Monday, May 20Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Alasan Kenapa Kamera Leica Bisa Super Mahal Banget

Inilah Alasan Kenapa Kamera Leica Bisa Super Mahal Banget

Saat mendengar kata kamera Leica, mungkin terbersit pikiran bahwa kok kamera dan lensa ini mahal sekali? Mengapa bisa demikian? Pertama-tama yang perlu dipahami bahwa Leica adalah merk kamera premium, yang berarti bahwa produk Leica berkualitas tinggi, jumlah produksi yang terbatas dan merknya telah diakui dan dihormati. Hal ini yang akhirnya membedakan Leica dengan pabrikan kamera lainnya.

Leica tidak berniat untuk mengejar pangsa pasar besar dengan membuat produk yang cukup baik dengan harga yang rendah. Tapi Leica justru berusaha membuat produk high-end dan unik dengan teknologi mutakhir yang tersedia.

Dengan produksi yang tidak terlalu banyak dan juga komponen yang digunakan paling canggih, maka harganya harus menyesuaikan. Tahun lalu saja Leica menjual sekitar 100 ribu kamera saja, dan memiliki pangsa pasar 1%.

Diproduksi Secara Handmade

Leica dibuat handmade

Sebagai produsen kamera yang berasal dari Jerman, Leica dibuat secara apik dan berkualitas tinggi. Dengan bentuk seperti kamera klasik atau pun jadul, Leica hadir dengan beberapa seri kamera yang dibuat secara handmade. Selain itu, Leica sendiri juga menanamkan material berkualitas tinggi pada body kameranya. Leica juga menggunakan satu housing dari bahan metal magnesium alloy yang sangat begitu kuat, bahkan kamera DSLR termahal pun juga hanya dibalut plastik. Trim yang mengelilingi kamera ini juga dilapisi bahan kulit sapi berkualitas sehingga nyaman ketika digenggam dan memiliki harga yang cukup mahal.

Sebagai Andalan Kamera Rangefinder

Leica Optic

Selain kesan yang sangat mewah, Leica juga tetap mengunggulkan teknologi terbaiknya. Dan tidak dapat dipungkiri lagi untuk urusan optik kamera, Leica sangat diunggulkan dibandingkan kamera lainnya. Dengan teknologi rangefinder, yang artinya sebuah mekanisme kamera yang mampu menemukan jarak paling ideal bagi seorang fotografer untuk mendapatkan fokus objek yang paling tajam akan membuat kamu menghasilkan karya foto terbaik.

Teknologi Laser

Leica Lens

Harga memang tidak meragukan kualitas. Itulah kalimat yang sangat mungkin bisa diucapkan untuk produk kamera Leica. Selain kemewahan yang ditanamkan pada kamera Leica, teknologi berupa laser juga diukir pada keterangan setting dial kamera. Selain itu, body kamera dan lapisan kulit juga dihadirkan dengan pola berlian agar menciptakan kenyamanan ketika digenggam penggunanya. Tidak perlu diragukan lagi bahwa setiap kamera Leica diproduksi secara khusus untuk para penggunanya.

Konsep Marketing

Leica Marketing

Beda dengan konsep marketing pabrikan kamera asal Jepang yang biasanya memperhitungkan masa yang pendek, sekitar 2-4 tahun. Beberapa bahkan malah mengeluarkan kamera baru pengganti setiap tahun, Leica yang memiliki darah Jerman yang mementingkan nilai produk di masa yang panjang, setidaknya 20 tahun ke depan.

Contohnya, lensa Leica M yang dirancang untuk dapat digunakan dalam waktu yang sangat lama. Jika disimpan dan juga dirawat dengan baik, fotografer masih dapat menikmati mengunakan lensa Leica buatan tahun 1950-an atau lebih awal lagi. Kamera Leica yang sudah berumur 8 tahun seperti Leica M9 masih banyak yang menggunakannya, bahkan Leica masih menjual dan melayani pengguna kamera film/analog Leica.

Dibandingkan dengan pabrikan yang lain yang mengejar jumlah dan pangsa pasar, Leica berada di posisi yang lebih baik. Karena memang tidak harus bersaing habis-habisan di pasar kamera digital yang menurun penjualannya dari tahun ke tahun karena tergerus dengan kamera ponsel. Yang mana kualitasnya pun semakin bagus.

Leica juga tidak akan mau membuat produk yang kualitasnya rendah dengan harga murah karena tuntutan pasar, karena jika kualitas produk Leica di kompromikan, maka reputasi merk Leica sendiri kedepannya akan jatuh.