Thursday, June 27Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Makanan Yang Lebih Baik Jangan Disimpan Di Freezer

Inilah Makanan Yang Lebih Baik Jangan Disimpan Di Freezer

Setelah melakukan jamuan makan besar saat lebaran, biasanya masih banyak makanan yang tersisa. Tentu saja, makanan tersebut tak mungkin dibuang begitu saja. Kebanyakan pasti akan disimpan di dalam freezer, supaya tak cepat basi dan bisa diolah kembali.

Meski fungsinya untuk menjaga makanan tetap beku, namun tak semua makanan sisa lebaran ternyata bisa disimpan di dalam freezer, lho. Salah-salah, malah bikin kualitas rasa dan teksturnya bisa berkurang. Lalu, makanan apa saja yang sebaiknya tak disimpan dalam freezer? Berikut tipsnya.

  1. Makanan yang digoreng

Gorengan semalam masih tersisa banyak? Atau, ayam goreng yang kemarin kamu masak belum habis-habis? Jangan sekali-sekali menyimpan makanan yang sudah digoreng dalam freezer, ya. Soalnya, akan membuat teksturnya menjadi lembek serta berair. Alih-alih menggorengnya, tipsnya adalah panggang makanan bila ingin menyimpannya dalam freezer.

  1. Daging mentah sisa

Hindari menyimpan kembali daging mentah yang masih tersisa di dalam freezer. Daging beku yang sudah tersentuh suhu ruangan, dapat memicu pertumbuhan bakteri dengan cepat. Menaruhnya di dalam freezer justru akan membuat daging lain terkontaminasi. Bila ingin menyimpannya dalam freezer, masak terlebih dahulu hingga matang untuk membunuh bakteri di dalamnya.

  1. Pasta yang sudah dimasak

Menyimpan pasta yang sudah dimasak dalam freezer tak akan membuat kita sakit perut, namun dapat merusak teksturnya. Pasta akan berubah jadi lembek saat di keluar dari freezer dan membuat teksturnya tak lagi nikmat untuk dimakan.

  1. Saus

Saus yang disimpan dalam freezer akan menggumpal saat disajikan kembali. Apalagi, bila yang disimpan adalah jenis saus yang terbuat dari krim dan susu. Kedua bahan ini akan terpisah, dan membentuk dua lapisan berbeda bila dibekukan.

  1. Nasi

Sama halnya seperti membekukan pasta yang sudah dimasak, menyimpan nasi dalam freezer akan mengubah teksturnya. Nasi akan menjadi lembek, berair, dan kehilangan cita rasanya saat sudah mencair.

Jadi sebaiknya anda semua jangan sembarangan untuk menyimpan makanan yang akan anda konsumsi di dalam freezer. Sebaiknya anda memang harus tahu mana saja makananan yang boleh dan tidak boleh disimpan di dalam freezer. Dan jangan lupa untuk makan makanan yang sehat ya guys.