Wednesday, June 3Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ini Yang Dilakukan Hotman Paris Saat Hadiri Wisuda Anak Bungsunya

Ini Yang Dilakukan Hotman Paris Saat Hadiri Wisuda Anak Bungsunya

Saat hadir ke London guna menghadiri wisuda anak bungsunya, di dalam sebuah video terekam Hotman Paris sedang menyantap menu kontroversial di mall milik mantan pacar Lady Diana dahulu. Tampak terlihat sangat menikmati, Hotman Paris menyantap menu kontroversial yang dihidangkan di mall milik mantan pacar Lady Diana itu saat berkunjung ke London kemarin (12/11/2018).

Momen Hotman Paris menyantap menu kontroversial di mall milik mantan pacar Lady Diana dahulu sebelum ia menghadiri wisuda anak bungsunya di London ini juga turut diunggah ke akun Instagram pribadi milik sang Pengacara kaya raya itu. Beberapa waktu yang lalu memang diketahui keluarga Hotman Paris bertolak dari Indonesia ke ibu kota Inggris yaitu London.

Kedatangan keluarga Hotman Paris itu ke Negeri Ratu Elizabeth tersebut adalah dalam rangka menghadiri wisuda anak Bungsunya, Fritz Hutapea. Fritz Hutapea resmi diwisuda dari fakultas hukum di sebuah universitas di London, Inggris. Menikmati momen bahagia itu sekaligus jalan-jalan ini, keluarga Hotman Paris sempat mendatangi beberapa ikon di Kota London.

Salah satunya adalah pusat perbelanjaan paling terkenal di sana yang bernama Harrods. Menyebut nama Harrods tak lengkap rasanya jika tak menyertakan nama Dodi Al Fayed, mantan pacar Lady Diana. Hotman Paris sendiri juga menyebut bahwa Harrods adalah pusat perbelanjaan milik mantan pacar Lady Diana dulu. “Lagi makan di Harrods, dulu tempat mantan pacar Lady Di dulu,” kata Hotman Paris.

Berdiri pada tahun 1849, menurut data di Wikipedia, Harrods pernah menjadi milik ayah mantan pacar Lady Diana. Ya, sejak 1985, Harrods menjadi hak milik dari Mohammed Al Fayed, ayah dari Dodi Al Fayed. Lalu kemudian Mohammed Al Fayed menjualnya kepada Qatar Holdings pada 2010 lalu. Di Harrods, Hotman Paris dan keluarga tampak menikmati santap siang mereka di restoran yang ada di sana.

Dari sekian menu mewah yang disantap Hotman Paris, salah satunya ternyata cukup kontroversial dan masih menuai perdebatan di kalangan sejumlah aktivis di dunia. Apakah menu makanan tersebut? “Makan foie gras di Harrods,” kata Hotman Paris dalam video yang diunggah akun @hotmanparisofficial kemarin (12/11/2018). Dalam video tersebut Hotman Paris tampak sedang menikmati makan siang di samping sang Istri, Agustianne Marbun.

Di hadapannya tersaji sepiring menu foie gras. Lantas, kenapa menu foie gras ini begitu kontroversial? Foie gras merupakan makanan yang pada awalnya berasal dari Prancis dan tergolong makanan yang mewah karena harganya yang sangat mahal. Foie gras sendiri terbuat dari hati angsa. Mengutip dari sumber Encyclopaedia Britannica, tekstur foie gras ini memang sangat lembut tapi tetap bisa kenyal.

Foie gras memiliki warna krem dengan sedikit semburat warna merah muda. Secara etimologis, kata ‘foie gras’ memiliki arti ‘hati yang berlemak’. Bukanlah hati angsa biasa, namun dalam proses pembuatan foie gras ini angsa-angsa harus mengalami penggemukan secara paksa terlebih dahulu. Tujuannya yaitu agar hati angsa berselimutkan lemak dan bisa membuat rasanya menjadi lebih gurih.

Dilansir dari laman The Sun, di Prancis itu biasanya dalam pembuatan foie gras, seekor angsa akan dicekoki oleh makanan dua sampai dengan tiga kali sehari. Caranya yaitu dengan memasukkan makanan melalui selang panjang yang dimasukkan ke dalam mulut dan juga leher si angsa. Karena proses pembuatannya yang dianggap menyiksa hewan itu, konsumsi dan peredaran foie gras menuai cukup banyak sekali kontroversi.

Dengan proses pembuatan yang seperti ini, angsa tidak hanya tersiksa, mereka juga akan merasakan stres yang berkepanjangan. Kontroversi foie gras memang membuat sejumlah negara di dunia melarang peredarannya itu. Negara pertama yang melarang konsumsi dan peredaran foie gras untuk yang pertama kalinya adalah India, terhitung sejak Juli 2014. Selain negara-negara itu, ada pula Australia, Argentina, Israel, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Jerman, Italia, Luksemburg, Norwegia, Polandia, Turki, Inggris, dan juga Kota Sao Paulo di Brazil.

Di Amerika Serikat pun beberapa negara bagian telah melarang peredaran foie gras seperti Chicago dan juga California. Meskipun begitu, memang kerap juga ditemui beberapa produk impor foie gras yang ilegal di negara-negara itu. Walaupun Inggris disebut telah melarang konsumsi foie gras, namun keberadaan hati angsa ini masih menjadi polemik sejak terjadinya Brexit, atau peristiwa keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa.

Selain Hotman Paris, selebriti Tanah Air yang pernah memamerkan momen saat menyantap foie gras adalah Syahrini. Pada Agustus lalu, Syahrini pernah memamerkan momen saat ia menikmati foie gras di salah satu restoran di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan. Hmm, penuh dengan kontroversi begini, apakah kamu berminat mencoba hidangan mewah seperti Syahrini dan Hotman Paris ini?