Monday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Lima Bahan Alami Untuk Putihkan Gigi Kamu

Inilah Lima Bahan Alami Untuk Putihkan Gigi Kamu

Sama dengan bagian tubuh lainnya, gigi juga membutuhkan perawatan yang tepat. Bagi banyak orang, perawatan gigi adalah salah satu hal terpenting selain rutinitas perawatan kulit atau perawatan rambut.

Gigi yang tidak terawat dengan baik maka akan cepat rusak, rentan berlubang, hingga berwarna kuning. Kita tentu tidak mau gigi rusak dan kuning merusak senyuman kita, kan? Dan gigi yang sehat dan indah juga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Karena itu tidak heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mendapatkan gigi putih dan tampak sempurna. Misalnya dengan melakukan bleaching ke klinik gigi. Namun, harga yang cukup mahal terkadang membuat kita berpikir dua kali.

Sebelum kita menghabiskan biaya yang cukup mahal ke dokter gigi, kita bisa mencoba cara alami untuk memutihkan gigi yang menggunakan bahan-bahan alami. Apa saja? Berikut bahan alami yang direkomendasikan dokter gigi dari klinik Dental Health Center Jakarta, drg. Windy Fitria.

Garam

Garam dipercaya membuat gigi terlihat lebih putih. Garam memiliki kandungan zat seperti fosfor, flour, kalium, magnesium dan natrium. Zat-zat tersebut berperan penting untuk perawatan gigi sekaligus merawat peradangan dan membunuh bakteri di gusi.

Cara memutihkan gigi dengan garam tidak terlalu rumit. Kita hanya perlu mencampur garam dengan air hangat. Pertama sediakan garam sebanyak 1 sendok makan, lalu dicampur dengan segelas air hangat. Selanjutnya berkumurlah menggunakan larutan tersebut. Tunggu beberapa saat dan lanjutkan dengan menyikat gigi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita harus melakukan secara rutin sampai hasilnya terlihat.

Selain berkumur, ada juga cara lain untuk memutihkan gigi dengan garam. Kita bisa mencampurkan garam ke dalam pasta gigi yang hendak digunakan untuk menyikat gigi.

Daun Sirih

Sebelum mengenal pasta gigi, daun sirih sudah lama digunakan sebagai bahan pembersih mulut. Daun sirih memiliki sifat antiseptik yang dapat menjaga kebersihan dan kesegaran mulut. Dan sudah sangat lama juga, daun sirih dipercaya memiliki khasiat untuk memutihkan gigi.

Cara memutihkan gigi dengan daun sirih juga tidak rumit. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, sediakan satu atau dua daun sirih segar. Daun tersebut dapat langsung digosokkan secara merata ke seluruh bagian gigi. Cara kedua, sediakan 3 hingga 4 helai daun sirih lalu rebus. Kemudian berkumur dengan daun sirih yang sudah direbus tersebut.

Siwak

Selain daun sirih, bahan alami pembersih gigi lainnya yang terkenal adalah siwak. Siwak berasal dari ranting atau akar pohon arak (Salvadora Persica). Pohon yang masuk kategori semak belukar ini banyak ditemui di kawasan Timur Tengah, Asia dan Afrika.

Siwak memiliki kandungan mineral alami, yakni antibacterial acids seperti astringents, abrasive dan deterjen yang bisa membunuh bakteri dan mencegah infeksi. Kandungan lainnya seperti klorida, fluoride, silika, sulfur, dan vitamin c berfungsi untuk membersihkan gigi, memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi.

Untuk memutihkan gigi, kita dapat mengambil seutas batang siwak, kemudian tumbuk sampai halus. Lalu tinggal gosokkan siwak yang telah menjadi bubuk ke gigi secara merata. Untuk hasil yang maksimal, kita dapat melakukannya sebanyak 2 atau 3 kali dalam sehari.

Lemon

Lemon mengandung kandungan asam yang mampu mengangkat bakteri penyebab gigi kuning. Untuk mendapatkan gigi putih dengan lemon caranya mudah. Pertama-tama sediakan 1 lemon yang masih segar, baking soda, wadah kecil dan sikat gigi.

Setelah semua bahan tersedia, peras potongan lemon ke dalam wadah. Lalu campurkan baking soda seujung sendok. Aduk rata campuran tersebut menggunakan sikat gigi. Setelah rata, sikatkan campuran lemon dan baking soda ke gigi selama kurang lebih 3 hingga 5 menit. Terakhir, jangan lupa berkumur dengan air bersih setelah menyikat gigi.

Cuka apel

Cuka apel dikenal sebagai penambah cita rasa makanan. Namun tidak hanya bermanfaat untuk makanan, cuka apel juga memiliki manfaat yang dapat membuat gigi bersih dan tampak lebih putih. Cuka apel mengandung asam asetat, magnesium, dan potasium yang berkhasiat untuk merontokkan kotoran akibat gigi kuning. Cara penggunaan cuka apel cukup gampang. Sediakan 1 sendok cuka apel dan gosokkan secara merata ke seluruh bagian gigi.

Kita juga dapat mencampur cuka apel dengan bahan lain seperti garam dan air perasan lemon. Caranya siapkan 1 sendok makan garam, satu setengah sendok makan cuka apel, dan air perasan lemon. Setelahnya campurkan semua bahan ke dalam gelas dan aduk sampai rata. Setelah rata, gunakan campuran tersebut untuk berkumur selama 5 sampai 10 menit. Setelah selesai, coba sikat gigi dengan pasta gigi seperti biasanya.