Saturday, February 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah 10 Kuliner Terkenal Asal Filipina

Halo sobat ulasandunia, gimana kabarnya kamu, semoga sehat walafiat selalu ya. Menjelang awal bulan Juni, adakah dari kalian yang kepikiran ingin berwisata ke negara kepulauan tetangga kita, Filipina? Jika ya, maka ada baiknya kamu membaca artikel kali ini, karena admin akan berbagi seputar 10 kuliner terkenal di Filipina. Siapa tahu kamu berniat mencobanya.

1. Chicken Adobo: makanan Filipina yang terkenal

 

Ayam adobo merupakan salah satu makanan paling terkenal untuk kamu cobai di Filipina. Bisa dibilang kuliner yang satu ini dikenal dan dicintai oleh semua orang lokal sini.
Adobo yang dalam bahasa Spanyol berarti ‘proses pengasaman’ di mana ayam (atau babi) diproses lewat direndam terlebih dahulu dengan kecap asin dan cuka. Kemudian bahan-bahan lainnya ditambahkan tergantung resep masing-masing.

2. Balut: embrio bebek sebagai cemilan jalanan

Kalau kuliner satu ini pastinya selalu membuat orang asing penasaran. Balut merupakan embrio bebek yang sedang berkembang yang direbus dalam keadaan utuh bersama cangkang dan dimakan dengan saus cuka. Ini jelas salah satu makanan paling terkenal (dan mungkin teraneh) untuk kamu cicipi di Filipina. Meskipun berasal dari Filipina, tetapi kuliner ini dapat kamu temui juga di Vietnam, Laos dan Kamboja. Sekedar informasi tambahan buat kamu, balut paling cocok disajikan saat embrio bebek berusia 17 hari, yaitu di mana paruh, bulu, cakar dan tulang dari cikal bakal bebek tersebut belum terbentuk sepenuhnya.

3. Kare Kare: sup buntut khas Filipina


Merupakan perpaduan buntut, babat sapi yang direbus bersama aneka sayuran dan dibumbui saus kacang tanah panggang, bawang merah dan bawang putih. Dicampur dengan saus udang (‘bagoong’), yang terkadang disiram dengan air kalamansi (jeruk nipis lokal) dingin. Hidangan kare kare ini terkenal di seluruh penjuru negeri. Asal usul namanya berasal dari kata ‘curry’ yang bisa jadi berasal dari pengaruh komunitas India di kawasan Cainta, Rizal, Manila.

4. Kinilaw: salad ikan mentah

Kinilaw ini mirip dengan hidangan Peru terkenal yang disebut ceviche. Merupakan salad ikan mentah yang disajikan dalam kuah asam, biasanya kalamansi (jeruk nipis) dan cuka untuk ‘memasak’ dagingnya. Kinilaw berasal dari kata, “kilaw” yang berarti ‘dimakan segar’. Bahan lainnya biasanya termasuk bawang putih, jahe, bawang merah, lada dan cabai.

5. Sinigang: sup daging asam


Sinigang merupakan sup asam daging dengan banyak sayuran. Bahan asam yang paling sering dipakai adalah asam jawa(sampalok), terkadang bisa juga digantikan dengan guava (jambu lutuk), tomat atau jeruk nipis kalamansi. Sedangkan daging yang paling sering dipakai adalah babi (baboy), tetapi bisa juga dimasak dengan daging ayam, sapi atau ikan.

Sekian dulu admin berbagi kuliner terkenal Filipina ya guys. Di kesempatan lain, mimin akan coba share hidangan populer lainnya kembali. Sampai jumpa di artikel berikut dan selamat menikmati 🙂

Leave a Reply