Monday, October 14Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Berbagai Keahlian Yang Bisa Kamu Kuasai Dengan Cepat

Inilah Berbagai Keahlian Yang Bisa Kamu Kuasai Dengan Cepat

Mempunyai banyak keahlian tentu akan menguntungkan kamu di dunia kerja. Semakin terampil dirimu, value yang kamu miliki juga akan semakin dipertimbangkan. Tapi, tentu saja enggak gampang terampil dalam suatu bidang dan membutuhkan waktu mungkin hingga bertahun-tahun.

Meskipun begitu, setiap orang nyatanya bisa belajar keahlian baru hanya dalam waktu singkat, setidaknya hanya dalam jangka waktu enam bulan ke depan. Dikutip dari Life Hack, berikut ini enam keahlian yang bisa kamu pelajari dalam waktu singkat yang akan mengubah hidupmu.

  1. Membaca dengan cepat

Bill Gates pernah menyatakan, kekuatan superhero yang ingin ia miliki adalah membaca dengan cepat. Bill Gates mengerti, bahwa ilmu adalah kekuatan. Kemampuan menyerap informasi secara cepat dari buku, artikel, dan berita membantu kita belajar setiap harinya. Membaca membuat pengetahuan kita luas.

Kamu bisa mulai dengan membuat goals, berapa banyak bacaan yang bisa kamu habiskan dalam sehari. Enggak masalah kamu lelet di awal, nanti lama kelamaan kamu akan terbiasa dan punya kemampuan membaca dengan cepat.

  1. Berbicara di depan umum

Kebanyakan orang menjadi nervous ketika disuruh berbicara di depan umum. Apa yang sudah dipersiapkan akan lain dengan apa yang diucapkan. Belajar berbicara di depan umum akan sangat menguntungkan bagi kamu. Kamu akan terlihat lebih pede dan profesional. Kamu juga mempunyai aura yang kuat.

Coba beranikan dirimu keluar dari zona nyaman. Mulai dengan mencoba berbicara dengan orang di sekelilingmu. Coba juga ikut acara-acara diskusi dan seminar, dan jangan takut keluarkan pendapatmu.

  1. Belajar menggunakan Microsoft

Kebanyakan tempat kerja menggunakan produk-produk Microsoft dalam pengoperasiannya. Misalnya Word, Excel, dan Power Point. Kamu mungkin saja mengerti dasar-dasar penggunaannya, tapi masih banyak fitur-fitur tersembunyi yang sangat berguna. Mulailah belajar dengan menonton video tutorial, atau minta ajari dengan rekan yang lebih paham.

  1. Menulis blog

Blogging adalah cara kamu belajar menulis dan menuangkan ide-idemu. Dengan menulis, kamu belajar mengkonstruksi pikiranmu secara sistematis. Kamu akan lebih tertata dalam berpikir dan berbicara. Mulai dengan membuat blog pribadi dan tulis ide-idemu. Pelajari cara penulisan yang baik dan benar. Kamu juga bisa melakukannya dengan cara lain, misalnya vlogging.

  1. Edit video dan foto

Di era digital, kita akan selalu berurusan dengan foto dan video. Entah itu di media sosialmu, atau dalam pekerjaanmu. Kamu bisa mulai belajar mengedit foto dan video untuk menambahkan keterampilanmu.

Untuk foto, kamu bisa menggunakan aplikasi Photoshop. Untuk video, kamu bisa mulai menggunakan Final Cut Pro, Premiere Pro atau iMovie. Masih banyak aplikasi lain yang bisa kamu gunakan, tapi ingat, yang terpenting adalah keahlianmu bukan aplikasinya.

  1. Akuntansi

Jika kamu akan terjun ke dunia bisnis, akuntansi adalah hal mendasar yang harus kamu kuasai. Kamu enggak perlu jadi Sarjana Ekonomi untuk mengetahui dasar-dasar akuntansi. Keterampilan ini bisa juga digunakan untuk mengelola keuangan pribadimu.