Friday, July 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Daftar Password Yang Paling Banyak Dijebol Oleh Para Hacker

Password adalah salah satu hal yang penting dalam kehidupan manusia saat ini. Kita pun mau tak mau harus menghafal password yang kita gunakan di sejumlah akun dunia maya. Baik dalam bentuk email maupun media sosial atau juga layanan lain.

Dan tentunya, password itu harus kita jaga dengan baik agar tidak bocor ke orang lain. Risikonya besar apabila password kamu diketahui oleh orang lain. Selain bisa disalahgunakan, bocornya satu password di akun kamu tentu bisa berakibat fatal karena bisa saja satu akun itu terhubung ke akun lainnya.

Facebook misalnya, yang bisa dipakai untuk login di berbagai layanan. Ini menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh para pengguna internet, untuk menjaga keamanan data sendiri agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan password yang tidak mudah ditebak dan unik. Password itu bisa saja menggabungkan huruf dan angka, juga huruf kapital. Tapi jangan sampai membuat password yang terlalu rumit hingga akhirnya akan terlalu sulit untuk dihafalkan.

Password yang lemah adalah sasaran empuk dari para hacker atau peretas. Ya, orang-orang jahat bisa sangat mudah masuk ke akun online yang password-nya mudah ditebak. Nah, baru-baru ini, badan keamanan siber Inggris, National Cyber Security Centre (NCSC), menemukan daftar password yang paling banyak dibobol hacker, dilansir BBC.

 Temuan ini didapat NCSC dari menganalisis database publik yang berisi akun-akun yang pernah dibobol dan melihat kombinasi kata dan angka yang dipakai untuk password. Ternyata, 123456 adalah password yang paling sering dibobol dan dipakai di 23 juta akun. Lalu, diposisi kedua adalah 123456789 dipakai di 7,7 akun.

 Kemudian, diposisi ketiga, keempat dan kelima diisi oleh ‘qwerty’, ‘password’ dan 1111111. NCSC juga menemukan ada beberapa akun yang menggunakan nama pengguna sebagai password, seperti Ashley, Michael, Daniel, Jessica dan Charlie.

 Dr Ian Levy, Direktur Teknis NCSC mengatakan orang-orang yang memakai nama orang terkenal sebagai password juga sangat berisiko tinggi untuk diretas. “Tidak ada orang yang bisa melindungi data-data sensitifnya dengan sesuatu yang mudah ditebak, seperti nama depan, tim sepakbola lokal atau nama band favorit,” kata Levy.

 Pakar keamanan siber, Troy Hunt, yang mengelola database akun-akun yang pernah diretas, mengatakan memilih password yang baik adalah cara terbaik untuk menghindari aksi peretasan. “Kami ingin memberitahukan orang-orang, daftar password yang paling banyak dibobol hacker ini jangan dipakai. Buatlah password lain yang sulit untuk ditebak,” ujar Hunt.