Saturday, August 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ini Yang Diucapkan SBY Kepada Jokowi Setelah Rekap Suara KPU

Ini Yang Diucapkan SBY Kepada Jokowi Setelah Rekap Suara KPU

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengucapkan selamat kepada paslon Jokowi-Ma’ruf Amin terkait hasil rekap suara oleh KPU RI. Melalui rekaman video yang diterima kumparan, Selasa (21/5), SBY menyampaikan sejumlah harapannya kepada Jokowi-Ma’ruf kelak dalam memimpin Indonesia.

“Mengiringi ucapan selamat saya kepada Bapak Joko Widodo dan Bapak Ma’ruf Amin, dalam kapasitas saya sebagai Presiden RI keenam. Atas kepercayaan rakyat yang telah diberikan pada bapak berdua untuk pada saatnya memimpin Indonesia dalam lima tahun mendatang.” Ujar SBY dalam rekaman video tersebut.

SBY menyambut baik dan mendukung penuh tekad serta komitmen Jokowi dan Ma’ruf dalam memimpin Indonesia dengan adil tanpa terkecuali.Ia pun berharap keduanya dapat mencatatkan prestasi yang membanggakan dalam memimpin Indonesia. “Semoga Allah meridhoinya dan semoga sejarah menorehkan tinta emasnya,” ujar SBY.

Ketum Demokrat ini juga sempat memuji pidato kemenangan Jokowi di Kampung Deret sore tadi. SBY lega karena dalam pidato Jokowi, ia menjamin akan mengayomi seluruh rakyat Indonesia tanpa kecuali. Selain itu, SBY juga memuji Jokowi yang dalam pidatonya menyatakan akan berjuang keras demi terciptanya keadilan sosial.

“Komitmen pemimpin seperti itulah yang ditunggu dan sangat diharapkan oleh rakyat untuk diwujudkan setelah pemilu ini usai. Baik oleh mereka yang memilih Pak Jokowi dan Pak Ma’ruf Amin, maupun yang tidak memilihnya,” tutur SBY.

SBY mengatakan, komitmen ini merupakan awal yang baik bagi kembali bersatunya rakyat Indonesia yang hampir terjebak dalam perbedaan ekstrem dan polarisasi dalam setahun terakhir. “Juga awal yang indah bagi terbasuhnya luka di antara anak bangsa, serta bagi rekonsiliasi dan bersatunya kembali anak bangsa secara terhormat,” jelas SBY.

Hasil rekapitulasi KPU menyatakan Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendapatkan 55,50 persen suara. Sementara Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno memperoleh 44,50 persen suara. Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengatakan, SBY akan memberikan pernyataan dari Singapura pada hari ini, Selasa (21/5/2019).

SBY saat ini masih berada di Singapura mendampingi istrinya Ani Yudhoyono yang tengah menjalani perawatan di sana. Partai Demokrat memang menjadi satu-satunya partai politik pendukung Prabowo-Sandi yang menandatangani hasil rekapitulasi itu. Saksi dari Gerindra, PKS, PAN dan juga Berkarya menolak untuk tanda tangan hasil Pilpres dan Pileg 2019.