Sunday, September 20Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Para Pemain Mahal Yang Dijual Oleh Mantan Pelatih AS Monaco

Inilah Para Pemain Mahal Yang Dijual Oleh Mantan Pelatih AS Monaco

Awal musim, Wakil Presiden AS Monaco, Vadim Vasilyev, mengatakan akan menjadikan Leonardo Jardim manajer klub selayaknya Sir Alex Ferguson bersama Manchester United. Namun, kurang dari lima bulan kemudian, Vasilyev berubah pikiran. Melihat posisi Monaco yang terpuruk saat ini, Jardim akhirnya dipecat.

Direkrut sejak 10 Juni 2014, Jardim telah sukses mentransformasikan AS Monaco sebagai salah satu klub paling sukses di dunia. Manajer kelahiran Venezuela tersebut paling dikenal dengan kebijakannya membina pemain muda menjadi bintang dunia. Hasilnya tak tanggung, total 750 juta pounds atau setara Rp 15 triliun ia hasilkan dari menjual pemain binaannya.

Tak hanya gelimangan uang, Jardim juga sukses membuat AS Monaco menjadi klub saingan Paris Saint Germain yang mendominasi. Dengan kebijakan Monaco yang kerap menjual pemain bintangnya, Jardim tetap sukses menjuarai Liga Perancis dan mencapai semifinal Liga Champions. Namun, musim ini perhitungannya meleset. Setelah menjual Joao Moutinho, Fabinho, dan Thomas Lemar terlalu melemah. Meski merekrut pemain muda seperti Aleksandr Golovin, tetap tidak bisa menutup lubang yang ditinggal pilar-pilar tersebut.

Untuk pengganti, AS Monaco sudah menyiapkan mantan pemainnya yang menjadi legenda Arsenal, Thierry Henry. Tengah negosiasi, kini Henry bekerja sebagai asisten pelatih Roberto Martinez di Timnas Belgia sejak 2016. Berangkat dari sana, dilansir dari dailymail.co.uk, inilah sembilan pemain termahal yang pernah dibina dan dilego oleh Leonardo Jardim.

  1. Geoffrey Kondogbia, 32,4 juta pounds

Dibeli saat era Claudio Ranieri musim 2013/14, Kondogbia sukses dibina oleh Jardim sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia. Kala itu, Kondogbia kerap disamakan dengan rekan senegaranya, Paul Pogba. Hal tersebut membuat Inter Milan kepincut kemudian memboyongnya dengan harga 32,4 juta pounds.

  1. Tiemoue Bakayoko, 40 juta pounds

Didatangkan Jardim pada musim pertamanya di Monaco, Bakayoko menjadi box-to-box yang komplit. Kerap didaulat sebagai penerus Yaya Toure, Bakayoko semakin berkembang bersama Jardim. Puncaknya, musim 2016/17 ia menjadi andalan Monaco yang sukses masuk semifinal Liga Champions. Dengan 40 juta pounds Chelsea pun membelinya sebagai pengganti Nemanja Matic.

  1. Bernardo Silva, 43 juta pounds

Awalnya datang sebagai pemain pinjaman, kemudian Bernardo Silva dipermanenkan dan jadi bagian penting perjalanan Monaco bersama Jardim. Selama tiga musim, winger Portugal tersebut sukses menjadi pilar andalan atas performa fantastisnya. Bernardo yang juga punya andil membawa Monaco ke semifinal pun akhirnya dilepas pada musim 2017/18 ke Manchester City dengan mahar 43 juta pounds.

  1. Thomas Lemar, 44 juta pounds

Bersama Jardim, Thomas Lemar menjadi salah satu anak asuh kesayangannya. Bisa bermain di kedua sisi sayap, atau bergerak bebas di tengah, Lemar pun disebut pemain komplet. Menjadi salah satu pilar yang membawa Monaco ke semifinal Liga Champions. Musim ini, pemain berkebangsaan Prancis ini pada akhirnya dilego ke Atletico Madrid dengan harga 44 juta pounds.

  1. Fabinho, 52 juta pounds

Sejak didatangkan Jardim, Fabinho sukses menjadi gelandang bertahan andalan Monaco. Dengan fisiknya yang mumpuni dan jago merebut bola dari lawan, bek Monaco bisa bekerja lebih ringan jika ada Fabinho di depan mereka. Jurgen Klopp pun akhirnya kepincut dan memboyong gelandang asal Brasil itu ke Liverpool dengan mahar 52 juta pounds.

  1. Benjamin Mendy, 52 juta pounds

Bersama Jardim, Mendy sukses menjadi bek kiri kelas dunia. Tandem dengan Djibril Sidibe di posisi bek sayap Monaco, Mendy menjadi bagian terpenting bersama Monaco yang mencapai semifinal Liga Champions. Total empat assist ditorehkannya di kompetisi tertinggi benua Eropa tersebut. Tentu performanya menarik klub-klub besar, salah satunya Manchester City yang membelinya seharga 52 juta pounds.

  1. Anthony Martial, 54 juta pounds

Dipercaya Jardim sebagai punggawa tim utama, Anthony Martial yang kala itu masih berusia 18 tahun sukses membayarnya dengan performa apik. Bisa bermain di kedua posisi sayap dan sebagai striker, Martial kala itu kerap disetarakan dengan Thierry Henry. Berbagai klub besar pun menaruh minat kepadanya. Akhirnya Manchester United lah yang memboyong Martial dengan harga 54 juta pounds.

  1. James Rodriguez, 65,5 juta pounds

Memang James Rodriguez tidak sempat bermain bersama Jardim. Kala itu, Claudio Ranieri memboyong James dengan harga 45 juta pounds dari Porto. Usai performa bagusnya di Piala Dunia, Real Madrid pun menyodorkan mahar 65,5 juta pounds. Jardim yang baru ditunjuk pun menjualnya dan menjadikan awal transformasi Monaco.

  1. Kylian Mbappe, 166 juta pounds

Pemain terbaik dari era Jardim tentu saja Kylian Mbappe. Disaat mengalami eksodus pilar-pilar penting, Mbappe diangkat oleh Jardim dari tim junior Monaco dan dipercaya masuk ke tim utama. Hasilnya, performa Mbappe yang kala itu masih 16 tahun begitu menakjubkan. Puncak karier bintang muda Perancis ini pun datang ketika dirinya jadi tumpuan Monaco musim 2016/17. Mbappe sukses menjuarai Liga Perancis dan membawa Monaco melaju sampai semifinal Liga Champions. Klub kaya raya Paris Saint Germain pun meminjam jasa Mbappe musim setelahnya dengan mahar 40 juta euro, yang kemudian dipermanenkan dengan total harga mencapai 166 juta pounds.