Tuesday, March 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Jurusan Kuliah Paling Langka Yang Ada Di Indonesia

Inilah Jurusan Kuliah Paling Langka Yang Ada Di Indonesia

Kamu ingin meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi? Mari kita intip beberapa jurusan kuliah yang tergolong anti mainstream di Indonesia berikut ini! Sering kali di tiap pameran pendidikan, jurusan kuliah yang diperkenalkan itu-itu saja. Padahal, ada banyak sekali jurusan yang enggak kalah menarik, dan memberikan peluang karier yang menjanjikan.

Ya, ada beberapa jurusan kuliah yang tergolong anti mainstream, alias hanya ada sedikit jumlahnya di Indonesia. Berikut kumparan rangkum, lima di antaranya.

  1. Teknik Nuklir

Jurusan kuliah Teknik Nuklir membahas tentang teknologi nuklir dalam pembangkitan daya, radiasi dan juga radioisotop di industri, serta radiologi klinik seperti radiodiagnostik dan juga radioterapi. Dalam situs Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), hanya Universitas Gajah Mada yang memiliki jurusan ini. Jurusan Teknik Nuklir di UGM pun sudah mengantongi akreditasi A pada 2018.

  1. Oseanografi

Buat kamu yang suka laut, jurusan kuliah Oseanografi bisa jadi pilihan yang tepat. Jurusan ini mempelajari tentang masalah-masalah kelautan seperti, lingkungan laut dan pesisir, eksplorasi sumber daya laut, dan pengembangan dan penerapan rekayasa teknologi kelautan. Di Indonesia, hanya ada empat kampus yang membuka jurusan ini, yaitu Universitas Hang Tuah, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Bandung, dan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut. Namun, hanya Undip dan ITB yang mengantongi akreditasi A sejak 2015 untuk jurusan Oseanografinya.

  1. Astronomi

ITB menjadi satu-satunya kampus yang memiliki jurusan kuliah Astronomi untuk program sarjana hingga doktoral, dengan akreditasi A. Jangan keliru, astronomi berbeda dengan astrologi. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari seputar peristiwa yang terjadi di ruang angkasa. Jurusan ini terdiri dari tiga bidang keahlian, yaitu Tata Surya, Fisika Bintang, serta Galaksi dan Kosmologi.

  1. Jamu

Selain seni dan budaya, Indonesia juga terkenal dengan obat-obatan tradisionalnya. Kamu bisa mempelajari soal obat-obatan tradisional alias jamu, yang hanya ada di Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta, dengan akreditasi B untuk program D3. Jurusan ini mempelajari tentang meracik, menyediakan, dan melakukan penyembuhan atau terapi dengan jamu.

  1. Teknik Pengairan

Universitas Brawijaya di Malang menjadi satu-satunya kampus yang membuka jurusan kuliah Teknik Pengairan untuk program sarjana, dengan akreditasi A, dan master, yang mendapat akreditasi B. Jurusan ini mempelajari ilmu-ilmu teknik sipil dalam perencanaan, desain, pengoperasian, dan pemeliharaan bangunan yang berkaitan dengan sumber daya air.

Related Post

Kemenag Katakan Ini Pada Munculnya Kartu Poligami ... Kementerian Agama menegaskan kartu nikah berwarna kuning berikut kolom empat istri poligami yang beredar di media sosial adalah hoaks. "Itu bukan be...
Korban Lion Air Yang Teridentifikasi Pertama Kali ... Jannatun Cintya Dewi akhirnya menjadi penumpang pertama Lion Air JT 610 yang mampu teridentifikasi. Identitasnya diketahui dari potongan tubuh yang ...
Berikut Fakta Terkait Ditahannya Maria Ozawa Oleh ... Maria Ozawa diperiksa Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar, Bali pada hari Rabu (7/11/2018) dini hari. Hal ini berawal saat wanita yang kerap dipanggil ...
Reaksi Banyak Pihak Atas Tudingan Islamophobia Di ... Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai pemerintah sedang mengidap Islamophobia lantaran ceramah Habib Bahar bin Smith dipersoalkan dan dilaporkan ke poli...