Tuesday, March 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Manfaat Dari Dark Chocolate Yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah Manfaat Dari Dark Chocolate Yang Perlu Kamu Ketahui

Cokelat hitam alias dark chocolate termasuk kedalam makanan super atau juga makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi sehingga memiliki manfaat kesehatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa cokelat hitam bisa menyehatkan jantung dan tekanan darah karena kandungan anti-inflamasi dan antioksidannya yang tinggi.

Jenis cokelat ini ternyata juga dipercaya mampu meningkatkan mood dan mengurangi risiko penyakit kronis. Kristin Kirkpatrick, R.D, ahli gizi dan juga penulis Skinny Liver menjelaskan, banyak pakar mencatat adanya manfaat kesehatan dari kandungan kimia dalam kokoa yang disebut polifenol, terutama flavonoid, komponen tanaman yang mengandung antioksidan dan anti-inflamasi.

Namun, penasehat nutrisi Men’s Health Alan Aragon, M.S. menyarankan agar konsumsi dari cokelat hitam tetap dilakukan dalam jumlah yang cukup bijaksana karena cokelat merupakan sumber energi (rata-rata 150-170 kalori per ons). Mengkonsumsinya secara berlebihan akan membuat kita mudah kelebihan kalori dan mengalami kenaikan berat badan.

Bagaimana saran konsumsi yang tepat? Pilihlah cokelat hitam sesuai dengan kandungan kokoa setidaknya 70 persen. Kirkatrick mengatakan, lebih tinggi kandungannya akan lebih baik, namun rasanya memang lebih pahit. Kandungan kokoa yang cukup rendah membuat cokelat dicampurkan dengan lebih banyak krim atau bahan lain sebagai pemberi rasa. Oleh sebab itu, setidaknya ada tiga manfaat utama konsumsi cokelat hitam.

  1. Memberi magnesium tambahan

Sekitar 68 persen orang mengalami kekurangan magnesium. Padahal, magnesium itu merupakan unsur penting untuk lebih dari 300 proses dalam tubuh. Aragon mengatakan, dark chocolate adalah sumber mineral. Setiap 3,5 ons cokelat hitam itu mengandung sekitar 228 mg magnesium, membantu kita memenuhi kebutuhan 400 mg magnesium per hari.

  1. Menyehatkan jantung

Efek flavonol (jenis flavonoid) pada cokelat hitam mampu meningkatkan kemampuan anti-inflamasi dan menstabilkan tekanan darah sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi telah melibatkan sejumlah para pria sehat sebagai partisipan. Mereka mengkonsumsi sekitar 0,5 gram flavonol dari kokoa dalam waktu dua kali dalam sehari selama dua minggu.

Setelah studi berjalan, mereka menemukan adanya peningkatan fungsi pembuluh darah, penurunan tekanan darah dan perbaikan level kolesterol. Studi yang sama juga menemukan bahwa para partisipan memiliki risiko yang lebih rendah terhadap perkembangan penyakit jantung, serangan jantung atau meninggal karena penyakit lainnya

  1. Bermanfaat bagi otak

Menurut sebuah ulasan yang telah diterbitkan oleh Frontiers in Nutrition, flavonol juga baik untuk otak karena bisa meningkatkan fungsi sel otak, melindungi sel otak yang rapuh bahkan menstimulasi regenerasi sel. Hal ini kemungkinan karena adanya perlindungan dari protein. Hasilnya, yaitu rentang perhatian akan meningkat, kita mampu berpikir lebih cepat dan peningkatan memori.

Manfaatnya bisa lebih besar lagi. Flavonoid dalam cokelat hitam pada suatu hari mungkin bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit degeneratif saraf, seperti alzheimer. Sebuah studi di Journal of Alzheimer’s Disease bahkan menemukan asosiasi antara konsumsi cokelat dengan risiko penurunan kognitif. Hal itu kemungkinan terjadi dikarenakan efek perlindungan dari flavonoid pada kokoa.

Related Post

Makeup Awet Di Cuaca Panas, Ada Cara Mensiasatinya Makeup awet membuat banyak wanita lebih percaya diri, apalagi jika Anda bekerja di perkantoran. Namun sekarang ini cuaca di negara tropis sedang tidak...
Beberapa Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah (... Sebelumnya kamu pasti memang sudah dipusingkan dengan munculnya jerawat, setelah itu pun kembali stres saat menghadapi bekasnya. Jerawat sendiri mun...
Waspada Kebiasaan Malas Ganti Spei, Ancaman Jerawa... Tempat tidur akan menjadi tempat paling nyaman di kamar, bahkan jadi tujuan utama setelah lelah seharian dari luar. Sudah jelas, setiap kasur akan d...
Cara Mengobati Impotensi Secara Alami Impotensi secara sederhana dapat diartikan sebuah kondisi yang membuat penis tidak dapat ereksi atau tidak dapat tegang atau tidak bisa mempertahank...