Monday, February 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Manfaat Menjadi Seorang Vegan Ataupun Vegetarian

Inilah Manfaat Menjadi Seorang Vegan Ataupun Vegetarian

Istilah vegetarian dan vegan memang terdengar serupa. Tak heran banyak orang yang salah kaprah mengartikan bahwa vegan adalah seorang vegetarian, padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Vegetarian adalah orang yang hanya berhenti mengonsumsi daging saja, namun vegan adalah orang yang tidak mengkonsumsi semua produk hewani secara total. Artinya, vegan tidak hanya berhenti mengkonsumsi daging, namun juga produk-produk lainnya yang berasal dari hewan, seperti telur, keju dan susu.

Tren Vegetarian dan Vegan

Dilansir Health Line, gaya hidup vegetarian sudah ada sejak 700 SM. Kemunculannya diduga karena mulai timbulnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan juga karena adanya kebiasaan terhadap agama maupun etnik tertentu yang pantang mengkonsumsi daging. Vegetarian juga dapat dibagi dalam beberapa jenis, tergantung jenis asupan makanan yang dikonsumsi.

Misalnya saja Lacto ovo. Lacto ovo merupakan vegetarian yang menghindari konsumsi semua daging hewan, tetapi masih mengkonsumsi produk berbahan dasar susu dan telur. Kemudian adalagi lacto vegetarian, yaitu vegetarian yang menghindari konsumsi daging hewan dan telur tapi masih mengkonsumsi produk olahan susu. Sementara ovo vegetarian adalah seorang vegetarian yang menghindari konsumsi semua produk olahan daging hewan, kecuali telur.

Di samping itu ada jenis vegetarian lainnya, yaitu vegetarian pescatarian dan flexitarian atau juga dikenal dengan semi vegetarian. Seiring berjalannya waktu, gaya hidup vegetarian pun menjadi tren positif yang kian menanjak. Sejak 2016 Masyarakat Pendukung Perlakuan Etis terhadap Hewan (PETA) yakni kelompok pembela hak-hak hewan terbesar di dunia gencar mengkampanyekan gaya hidup vegetarian dan vegan di media sosial dengan hashtag #TheYearofVegan.

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, kata kunci vegetarian dan vegan di internet melonjak cukup tajam. Mengutip dari laman situs resmi PETA, di Amerika Serikat, 36 persen orang lebih menyukai alternatif produk susu, dan sebanyak 41 persen orang AS mengurangi konsumsi daging mereka dalam 12 bulan terakhir di tahun 2015.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Hartman Group juga menemukan bahwa sebesar 12 persen generasi millenial mengatakan bahwa mereka akan menjadi vegetarian. Tak heran tren menjadi vegetarian semakin marak dalam beberapa tahun terakhir.  Sedangkan vegan adalah cara hidup yang berupaya menghindari segala bentuk eksploitasi pada hewan termasuk mengonsumsi semua daging hewan dan produk olahan hewan. Selama menjadi seorang vegan Anda harus menghindari berbagai produk makanan mulai dari gelatin, madu, albumin, dan beberapa bentuk vitamin D3.

Yang perlu digarisbawahi dari vegetarian dan vegan adalah jika vegetarian menentang pembunuhan hewan untuk dimakan namun masih mengkonsumsi berbagai produk olahan hewan. Sedangkan seorang vegan memiliki kepercayaan bahwa hewan memiliki hak untuk bebas agar tidak diolah manusia untuk dijadikan makanan maupun pakaian.

Manfaat Kesehatan Vegetarian & Vegan

Jika menilik dari segi kesehatan, dilansir Buzzle keduanya sama-sama memiliki manfaat kesehatan. Menjalani pola hidup sebagai vegetarian dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, menambah usia harapan hidup yang lebih panjang dibandingkan orang yang mengkonsumsi daging. Pola hidup vegetarian juga membantu menurunkan berat badan, hingga mengurangi kemungkinan terkena diabetes.

Sementara pola hidup seorang vegan menawarkan manfaat seperti merawat kesehatan jantung, menyehatkan kardiovaskuler karena terhindar dari lemak dan kolesterol dalam makanan, menurunkan tekanan darah tinggi, serta membantu memerangi diabetes tipe 2. Menjadi vegan juga membantu Anda mencegah kanker payudara serta degeneratif tulang yang terkait dengan usia, artritis atau osteoporosis.

Related Post

Ini Dia Hafidz Cilik Yang Dulunya Hanya Seorang Pe... Himpitan ekonomi membuat bocah bernama Kamil Ramadhan (11) terpaksa mengemis untuk membantu biaya sekolah kakaknya. Hal itu diketahui sebelum Kami...
Peneliti Ungkapkan Alasan Mengapa Komodo Hanya Ada... Komodo sebagaimana kita tahu merupakan spesies kadal terbesar yang ada di dunia dimana panjangnya bisa mencapai hingga tiga meter. Komodo tergolong ...
Piala Dunia 2018 Berhasil Datangkan Keberuntungan ... Piala Dunia 2018 sudah digelar sejak 14 Juni lalu, dimana nantinya akan berakhir pada 15 Juli 2018 mendatang. Dimana ini memberikan keuntungan besar u...
Bukan Cuma Indonesia, Negara-negara Ini Juga Anti ... Konflik antara Israel dan Palestina sudah lama terjadi dan tidak pernah berakhir dan nampaknya memang akan pernah berakhir karena tidak ada yang ben...