Friday, July 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Makanan Yang Bisa Ringankan Mata Lelah Karena Radiasi

Inilah Makanan Yang Bisa Ringankan Mata Lelah Karena Radiasi

Bekerja seharian penuh di depan layar komputer atau handphone seringkali membuat mata merasa lelah. Saat mata sudah mulai lelah, pandangan akan menjadi buram, dan sulit untuk fokus kembali.

Dampak yang lebih buruk lagi, radiasi yang disebabkan oleh layar tersebut juga bisa mengganggu kesehatan mata. Untuk itu, selalu sempatkan untuk beristirahat dan beralih sejenak dari monitor ketika mata kita mulai lelah.

Selain itu, beberapa jenis makanan juga bisa membantu meringankan ‘beban’ pada mata, serta membantu menjaga kesehatannya. Apa saja? Berikut lima makanan yang bisa dikonsumsi saat mata mulai terasa lelah:

  1. Sayuran hijau

Sayur-sayuran hijau kaya akan kandungan lutein– salah satu jenis nutrisi yang penting bagi kesehatan mata, khususnya retina. Selain itu, sayuran hijau juga membantu menyerap sinar biru dan ultraviolet yang merusak.

Salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan lutein adalah kale; mengandung setidaknya 11,4 miligram lutein tiap 100 gramnya dan bayam dengan 7,9 miligram lutein per 100 gramnya. Konsumsi bayam atau kale yang dikukus atau dalam bentuk salad secara rutin untuk membuat kesehatan mata tetap terjaga.

  1. Buah-buahan berwarna-warni

Retina mata membutuhkan asupan vitamin A untuk penglihatan yang lebih baik. Konsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran yang memiliki warna cerah seperti wortel, ubi, mangga, dan pepaya; mengingat seluruh jenis makanan tersebut merupakan sumber beta karoten yang baik.

  1. Kalkun

Besi diklaim mampu meningkatkan kesehatan dari mata, yang tentunya sangat penting bagi mereka yang harus selalu berkutat di depan monitor komputer. Untuk mendapatkan sumber asupan besi sehari-hari, kamu bisa menyantap jenis daging tanpa lemak seperti kalkun, kepiting, kerang, dan ikan sarden.

  1. Buah beri

Buah blueberry dan blackberry mengandung pigmen yang bisa mencegah kerusakan pada sel retina yang disebabkan oleh penuaan dan cahaya. Dilansir Daily Mail, sebuah penelitian telah menunjukkan bila pigmen tersebut bisa memperlambat proses degenerasi dan katarak.

Cobalah untuk menambahkan seporsi buah beri –empat sendok makan– dalam menu makan harianmu.

  1. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 juga banyak ditemukan dalam retina mata dan dibutuhkan bagi sel yang sensitif terhadap cahaya untuk dapat berfungsi dengan baik. Konsumsi setidaknya satu porsi ikan berlemak seminggu sekali, seperti salmon atau tuna segar untuk memenuhi kebutuhan harianmu.