Tuesday, November 12Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Alasan Kenapa Handphone Merk Xiaomi Itu Bisa Murah

Inilah Alasan Kenapa Handphone Merk Xiaomi Itu Bisa Murah

Saat ini banyak sekali dijual di pasaran segala jenis handphone dengan merk kenamaan seperti Samsung dan Apple. Lalu pada tahun 2010 muncul lah salah satu merk yaitu xiaomi. Saat itu merk jenis ini sangat terkubur dengan kejayaan Samsung dan merk lainnya yang memang sudah memiliki nama besar.

Pada 2011 Xiaomi merilis handphone pertamanya yaitu Xiaomi Mi1. Dari sejak itu dengan harga yang murah dan kualitas yang bersaing merk Xiaomi perlahan mulai dikenal banyak orang hingga saat ini.

Memang kunci dari kesuksesan adalah konsisten dengan apa yang dikerjakan dan jangan terpengaruh oleh banyak hal diluar sana. Xiaomi dengan penuh semangat terus mengeluarkan jenis – jenis handphone baru dengan teknologi yang juga berkembang tanpa peduli bagaimana keadaan pesaingnya.

Selain konsisten, Xiaomi juga punya salah satu senjata yaitu murah untuk kantong masyarakat Indonesia.  Berikut beberapa alasan yang dilakukan Xiaomi agar biayanya tetap murah dan terjangkau:

Minim promosi

Seperti yang kita tahu bahwa promosi adalah hal utama yang harus dilakukan oleh semua perusahaan untuk mendapatkan pasar yang diinginkan dan diincar. Tidak dengan Xiaomi, mereka tidak melakukan promosi gila – gilaan untuk mendapatkan pelanggan melainkan mengalokasikan kegiatan promosi sebagai modal dari pembuatan Hp sehingga harga Hp bisa lebih murah.

Kerjasama yang strategis

Seperti yang dilakukan oleh semua pengusaha adalah alangkah baik jika bisa bekerjasama dengan banyak pihak. Kali ini Xiaomi melakukannya dengan tepat dan benar. Xiaomi melakukan kerjasama dengan Qualcomm. Qualcomm adalah perusahaan produksi barang – barang elektronik seperti Hp.

Dengan strategi itu Xioami bisa membuat tekanan pada harga modal produksinya. Kabar teranyar adalah Xiaomi sudah mau membuat chipsetnya sendiri tanpa mengandalkan pihak lain. Jika itu terjadi niscaya harga akan bisa ditekan kembali.

Flash sale

Xiaomi melakukan strategi dengan tidak membuat banyak handphone dan menuntut handphonenya harus laku di waktu yang bersamaan. Dengan cepat menjual barang tersebut maka tidak akan mendapatkan Hp yang tidak dijual dan mengurangi penumpukan di gudang yang ada.

Tujuan penjualan

Teknik berjualan yang biasa digunakan oleh pedagang tionghoa yaitu menjual dengan keuntungan yang sedikit asal laku banyak dan tidak sebaliknya. Xiaomi memiliki perbedaan mendasar dengan Apple yang menjual barang mahal untuk mengincar keuntungan tinggi sementara Xiaomi menjual untuk market share yang tinggi untuk kedepannya.

Membaca suasana pasar

Mengenal pasar yang ingin dijajaki menjadi penting karena di situlah kamu akan mulai menjual dan harus tahu bagaimana karakteristik pasar di sekitarmu. Indonesia adalah salah satu negara yang kemungkinan memiliki minat rendah terhadap handphone Xiaomi tetapi mereka tidak menyerah melainkan memanjakan semua pelanggan dengan harga yang murah dan fitur yang lengkap.

Tidak hanya dimanjakan dengan harga yang murah dan fitur yang lengkap, untuk bentuk keseriusannya Xiaomi membuka perusahaannya di Indonesia untuk menekan modal perjalanan produksi barang dari luar negeri.