hollywood ada Jean Claude Van Damme yang terkenal dengan image “bad boy”nya, kelihatannya Duvalier ingin mencoba meniru hal yang sama dari aktor tersebut.Memang sebagai presiden, orang seperti bisa melakukan apa saja sesuka hatinya termasuk mengambil uang rakyat tanpa sepengetahuan negara.

Tapi sayangnya hal tersebut tidak benar sepenuhnya. Aksi korupsi yang dilakukan sang presiden terlalu besar dan mencolok, sehingga banyak yang curiga dengannya. Duvalier menyalah gunakan kedudukannya dengan melakukan korupsi kurang lebih sebesar 300-800 juta USD Korupsinya tersebut dilakukan dari tahun 1971 sampai 1986.

  1. Slobodan Milosevic, Serbia Yugoslavia

Menjadi presiden Serbia Yugoslovia membuat Slobodan Milosevic lupa bahwa dirinya adalah pemimpin negara yang seharusnya jadi panutan dan memberikan contoh yang baik untuk rakyatnya. Tapi ternyata yang terjadi malah sebaliknya. Milosevic menggunakan kekuasaannya sebagai presiden untuk mengambil uang rakyat sesuka hatinya.

Selama 11 tahun masa abdinya sebagai presiden tahun 1989-2000, Milosevic melakukan korupsi yang tidak sedikit. Milosevic memanfaatkan 11 tahun tersebut untuk melakukan korupsi sebesar 1 miliar USD.

  1. Sani Abacha, Nigeria

Nigeria merupakan negara bagian Afrika Barat yang telah lama dilanda perang. Siapa yang menyangka negara yang tengah dilanda perang ini, ternyata melahirkan seorang koruptor yang namanya berhasil masuk dalam daftar sebagai salah satu presiden paling korup di dunia. Dialah Sani Abacha,seorang pria yang menjabat sebagai presiden Nigeria dari tahun 1993-1998.

Padahal sudah jelas Nigeria sedang dilanda perang sipil berkepanjangan, tentunya negera ini membutuhkan uang dalam jumlah yang cukup besar untuk bisa memperbaiki perekonomian negara. Tapi presiden yang diharapkan bisa memperbaiki negara tersebut malah mencuri uang negara. Tidak tanggung-tanggung, yang dikorupsi oleh Abacha mencapai kurang lebih 2-5 miliar USD.

  1. Mobutu Sese Seko, Zaire

Masih tidak diketahui cara apa yang digunakan oleh presiden Zaire ini hingga bisa melakukan korupsi kisaran 5 miliar USD. Korupsi yang dilakukan oleh Seko ini terbilang cukup lama pasalnya dirinya menjabat sebagai presiden selama 32, dari tahun 1969-1997. Bisa melakukan korupsi selama puluhan tahun ini tentunya membutuhkan banyak cara agar dirinya tidak dicurigai telah korupsi. Jadi bisa dibilang bahwa Seko ini tidak hanya pintar mengkorupsi tapi juga cerdik dalam mengelabui hukum di negaranya.

  1. Ferdinand Marcos, Filipina

Presiden Filipina ini menjabat sebagai presiden dari tahun 1972-1986. Selama 14 tahun menjabat sebagai presiden, Marcos memimpin Filipina dengan cara diktator. Selama menjadi presiden ditaktor di Filipina,Marcos ternyata mampu menjalin hubungan yang dekat antara Filipina dengan Amerika. Dan dalam waktu 14 tahun kepemimpinan Marcos, dirinya mampu diam-diam melakukan korupsi yang cukup merugikan negara, dimana dirinya melakukan korupsi sekitar 5-10 miliar USD

  1. Muhamad Soeharto, Indonesia

Entah harus bangga atau malu melihat nama Indonesia masuk ke dalam presiden paling korup sedunia. Presiden Soeharto menjabat sebagai presiden di Indonesia dalam jangka waktu yang sangat lama yakni 32 tahun, tahun 1967-1998. Selama menjadi presiden, dirinya menempatkan anggota keluarganya di kursi kementrian dan memberikan sejumlah perusahaan besar untuk ditangani oleh keluarga nya. Hasil korupsi yang dilakukan oleh

Korupsi yang dilakukan Presiden ke-2 RI ini juga tidak main-main, bahkan jika ditotal hasil korupsi yang dilakukan Seko dan Markos pun tidak sanggup mengalahkan Suharto. Soeharto berhasil melakukan korupsi sebesar 15-35 miliar USD. Tindakan dengan mencuri uang negara ini memang sangat tidak terpuji karena bisa merugikan negara dan menyengsarakan warga negara yang lain.