Tuesday, May 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Menu Buka Puasa Yang Sehat Juga Mengenyangkan

Inilah Menu Buka Puasa Yang Sehat Juga Mengenyangkan

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, buka puasa identik dengan aneka takjil manis dan sajian mengenyangkan seperti kolak, gorengan, hingga nasi lengkap dengan aneka lauk-pauk kaya rempah. Aneka makanan tersebut dipercaya dapat mengembalikan energi setelah seharian menahan lapar dan haus.

Meski begitu, ternyata ada pula beberapa orang yang mulai mengurangi konsumsi aneka sajian khas Ramadhan tersebut karena kandungan gula, lemak jenuh, dan garamnya yang terbilang tinggi. Seperti telah diketahui, kandungan tersebut dapat berdampak kurang baik bagi kesehatan bila dikonsumsi berlebihan, bahkan dipercaya menjadi salah satu penyebab meningkatnya bobot tubuh selama Ramadhan.

Namun tak perlu khawatir, berikut kumparanFOOD rekomendasikan tujuh menu alternatif menyehatkan untuk Ramadhan yang tak kalah lezat. Selain lezat, menu ini juga cocok disajikan sebagai menu buka puasa mengenyangkan bagi kamu yang sedang berdiet.

  1. Nasi jagung dengan lauk tradisional lezat

Nasi jagung merupakan salah satu menu tradisional yang dapat kamu sajikan sebagai hidangan buka puasa yang menyehatkan. Terbuat dari jagung tua yang ditumbuk lalu dikukus hingga matang, kandungan serat pada jagung dapat memperlancar sistem pencernaan sehingga ibadah puasa dapat dilakukan secara lebih maksimal.

Selain itu, kandungan zat besi pada jagung juga dapat mencegah dan menurunkan anemia atau kekurangan darah. Agar lebih lezat, kombinasikan nasi jagung dengan aneka lauk tradisional seperti ayam goreng, tumisan, dan sambal pedas.

  1. Kentang tumbuk creamy nan mengenyangkan

Kentang tumbuk atau mashed potato juga sangat cocok disajikan sebagai menu buka puasa pengganti nasi yang mengenyangkan. Selain kaya akan karbohidrat dan serat pangan, kentang juga mengandung karotenoid yang dapat meningkatkan kesehatan jantung selama bulan puasa.

Untuk membuatnya, haluskan kentang yang telah dikukus bersama mentega, keju parut, dan susu cair lalu aduk hingga teksturnya menjadi lebih lengket. Kentang tumbuk yang creamy dan gurih akan lebih nikmat bila disajikan bersama steak atau irisan daging panggang.

  1. Nasi goreng quinoa yang tinggi serat

Sesuai namanya, nasi goreng quinoa terbuat biji quinoa yang telah direbus lalu ditumis bersama bumbu nasi goreng seperti bawang dan cabai. Selain lebih unik, nasi goreng quinoa juga lebih menyehatkan karena kandungan serat, protein, dan asam amino esensialnya yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan serta mempercepat pembentukan jaringan tubuh yang baru. Agar gizi nasi goreng quinoa lebih seimbang, kamu dapat mengombinasikan quinoa bersama brokoli, sawi, wortel, atau aneka daging yang tinggi protein.

  1. Sup makaroni penghangat badan

Sup makaroni yang hangat dapat menjadi alternatif menu buka puasa sehat karena dapat membuat perut lebih nyaman. Selain itu, makaroni juga dapat mengembalikan energi serta membuat perut kenyang lebih lama karena indeks glikemiknya rendah. Indeks glikemik rendah inilah yang akan membuat proses penyerapan glukosa menjadi lebih lambat. Agar lebih sehat dan lezat, kamu dapat mengombinasikan sup makaroni dengan sayuran, potongan daging ayam, ikan, atau udang.

  1. Bihun goreng berpadu sayuran yang segar

Bagi kamu penyuka sajian khas Indonesia, bihun goreng dapat menjadi menu pengganti nasi yang cocok disajikan saat buka puasa. Selain tekstur kenyalnya yang akan meningkatkan nafsu makan, bihun juga termasuk ke dalam makanan low GI atau memiliki indeks glikemik rendah yang akan membuat perut kenyang lebih lama.

Meski kandungan gizinya tinggi, cara membuat bihun goreng tak jauh berbeda dengan sajian mi goreng pada umumnya. Kamu juga dapat memadukan bihun bersama sayuran seperti sawi, wortel, kubis, atau bahkan brokoli.

  1. Pasta dengan saus Aglio e Olio nan gurih

Pasta aglio e olio dapat menjadi menu buka puasa yang cocok bagi kamu yang sedang mengurangi konsumsi nasi atau saus berbahan susu. Selain karena teksturnya yang kenyal dengan perpaduan saus gurih, proses pembuatannya yang mudah juga akan membuat persiapan buka puasa menjadi lebih singkat.

Cukup rebus pasta hingga al dente lalu siram dengan saus aglio e olio yang terbuat dari tumisan bawang putih, cabai kering, dan parsley. Agar gizinya lebih seimbang, kamu dapat mengombinasikan pasta ini bersama tumisan udang atau daging ayam.

  1. Perpaduan sayur dan buah dalam salad menyegarkan

Salad yang segar sangat cocok disantap sebagai menu buka puasa yang dapat mendinginkan tenggorokan yang kering setelah seharian berpuasa. Selain itu, salad juga sarat akan kandungan vitamin dan protein yang akan membuat tubuh lebih sehat dan berenergi meski berpuasa.

Agar lebih lezat, kamu dapat mengombinasikan salad dengan aneka saus seperti plain yoghurt, perasan air lemon, atau honey-citrus dressing sauce yang asam-manis. Selain itu, kamu juga dapat mencampurnya dengan aneka biji-bijian yang kaya serat.