Wednesday, July 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Lima Kebiasaan Yang Bikin Kamu Cepat Lelah

Inilah Lima Kebiasaan Yang Bikin Kamu Cepat Lelah

Pernahkah kamu merasa lelah dan mengantuk sepanjang hari? Meski tak ada kegiatan berat yang dilakukan, tapi tubuh sudah terasa pegal dan malas digerakkan.

Ternyata, selain faktor kondisi medis, kebiasaan makan juga bisa menjadi salah satu penyebabnya, lho. Dalam sebuah penelitian dalam Journal of Epidemiology, anak-anak dengan kebiasaan makan buruk –terutama yang sering mengkonsumsi makanan asin– lebih mudah lelah sepanjang hari. Studi ini juga menggaris bawahi hubungan antara apa yang kita makan dengan kesehatan fisik.

Tingkat energi dan kinerja tubuh juga dipengaruhi oleh cara kita makan. Berikut tujuh kebiasaan makan yang sebaiknya dihindari karena bisa membuat tubuh cepat lelah:

  1. Melewatkan sarapan

Terkadang, kita terlalu sibuk dengan aktivitas hingga tak sempat menyantap sarapan. Padahal, sarapan adalah waktu makan yang paling krusial dan bisa mempengaruhi kelancaran aktivitas sehari-hari. Dengan melewatkan sarapan, tubuh tak hanya terasa lemas, tapi fokus dan konsentrasi juga akan ikut menurun.

  1. Kurang asupan buah dan sayuran

Jenis makanan ini memang tak mengandung lemak dan karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi. Namun, buah dan sayuran mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kestabilan energi. Misalnya, magnesium, yang membantu mengatur produksi energi, protein, dan kontraksi otot tubuh.

  1. Menu makan yang kurang seimbang

Menurut American Dietic Association, kita perlu menyantap menu dengan kombinasi nutrisi seimbang. Kebutuhan tubuh tiap orang memang berbeda –tergantung dari usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan fisik. Tetapi, kita tetap membutuhkan karbohidrat, lemak sehat untuk energi yang lebih tahan lama.

Tak lupa, protein dan olahan susu untuk menstabilkan cairan tubuh sekaligus meningkatkan sistem imun.

  1. Minum kopi terlalu banyak

Kopi punya efek untuk membuat kita terjaga seketika. Namun perlu diingat, efek tersebut tak bertahan dalam waktu lama. Setelah efek itu pudar, tubuh malah akan merasa lemas. Selain itu, konsumsi minuman berkafein yang berlebihan juga bisa jadi penyebab tubuh cepat lelah. Terlepas dari tingkat toleransi tiap orang dalam mengkonsumsi kopi yang berbeda-beda, batas maksimal yang dianjurkan adalah 400 mg per hari atau setara dengan empat cangkir kopi.

  1. Kurang minum

Salah satu penyebab rasa kantuk dan sakit kepala ringan di tengah hari adalah dehidrasi. Setidaknya, jumlah asupan cairan yang disarankan per harinya untuk perempuan adalah 2,7 liter dan 3,5 liter untuk laki-laki. Asupan cairan tak harus datang dari air putih saja, tapi juga bisa dikombinasikan dengan konsumsi makanan yang kaya cairan.