Tuesday, September 22Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Kelemahan Pemakaian Atap Baja Ringan Di Rumah Tinggal

Inilah Kelemahan Pemakaian Atap Baja Ringan Di Rumah Tinggal

Dalam pembangunan atap rumah terdapat berbagai cara yang dapat digunakan. Atap ini sebenarnya dapat mengacu pada yang digunakan. Seiring perkembangan zaman, banyak perkembangan yang dilakukan untuk menciptakan bangunan yang lebih baik. Salah satu aspek yang menjadi banyak perhatian adalah material struktur yang digunakan. Dahulu, kayu merupakan yang sangat populer. Namun kini, ketersediaan akan semakin terbatas.

Dan salah satu bahan yang bisa digunakan adalah baja. Hal ini dikarenakan faktor biaya yang cenderung ekonomis serta mampu disediakan dalam jumlah yang banyak. Terlebih apabila digunakan sebagai material atap baja ringan. Beberapa kelemahan penggunaan atap baja ringan adalah seperti berikut ini.

Tampilan tidak indah, Terlebih faktor kerapatan struktur akan sangat berpengaruh terhadap jenis genteng yang digunakan. Dari segi ketahanan bangunan, tentunya akan menjadi semakin baik.

Mudah terbawa angin, Kelemahan ini adalah konstruksi baja sangat rentan terhadap wilayah yang berangin. Rangka ini mudah bergoyang jika terkena hempasan angin yang besar hingga akhirnya atap akan terlepas secara perlahan.

Apabila atap menggunakan jenis rangka kayu, tak jarang ada penghuni yang membiarkan rangka atap tersebut tetap terekspos. Selain itu, rangka ekspos ini sangat cocok digunakan pada konsep arsitektur modern tropis dan ciri rumah tropis. Namun jika Anda menggunakan jenis atap baja ringan. Atap baja ringan harus ditutupi dengan menggunakan plafon karena rangkanya tidak menarik bila ditampilkan. Sebab sistem rangkanya cenderung membuat jaring-jaring yang tidak indah jika dipandang.

Bukan material yang fleksibel, Mengapa material kayu sangat populer digunakan dalam pembangunan rumah serta sebagai bahan dasar membuat furniture? Sebab rangka kayu memiliki kelenturan serta tingkat fleksibilitas yang tinggi.

Seperti yang sudah dibahas, material baja ringan memiliki struktur seperti jaringan. Oleh sebab itu apabila Anda melakukan salah perhitungan pada proses pembangunan, maka atap tak memenuhi syarat keamanan yang baik dan dapat menyebabkan kegagalan struktur secara menyeluruh.

Itulah beberapa kelemahan yang ada jika anda membangun rumah dengan menggunakan atap baja ringan. Dan tentunya atap baja ringan juga memiliki beberapa kelebihan daripada rangka kayu.