Thursday, April 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah Alasan Jack Ma Mundur dari Alibaba

Inilah Alasan Jack Ma Mundur dari Alibaba

Kabar terkini yang bisa dibilang mengejutkan atau tidak mengejutkan mengenai pengumuman pensiun Jack Ma dari Alibaba beberapa hari lalu. Pengumuman pengunduran diri Jack Ma bisa dibilang mengejutkan karena ia adalah aktor besar dibalik suksesnya Alibaba Group namun bisa dibilang tidak mengejutkan karena Jack Ma sebelumnya pun pernah mengatakan dalam waktu dekat ia memang akan mengundurkan diri dari Alibaba Group. Jack Ma sendiri sebenarnya sudah memberikan jabatan CEO Alibaba Group kepada Daniel Zhang sejak tahun 2013 namun selama ini ia tetap menjadi Executive Chairman di Alibaba Group.

Keputusan pensiunnya Jack Ma dari Alibaba Group terjadi pada 10 September 2018 lalu bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-54. Jack Ma berkata selama ini ia banyak belajar dari Bill Gates dimana menurut ia harta bukanlah segalanya namun ia ingin menghabiskan waktu hidupnya untuk mengajar dan beramal bagi orang lain. Bahkan menurut Jack Ma mengajar adalah posisi yang lebih baik daripada menjadi CEO Alibaba.

Baca juga: Tiga Faktor Ini yang Membuat Anda Bisa Bergabung dengan Alibaba Group

Kepastian informasi ini pun didapat dari surat yang yang ditulis Jack Ma untuk para konsumen, karyawan dan direksi Alibaba. Dan proses transisi ini pun akan berjalan kurang lebih selama setahun. Walau demikian Jack Ma tetap akan berada dalam jajaran direksi Alibaba Group sampai tahun 2020 saat pertemuan tahunan para pemegang saham. Dalam pesan yang ditulis oleh Jack Ma ia mengatakan akan menemani Daniel selam setahun ke depan guna memastikan proses transisi akan berjalan lancar.

Menurut Jack Ma dalam suratnya tersebut ia telah memikirkan hal ini selama kurang lebih selama bertahun-tahun untuk mengundurkan diri dari Alibaba. Jack Ma juga menceritakan kisah perjalanan Alibaba selama kurang lebih 19 tahun terakhir. Sebagai info saja 10 September selain dikenal sebagai hari ulang tahun Jack Ma juga menjadi hari ulang tahun Alibaba. Berdasarkan surat dari Jack Ma berarti ia akan bersama Alibaba sampai usia 20 tahun. Dalam surat itu pun Jack Ma mengapresiasi apa yang dilakukan Daniel Zhang selama ini hingga Alibaba Group masih tetap solid.

Walaupun saham Alibaba Group langsung turun saat ia mengumumkan pengunduran diri namun kita percaya Jack Ma akan lebih sukses kedepannya dalam bidang yang ia tekuni yaitu mengajar dan beramal bagi orang lain.