Monday, October 15Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ini Lima Langkah Mudah Untuk Lapor Polisi Jika Terjadi Tindakan Kekerasan di Jalan

Ini Lima Langkah Mudah Untuk Lapor Polisi Jika Terjadi Tindakan Kekerasan di Jalan

Untuk yang melihat video tewasnya suporter Persija di tangan suporter Persib Bandung pasti ada yang geregetan karena disana banyak orang dan polisi tapi tidak ada satu pun yang mau membantu korban saat sedang dikeroyok oleh para maniak dari oknum Viking itu. Namun tahukah kamu semua kepada siapa akan melapor jika ada tindakan kekerasan di jalan dan bagaimana caranya untuk melaporkan kejadian tersebut.

Berdasarkan pada Undang-undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana pasal 108 ayat 1 dan dan ayat 6 kita memang berhak melaporkan tindakan kriminal yang terjadi di manapun dan berikut ini adalah cara melaporkannya.

Yang pertama adalah kita bisa melaporkannya ke kantor kepolisian terdekat. Kita bisa datang ke lokasi kantor polisi terdekat dari lokasi kejadian perkara. Badan Hukum Kepolisian itu antara lain adalah Mabes Polri, Polda, Polres, Polsek dan masih banyak lagi asalkan masih dibawah dari Badan Hukum Kepolisian Republik Indonesia.

Yang kedua adalah membuat laporan kejadian dengan jelas dan tepat. Kita harus mampu untuk menjelaskan dimana tempat kejadian perkara, waktu kejadian dan kronologi kejadian yang telah terjadi dengan  benar dan cukup jelas. Yang ketiga adalah tentunya dengan membawa bukti yang kuat seperti foto, video, hasil visum ataupun luka yang dialami.

Yang keempat adalah dengan membawa saksi untuk memperkuat laporan kita terhadap kejadian yang telah kita laporkan kepada pihak yang berwajib agar bisa segera diproses. Darimana kita bisa dapat saksi? Tentu saja dari sekitar tempat lokasi kejadian perkara. Dan yang terakhir setelah kamu berhasil melapor ke Kepolisian pastikan kamu mendapatkan Surat Bukti Laporan dari penyelidik atau penyidik.

Namun nampaknya di era milenial seperti ini memang sudah semakin mudah untuk melaporkan sesuatu kejadian kepada pihak Kepolisian. Karena hanya dengan bermodalkan salah satu syarat yang telah dibahas di atas ditambah dengan Sosial Media maka dipastikan laporanmu akan cepat diketahui orang dan tentunya pihak yang berwajib. Ya memang sekarang ini orang lebih sibuk untuk memfoto atau merekam suatu kejadian daripada membantu korban atau menangkap pelaku seperti yang terjadi pada kasus tewasnya suporter Persija kemarin di Stadion GLBA, kita bisa lihat banyak sekali orang yang mampu merekam kejadian tapi tidak mampu untuk menolong dengan tindakan yang nyata.

Related Post

Akhirnya Freeport Resmi Jadi Milik Negara Kesatuan... Akhirnya masalah yang sudah menjadi pekerjaan rumah pemerintah selama ini berhasil sukses setelah Saham Freeport berhasil dikuasai oleh pemerintah a...
Seks Lebih Berkualitas, Rubah Gaya Bercinta Dengan... Seks lebih berkualitas, inilah salah satu kunci keutuhan rumah tangga. Bukan hanya memikirkan tentang masa depan dan uang, namun Anda juga harus menda...
Di Negeri Ini, Anak-anak SD Harus Berangkat Sekola... Ulasan Dunia - Di Negeri Jepang, anak SD sangat mudah ditemukan di jalan raya dan stasiun, berjejer dengan teman-temannya sedang mengantri untuk nai...
Putri Pertama Michael Buble Luisana Lopilato Telah... Putri pertama yang sudah sangat dinantikan Michael Buble dan istrinya, Luisana Lopilato memang melengkapi keluarga baru mereka. Sebelumnya Buble dan L...