Monday, July 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Inilah 10 Kuliner Terkenal Asal Filipina (Part 2)

Hai guys, sudah membaca artikel kuliner Filipina sebelumnya? Melengkapi hidangan terkenal seantero Filipina tersebut, maka admin akan berbagi daftar sisanya. Check it out.

6. Paksiw na lechon: hidangan anak babi

Lechon berasal dari bahasa Spanyol yang berarti ‘anak babi yang masih menyusui’ dan secara harafiah berarti babi utuh yang dipanggang di atas arang selama beberapa jam untuk acara-acara khusus. Paksiw na lechon ini dianggap sebagai hidangan nasional Filipina. Dan asal kamu tahu lho guys, bahwasannya salah satu kota di Filipina, Cebu merupakan salah satu tempat paling terkenal dan terbaik untuk hidangan lechon-nya.
Sementara itu, sisa makanan dari lechon yang direbus dengan cuka dan rempah-rempah diolah menjadi hidangan lezat yang disebut dengan paksiw na lechon. Paksiw secara harfiah berarti: memasak dan merebus dengan cuka

7. Tapsilog: jamuan sarapan daging sapi yang diawetkan

Hidangan ini merupakan sarapan Filipina yang terkenal, di mana nama tapsilog ini sebenarnya berasal dari aneka komposisi bahan yang dipakai untuk menyediakan masakan ini. Bahan yang dimaksud yaitu daging sapi yang sudah diawetkan (tapa), nasi goreng (sinangag) dan telur goreng (itlog). Variasi yang lain bisa berupa ‘adosilog’ (adobo disajikan dengan nasi goreng dan telur goreng), litsilog (lechon bersama nasi goreng dan telur).

8. Halo halo: es campur ceria

Kalau yang ini jelas merupakan makanan pencuci mulut khas Filipina yang paling terkenal. Halo halo (yang dalam bahasa Filipina berarti ‘campur aduk’) disajikan dalam wadah gelas tinggi yang berisi serutan es, susu evaporasi dan berbagai potongan kecil aneka toppings yang dicampur bersama. Kalau di Indonesia, mirip dengan es campur. Cuma di sini toppingsnya sedikit berbeda guys, bisa berupa kacang merah, kacang polong, buncis (‘garbanzo’), buah aren (‘kaong’), nangka, tapioka, ubi jalar, kacang manis, gel kelapa, es krim, pasta jambu biji, ubi ungu dan aneka bahan lainnya! Hasil akhirnya adalah es campur tropis yang penuh dengan aneka warna ceria cocok sebagai minuman pantai!

9. Buko: air kelapa Filipina


Buko sendiri merupakan sebutan orang Filipina untuk kelapa. Karena Filipina merupakan negara kepulauan yang terkenal dengan pesisir pantai internasional, maka tak heran buko terkenal bagi para turis mancanegara, air dan daging kelapa mudanya tentu menggugah selera. Informasi buat kamu, Filipina sendiri merupakan negara penghasil kelapa terbesar kedua di dunia (setelah negara kita Indonesia tentunya) dan pohon kelapa di sana disebut juga sebagai ‘Pohon Kehidupan’.
Orang-orang Filipina sendiri memanfaatkan pohon dengan baik, selain buahnya yang multifungsi, mereka juga bisa menggunakan batang kelapa sebagai kayu api, daunnya untuk obat gatal, kulit kelapa untuk membuat tali dan lain-lain.

10. Rum: minuman pilihan orang Filipina

Negara Filipina termasuk penghasil minuman rum yang terbesar di Asia dan merupakan minuman pilihan para Filipino. Rum ini terbuat dari tebu dan biasanya lebih murah dari harga sebotol air kemasan. Rum merk Tanduay telah ada sejak tahun 1854 dan sangat terkenal di seluruh Asia sehingga menjadi merek rum yang paling populer kedua di dunia setelah Bacardi.

Leave a Reply