Monday, June 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Negara-negara Yang Cocok Untuk Kamu Kunjungi Saat Ramadhan

Inilah Negara-negara Yang Cocok Untuk Kamu Kunjungi Saat Ramadhan

Ketika Ramadhan tiba, ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di berbagai belahan dunia lainnya, seperti menemukan beragam tradisi, juga kuliner.

Hal itulah yang lantas membuat beberapa orang justru memilih traveling ketika momen Ramadhan datang. Karena traveling saat Ramadan tentu akan menjadi hal yang luar biasa dan berbeda dibandingkan dengan hari biasanya, karena kamu juga sekaligus bisa menelusuri jejak Islam dari berbagai belahan dunia.

Traveling sambil belajar sejarah Islam akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Dilansir Holidayme, berikut kumparan rangkum lima negara yang menarik dikunjungi saat Ramadhan.

  1. Mesir

Selain dikenal sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, Mesir memiliki banyak warisan budaya dan sejarah serta dikelilingi bangunan-bangunan berarsitektur Islam paling mempesona. Beberapa hal itu menjadikan Mesir sebagai tempat yang menarik untuk kamu kunjungi saat Ramadhan.

Belum lagi perayaan-perayaan yang digelar meriah saat Ramadhan. Hal ini tentunya akan memberikan pengalaman yang berbeda. Kamu juga bisa belajar sejarah tentang Islam di sana. Apalagi baru-baru ini Mesir memiliki Masjid Al-Fttah Al-Alim di Kairo yang menjadi salah satu masjid terbesar di dunia.

Selain itu, Mesir yang dikenal memiliki penduduk mayoritas muslim ini juga memiliki perayaan Ramadhan yang meriah. Ada banyak lampion dan dekorasi warna-warni yang terpasang di sepanjang jalan. Di Mesir juga ada banyak sekali pilihan menu berbuka yang halal, terutama di Kairo.

  1. Turki

Selain Mesir, Turki adalah negara berikutnya yang wajib masuk dalam daftar kunjungan saat Ramadhan. Tak hanya memiliki bangunan-bangunan megah yang berarsitektur Islam, Turki juga memiliki banyak masjid-masjid megah yang menarik untuk dikunjungi. Selain masjid-masjid yang mempesona, di Turki juga ada banyak jejak sejarah peninggalan Islam yang tentunya akan menambah pengetahuanmu tentang sejarah Islam.

Lapangan Sultanahmet adalah salah satu tempat yang paling populer bagi umat Islam untuk berbuka puasa di Istanbul. Karena di sana kamu bisa menyaksikan banyak perayaan Ramadhan seperti konser musik Sufi, pembacaan ayat Al-Quran, tempat salat Tarawih, hingga bazaar yang meriah.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan makanan halal, karena tidak sulit untuk mendapatkan makanan halal di sana. Karena di Turki terdapat banyak restoran halal yang menawarkan menu untuk berbuka puasa ataupun santap sahur.

  1. Maroko

Selain Mesir dan Turki, Maroko dapat menjadi negara yang menarik untuk dikunjungi selama Ramadhan. Jika berkunjung ke Casablanca Maroko, di sini kamu dapat menikmati keindahan Masjid Agung Hassan II. Masjid ini salah satu yang terbesar di Afrika. Di dunia, bangunan ini masuk ke dalam 10 masjid terbesar.

Selain mengagumi keindahan masjid, banyak dari wisatawan yang gemar berfoto di sekitar kompleks bagian luar. Kamu juga bisa menikmati pemandangan yang spektakuler di kawasan Kota Tua Marrakesh serta berkunjung ke pasar-pasar eksotis yang ada di sana.

Tak hanya itu, alun-alun Jemaa el-Fnaa juga menjadi tempat yang menarik untuk kamu kunjungi. Di sana terdapat pula beragam perayaan saat Ramadan. Belum lagi makanan lokal yang sangat lezat, yang menjadi salah satu alasan kenapa Maroko menjadi salah satu tujuan paling didambakan bagi umat Islam ketika Ramadhan.

Untuk pengalaman yang lebih tradisional, kamu bisa mengunjungi Fes Medina, pusat budaya Muslim yang populer, dan rumah bagi banyak masjid, dan universitas tertua di dunia yaitu Al-Qarawiyyin.

  1. Uni Arab Emirate (UAE)

Uni Arab Emirate adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati pengalaman saat Ramadhan. Abu Dhabi ataupun Dubai adalah tempat yang bisa kamu jadikan pilihan saat berkunjung ke UAE. UAE adalah destinasi yang tepat karena menawarkan perpaduan antara kemewahan dan budaya. Selain itu, UAE adalah salah satu destinasi wisata halal yang ideal bagi wisatawan muslim.

Kamu bisa berkunjung ke Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, salah satu masjid terbesar di dunia. Karena selama bulan Ramadhan kamu akan menemukan banyak hal menarik di dalamnya, sebab kota ini menjadi hidup dengan beragam kegiatan spiritual, budaya dan sosial, termasuk kamp musim panas, pasar malam yang eksotis, dan Ramadhan Majlis yang memberi pengunjung kesempatan untuk mencicipi beberapa masakan Arab terbaik.

Tidak lupa bahwa Burj Khalifa selama bulan Ramadhan diwarnai dengan beragam pertunjukan menawan yang akan membuatmu terpesona.

  1. Malaysia

Terakhir ada Malaysia. Malaysia adalah negara yang menarik untuk kamu kunjungi saat Ramadhan. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari Indonesia, menjadikan Malaysia kerap dikunjungi para wisatawan Indonesia. Malaysia yang memiliki budaya yang hampir mirip dengan Indonesia merupakan salah satu alasan wisatawan untuk berkunjung ke negara tersebut.

Di sini kamu dapat menjumpai pasar tradisional yang menjual berbagai makanan ringan dan jajanan daerah. Menariknya lagi, di sana kamu juga bisa membeli berbagai takjil dan menu berbuka yang ramah di kantong.