Monday, May 20Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Manfaat Kuliah Di Luar Negeri Buat Para Pemuda Pemudi

Inilah Manfaat Kuliah Di Luar Negeri Buat Para Pemuda Pemudi

Kuliah dan tinggal di luar negeri. Siapa sih yang enggak mau? Hidup sendirian di negeri orang memang enggak mudah. Kamu harus pandai-pandai mengatur siasat agar bisa bertahan hidup dengan bujet anak kuliahan yang terbatas. Sedangkan untuk kamu yang kuliah lewat jalur beasiswa harus mengerahkan usaha ekstra demi memperoleh nilai memuaskan.

Namun, kuliah di luar negeri enggak cuma berkutat seputar nilai akademik semata, lho. Ada segudang pengalaman hidup yang nilainya enggak bisa ditukar dengan apapun di dunia. Untuk kamu yang memang masih ragu mengambil keputusan berkuliah di luar negeri. Kami punya sederet alasan mengapa kamu itu wajib merasakan pengalaman hidup di negeri orang.

  1. Jadi mandiri dan melatih skill problem solving

Hidup sendiri di negeri orang memaksa kamu untuk jadi pribadi yang mandiri dan enggak bergantung pada orang lain. Kamu juga dituntut untuk serba bisa.

Mulai dari bangun pagi bermodalkan alarm, mengatur jadwal kuliah, belajar, tahu kapan harus mencicil tugas dan bersenang-senang, hingga refreshing dan bergaul dengan teman-teman di kampus. Kamu juga enggak cengeng saat harus nonton atau makan sendirian.

Karena enggak ada asisten rumah tangga dan jasa cleaning service yang murah, mau enggak mau harus merapikan kamar seorang diri. Mulai dari mengganti sprei, mengepel, cuci baju, hingga menyapu lantai. All by yourself!

  1. Belajar toleransi dan kenal budaya lain

Ini dia ‘mata pelajaran’ termahal yang hanya bisa kamu dapatkan saat hidup di negeri orang. Kamu yang dulunya pemalu dan tinggal di lingkungan yang itu-itu saja akan berkenalan budaya baru. Kemampuan sosial dan adaptasi kamu akan terasah saat bergaul dengan teman-teman dari negara lain. Tanpa sadar, kamu akan jadi pribadi penuh toleransi yang mampu menghargai perbedaan budaya dan kepercayaan yang dianut orang lain.

  1. Fasih bahasa asing

Tinggal di luar negeri ibarat les bahasa asing 24 jam nonstop. Situasi akan memaksa kamu untuk mengerahkan semua kemampuan berbahasa asing. Skill bahasa Inggris (dan bahasa lain di tempat kamu berkuliah) akan meningkat tajam. Seperti saat bertanya alamat, membeli makanan, bicara dengan housemate, mendengar kuliah dosen di kelas, membaca buku teks, dan sebagainya.

  1. Punya banyak teman asing

Saat berkuliah di Amerika atau Eropa, jangan kaget bila kamu bertemu dengan teman kampus dari belahan dunia berbeda. Mulai dari Prancis, Jepang, Afrika, Vietnam, hingga Italia. Semuanya punya bahasa, logat, tabiat, budaya, dan kebiasaan yang berbeda-beda. Relasi makin luas, wawasan budaya pun bertambah.

  1. Traveling keliling dunia

Mumpung sudah berada di luar negeri, kamu bisa traveling ke negara tetangga tanpa visa. Biaya transportasi yang dikeluarkan pun cenderung lebih murah ketimbang berangkat dari Indonesia.

Kalau kuliah di Inggris, kamu bisa dengan mudah bepergian ke Paris, Barcelona, Roma, dan negara sekitarnya yang enggak kalah cantik. Saat liburan panjang, kamu dan teman-teman kampusmu bisa menjajal serunya berpetualang dari kota satu ke kota lainnya. Banyak stok memori berkesan yang tak terlupakan seumur hidup!