Wednesday, October 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ini Loh Manfat Susu Oat Untuk Kamu Yang Vegetarian

Ini Loh Manfat Susu Oat Untuk Kamu Yang Vegetarian

Susu yang terbuat dari bahan nabati kini memang mulai banyak dijumpai sebagai alternatif pengganti susu sapi. Susu nabati dipilih karena kandungan lemak dan kalorinya yang lebih rendah, serta lebih ramah bagi para vegan dan vegetarian. Misalnya saja susu oat. Sesuai namanya, susu ini terbuat dari biji-bijian sereal bernama oat yang dihaluskan kemudian dipisahkan antara ampas dan airnya.

Selain bebas dari bahan tambahan hewani, susu oat juga dipercaya lebih aman dikonsumsi bagi penderita alergi kacang. Ditambah lagi, proses pembuatannya yang cukup mudah, tak mengherankan bila kepopuleran susu oat kini hampir setara dengan susu nabati lainnya. Apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan setelah mengonsumsi susu oat secara teratur? Yuk, baca ulasannya di bawah ini:

  1. Mencegah anemia

Masalah kesehatan yang kerap seriing dialami seseorang pada awal diet vegan adalah anemia. Sebab, badan akan merasa kekurangan banyak micronutrient yang terdapat pada produk hewani.

Nah, susu oat ini bisa jadi pilihan agar tetap bugar dan bebas anemia meski tengah menerapkan diet vegan. Dilansir dari data nutrisi dari US National Library of Medicine, konsumsi segelas susu oat itu bisa menambah asupan zat besi. Yang mana zat besi itu sebagai pembentuk hemoglobin sebanyak 10 persen. Oat juga bisa sekitar 50 persen asupan B12 yang berfungsi sama seperti zat besi.

  1. Bagus untuk tulang

Konsumsi segelas oat juga bisa memenuhi kebutuhan kalsium sebanyak 27 persen dan vitamin D sekitar 18 persen setiap harinya. Asupan kalsium yang cukup akan menjaga kepadatan tulang serta mencegah cedera akibat tulang rapuh.

Sedangkan vitamin D juga berperan memaksimalkan penyerapan kalsium di dalam tubuh. Berdasarkan penelitian dari German Osteoporosis Center, konsumsi makanan yang tinggi kalsium dan vitamin D akan dapat mencegah osteoporosis. Atau pun pengapuran tulang pada usia lanjut.

  1. Bebas gluten

Susu oat juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang alergi susu maupun kacang-kacangan. Tak hanya itu saja, susu oat bisa menjadi pilihan bagi orang yang menderita celiac disease atau ketidakmampuan tubuh untuk mencerna gluten. Ya, oat adalah memang salah satu makanan yang bebas gluten.

Meskipun begitu, tidak semua susu oat aman bagi penderita celiac disease. Sebab, proses pengolahan oat itu menggunakan alat yang sembarangan bisa menyebabkan oat tercemar gluten. Untuk itu, pastikan kembali bahwa susu oat yang kamu beli itu benar-benar bebas gluten dengan cara mengecek keterangan pada kemasannya.

  1. Cocok untuk diet

Beta glucan adalah salah satu jenis serat larut yang memang terkandung di dalam susu oat. Serat yang inilah yang akan mampu meningkatkan serta mempertahankan rasa lapar lebih lama. Dari penelitian yang pernah diterbitkan PubMed tahun 2014, beta glucan ini juga berperan untuk mengikat kolesterol jahat sehingga tidak ikut larut di dalam darah. Nah, asupan kalori serta turunnya kadar kolesterol inilah yang akan membuat berat badan tetap terkontrol.

  1. Melembapkan kulit

Vitamin B kompleks seperti riboflavin (B2) dan juga B12 pada susu oat juga bisa membantu menyehatkan kulit. Kandungan vitamin tersebut punya fungsinya masing-masing. Misalnya saja riboflavin yang membantu mencegah peradangan pada kulit yang rentan berjerawat. Sedangkan B12 berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen di kulit. Sehingga senantiasa sehat dan juga tampak merona.