Monday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Beberapa Fakta Menarik Tentang Negeri Estonia

Inilah Beberapa Fakta Menarik Tentang Negeri Estonia

Pernah mendengar nama Estonia? Negara ini mungkin belum terlalu akrab di kalangan orang Indonesia karena negara kecil yang terletak di tepi Laut Baltik, Eropa Utara, ini kurang eksis dibandingkan dengan negara di kawasan Eropa lainnya.

Meski gaungnya kurang dikenal, tapi jangan salah, Estonia ternyata punya banyak potensi menarik untuk kamu lirik, lho. Ingin tahu lebih banyak tentang Estonia? Berikut 7 fakta menarik dari Estonia yang bisa jadi referensi kamu.

  1. Punya Hubungan Diplomatik dengan Indonesia sejak 1993

Pada Juli 2019 nanti, Indonesia dan Estonia akan memperingati hubungan diplomatik ke-26 tahun. Indonesia merupakan non-resident bagi Estonia, untuk itu Indonesia telah menunjuk seorang Konsul Kehormatan yang berkedudukan di Tallinn, Estonia, untuk mewakili kepentingan Indonesia

Perwakilan RI yang menangani hubungan bilateral dengan Estonia dirangkap oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Helsinki, Finlandia, karena memiliki jarak demografis yang terbilang dekat dari Finlandia, yaitu hanya sekitar 2,5 jam waktu tempuh perjalanan menggunakan kapal penyeberangan atau 2 jam dengan jet.

  1. Siapa Pun Bisa menjadi Penduduk Digital Estonia

Sejak tahun 2014, Pemerintah Estonia merupakan negara pertama yang menawarkan e-Residency, yang memungkinkan siapa saja untuk menjadi penduduk digital dan melakukan bisnis di Estonia secara online. Keberadaan penduduk elektronik ini sangat menguntungkan bagi pengusaha, karena mereka dapat melakukan bisnis secara online dan hanya membayar pajak pada aset yang dipindahkan ke luar negeri.

  1. Punya Banyak Kemiripan dengan Finlandia

Ada beberapa hal dimana Estonia memiliki kemiripan dengan Finlandia, seperti jumlah penduduk yang didominasi oleh kaum wanita dan mempunyai bahasa nasional yang berasal dari kelompok Bahasa Uralik–bahasa yang dipengaruhi dari Bahasa Swedia dan Jerman. Dua negara ini juga sama-sama menggunakan mata uang Euro.

  1. Transportasi gratis

Inovasi e-Governance di Estonia terus menerus dilakukan oleh pemerintah. Pada tahun 2013, sebagai Ibu Kota Estonia, Tallinn, menjadi kota pertama di dunia yang memberikan transportasi umum gratis bagi semua orang. Pemerintah Estonia menganggap ide ini sebagai cara efektif mengurangi kemacetan dan mendorong masyarakat agar mau beralih dari mobil pribadi ke bus kota.

  1. Orang Estonia sangat menyukai olahraga balap bawa istri

Selama 10 tahun sejak 1998-2008, Estonia telah berhasil mempopulerkan “Estonian Carry”, yaitu teknik membawa atau menggendong istri, dan memenangkan The Wife World Championship selama 11 kali berturut-turut. Meskipun olahraga ini mengadopsi dari Finlandia, tetapi justru Estonia yang terkenal mempopulerkannya.

  1. Punya Bandara Terbaik Ketiga di Eropa

Bandara Tallinn di Estonia berhasil dinobatkan sebagai bandara terbaik ketiga di Eropa dan ke sembilan di dunia. Keberhasilan ini berdasarkan survei terkait unsur pelayanan, kelengkapan fasilitas, keamanan, hingga kebersihan.

  1. Kota Tua yang Cantik

Estonia memiliki beberapa kota tua, salah satunya berada di Tallinn. Terletak di tengah Kota Tallinn, kota tua Tallin sukses mencuri perhatian para wisatawan. Di kota tua ini, para pengunjung dapat melakukan banyak aktivitas, seperti berburu batu amber, menikmati kuliner dan minuman, berfoto mengenakan baju tradisional ala penduduk Estonia.