Wednesday, July 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Manfaat Bermain Puzzle Untuk Kecerdasan Anak Anda

Inilah Manfaat Bermain Puzzle Untuk Kecerdasan Anak Anda

Permainan puzzle selain menyenangkan bagi anak, ternyata memiliki banyak manfaat yang baik bagi pertumbuhan otak balita Anda. Permainan ini juga akan membuat anak tertantang untuk menyelesaikan masalah, dan manfaat lainnya yang tidak dia sadari. Ketahui berbagai keuntungan yang bisa didapatkan oleh anak dari bermain puzzle yang dikutip dari Parents Zone, berikut ini:

  1. Melatih Memecahkan Masalah

Salah satu manfaat utama dari permainan puzzle yaitu meningkatkan kemampuan anak untuk memecahkan masalah. Permainan ini juga membantu balita untuk berpikir secara berbeda agar dapat menyelesaikan potongan demi potongan puzzle. Selain itu, puzzle juga dapat membantu anak mencapai tujuan dan memiliki sesuatu yang dapat dibanggakan, sehingga membuatnya ingin menyelesaikan lebih banyak puzzle lagi. Hal ini juga akan mampu membuat anak lebih tertarik untuk belajar di sekolah.

  1. Mengembangkan Koordinasi Mata dan Tangan

Puzzle bagi balita juga hadir dengan bermacam bentuk, warna dan juga gambar. Hal ini dibuat untuk membantu anak Anda meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata mereka. Anak akan dilatih untuk bisa meletakkan potongan puzzle dengan bentuk yang berbeda pada tempat yang tepat. Cara ini dapat membuat anak belajar melibatkan gerakan dan konsentrasi serta mengenali apa yang terlihat pada waktu bersamaan.

  1. Pengembangan Keterampilan Motorik

Anak-anak diharuskan untuk mampu mengambil sesuatu, membuat garis dan memindahkan barang tanpa membuatnya rusak. Dan hal ini berarti akan meningkatkan keterampilan motorik mereka. Bukan hanya melatih gerakan dasar, puzzle juga akan membantu anak-anak untuk mengontrol gerakan dan meletakkan sesuatu sesuai tempatnya. Pengembangan keterampilan motorik ini juga diyakini akan melatih anak melakukan hal-hal dasar seperti menulis dan makan dengan baik.

  1. Pengembangan Keterampilan Kognitif

Ketika bermain puzzle, anak juga akan mengenal bentuk dan ukuran serta warna berbeda pada objek. Hal ini akan membantu anak belajar untuk meletakkan segala sesuatu secara bersamaan dan harmonis, yang secara otomatis membuat keterampilan kognitif anak terlatih. Permainan ini juga akan membantu anak dengan dasar-dasar yang diperlukan untuk sekolah dan kehidupannya nanti, termasuk alfabet, berhitung dan mengenal nama-nama objek.