Sunday, December 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah 5 Sosok Dermawan Dunia Yang Donasinya Mencapai Triliunan Rupiah

Siapa sih yang tidak ingin menjadi kaya? Selain punya banyak harta yang bisa diwariskan, hidup berkecukupan, juga bisa untuk membantu banyak orang. Setuju ga sobat ulasandunia? Bahkan seorang filantropis terkenal asal Amrik sana, Andrew carnegie pernah mengatakan,”Tiada orang yang menjadi kaya tanpa mengkayakan orang lain. Orang yang meninggal kaya, meninggal dengan memalukan.” Banyak pebisnis ulung yang sukses berpikir untuk saling berbagi dan mengembalikannya ke komunitas mereka dalam tahap tertentu dalam hidup mereka dan terlibat dalam kegiatan filantropi. Bisa saja sih ada yang mengatakan sekedar aksi menghindari pajak, namun ada juga yang percaya memang para dermawan tersebut adalah orang yang murah hati. Apapun yang menjadi alasan tindakan tersebut, uang yang telah digelontorkan tersebut pastinya dibutuhkan dan berdampak besar ke kehidupan orang yang dibantu. Mereka percaya dengan istilah ‘sharing is caring’ (berbagi itu peduli).

Nah, kali ini admin mau berbagi daftar orang terkaya dunia yang juga ternyata dermawan terbesar dunia. Dilansir dari perusahaan riset Wealth-X, Yuk, mari temui siapa-siapa saja mereka.

1. CHARLES FRANCIS FEENEY


Sosok bapak yang satu ini ternyata sering dikenal sebagai ‘James Bond-nya versi dermawan’ lho guys. Ia berhasil meraup kekayaannya sebagai salah satu pendiri dari grup Duty-Free Shoppers. Asal kamu tahu guys, bapak ini bertekad untuk menyumbangkan seluruh kekayaannya. Kekayaan bersihnya sekarang ditaksir sekitar USD 1,5 juta (atau sekitar Rp. 20 miliar), tapi yang telah ia sumbangkan mencapai USD 6,3 milyar (sekitar Rp. 84 triliun, wow!). Yayasannya sendiri berfokus di bidang pendidikan, pengetahuan, kesehatan, dan hak sipil yang mencakup beberapa negara, termasuk Amrik, Vietnam dan Bermuda.

2. AZIM PREMJI


Kalau bapak yang satu ini merupakan seorang raja bisnis, juga seorang investor dan dikenal sebagai dermawan asal India. Beliau adalah pemimpin dari Wipro Limited, sebuah perusahan konsultasi IT. Ia adalah orang India pertama yang menandatangani Giving Pledge (suatu janji komitmen yang dibuat oleh orang dan keluarga terkaya dunia untuk mendedikasikan sebagian besar kekayaannya untuk kegiatan filantropi). Azim pernah mengatakan,
“Saya sangat percaya bahwa kami yang dianugrahi dengan kekayaan seharusnya memberikan sumbangan yang besar untuk mencoba dan menciptakan suatu dunia yang lebih baik bagi jutaan orang yang kurang beruntung.” Sampai sejauh ini, ia telah menyumbangkan USD 8 miliar (sekitar Rp. 106 triliun)

3. GEORGE SOROS


Sosok yang satu ini dikenal sebagai Sosok Yang Membangkrutkan Bank Inffris karena menghasilkan Rp. 13,3 triliun melalui cara short sold mata uang poundsterling sebanyak Rp. 133 triliun saat krisis moneter mendera Inggris tahun 1992. Sama seperti Azim, ia telah menyumbangkan sejumlah uang yang sama di bidang pengembangan masyarakat, jasa sosial, kesehatan dan bidang pendidikan.

4. WARREN BUFFETT


Investor yang terkenal satu ini telah menyumbangkan USD 21,5 milyar (Rp. 287 triliun) hingga saat ini. Di tahun 2016, ia berjanji untuk menyumbangkan 85% dari kekayaannya ke yayasan Bill & Melinda Gates Foundation dan juga ke beberapa yayasan yang didirikan anggota keluarganya.

5. BILL GATES

Siapa yang tidak kenal dengan beliau? Beliau telah beberapa kali menyandang gelar orang terkaya di dunia ini. Informasi yang didapat bahwasannya si bapak satu ini yang diketahui telah menyumbang sebanyak USD 27 milyar kekayaannya (Rp. 360 triliun). Ia menghabiskan kebanyakan waktunya sekarang mengelola proyek dermawan di bawah naungan yayasannya sendiri, Bill & Melinda Gates Foundation.

Leave a Reply