Saturday, August 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Manfaat Berciuman Untuk Tubuh Dan Psikis Manusia

Inilah Manfaat Berciuman Untuk Tubuh Dan Psikis Manusia

Apa yang terbesit di benak Anda saat membicarakan soal ciuman? Meningkatkan gairah bercinta? Cara yang tepat untuk melakukan foreplay? Atau justru menjadi suatu hal yang menjijikkan karena melibatkan air liur?

Jika begitu, berarti Anda belum mengetahui bahwa berciuman adalah kegiatan yang menyehatkan bagi tubuh, mental, dan kulit. Mengapa demikian? Karena sebenarnya saat berciuman tubuh mengeluarkan hormon yang dapat berfungsi meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stres, serta melatih otot wajah yang dapat membuat Anda awet muda lho Ladies.

Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut kami telah merangkum delapan manfaat berciuman seperti dilansir dari Healthline.

Meningkatkan hormon kebahagiaan

Berciuman memicu otak untuk melepaskan senyawa kimia seperti oksitosin, dopamin, dan serotonin yang bisa membuat Anda merasa bahagia dan nyaman. Tak hanya itu, senyawa kimia tersebut juga berfungsi untuk meningkatkan perasaan dalam diri Anda sehingga bisa memperkuat ikatan batin dengan pasangan.

Membuat Anda lebih dekat dengan pasangan

Berciuman dengan pasangan memang dapat meningkatkan ikatan kedekatan antara Anda dengan pasangan. Hal ini ternyata disebabkan oleh hormon oksitosin yang dihasilkan tubuh saat Anda berciuman. Menurut penelitian, hormon ini ternyata membuat Anda merasakan kasih sayang dan keterikatan terhadap pasangan.

Membuat Anda merasa lebih percaya diri

Sebuah penelitian dari Journal of Behavioral Medicine yang dirilis tahun 2016, menemukan bahwa peserta penelitian yang tidak bahagia dengan penampilan fisik mereka memiliki kadar kortisol yang lebih tinggi dalam tubuhnya. Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, mengalami penurunan hormon kortisol dalam tubuh setiap kali Anda berciuman bisa jadi cara yang menyenangkan untuk mengatasi krisis percaya diri.

Mengurangi keresahan

Selain mengurangi stres, hormon oksitosin yang dihasilkan tubuh saat berciuman ternyata juga dapat menenangkan pikiran Anda. Karena pada dasarnya, tidak ada cara yang lebih menyenangkan untuk menenangkan pikiran daripada berciuman dan mendapat sentuhan lembut dari pasangan.

Membantu mengurangi tekanan darah

Stres akibat pekerjaan atau permasalahan hidup dapat membuat Anda mengalami tekanan darah tinggi. Nah ternyata, berciuman dapat meningkatkan detak jantung dengan cara melebarkan pembuluh darah.

Dan ketika pembuluh darah Anda membesar, aliran darah akan meningkat dan bisa menyebabkan penurunan langsung pada tekanan darah. Selain itu, pelebaran pembuluh darah karena berciuman ini ternyata juga dapat mengurangi sakit kepala dan kram, termasuk kram yang dirasakan saat menstruasi.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Penelitian yang dilakukan oleh BMC (Biomedcentral) pada tahun 2014 menemukan fakta bahwa pertukaran ludah yang terjadi saat berciuman dapat meningkatkan kekebalan. Hal ini terjadi karena munculnya mikrobiota baru pada ludah Anda dan pasangan saat berciuman ternyata bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Meningkatkan gairah bercinta

Kalau hal yang satu ini tentu sudah tidak dapat diragukan lagi. Berciuman memang menjadi foreplay atau pemanasan terbaik sebelum Anda dan pasangan melakukan hubungan seks. Hal ini bisa terjadi karena air liur ternyata juga menghasilkan hormon testosteron, sebuah hormon yang berperan penting dalam meningkatkan gairah seks seseorang. Semakin lama dan semakin bergairah Anda saat berciuman, maka semakin banyak hormon testosteron yang dirilis oleh tubuh.

Mengencangkan wajah

Saat berciuman, Anda menggerakkan 2 sampai 34 otot pada wajah dan leher. Gerakan tersebut sebanding dengan saat Anda melakukan senam wajah. Oleh karena itu, jika Anda berciuman secara rutin otot wajah Anda akan menjadi lebih kencang dan meningkatkan produksi kolagen. Kolagen dapat berkontribusi untuk membuat kulit lebih kencang dan membuat Anda tampak lebih muda lho Ladies.