Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ini Dia Youtuber Indonesia Yang Masuk 10 Besar Terkaya Dunia

Ini Dia Youtuber Indonesia Yang Masuk 10 Besar Terkaya Dunia

YouTuber paling populer di Indonesia saat ini, Atta Halilintar, kembali mencuri perhatian. Setelah menjadi YouTuber pertama di Asia Tenggara yang meraih 18 juta subscriber, Atta Halilintar kini masuk ke dalam daftar YouTuber terkaya di dunia. Daftar ini dibuat oleh Purple Moon Promotional Products, yang merupakan perusahaan di bidang brand merchandise asal Inggris.

Dalam daftar itu, Atta menempati posisi ke-8 dengan perkiraan penghasilan yang ia dapat mencapai 1,37 juta poundsterling atau sekitar Rp 23,6 miliar per bulan. Atta mengungguli dua YouTuber terkenal lainnya, yakni YouTuber gaming asal Irlandia, jacksepticeye, dan grup komedi sketsa asal AS, Smosh.

Sementara itu, posisi puncak dikuasai Felix Kjellberg alias PewDiePie yang diprediksi meraih pendapatan bulanan lebih dari 6,58 juta poundsterling (sekitar Rp 113 miliar). Di posisi kedua, ada Dude Perfect dengan pendapatan 2,84 juta poundsterling (sekitar Rp 48,9 miliar) per bulan.

Berikut ini daftar 10 besar YouTuber terkaya di dunia beserta prediksi penghasilannya per bulan.

  1. PewDiePie: 6.580.997 poundsterling
  2. Dude Perfect: 2.846.916 poundsterling
  3. VanossGaming: 2.195.680 poundsterling
  4. DanTDM: 2.122.932 poundsterling
  5. JuegaGerman: 1.882.936 poundsterling
  6. Markiplier: 1.716.082 poundsterling
  7. Collins Key: 1.713.757 poundsterling
  8. Atta Halilintar: 1.372.884 poundsterling
  9. jacksepticeye: 1.360.926 poundsterling
  10. Smosh: 1.319.950 poundsterling

Data laporan ini dibuat berdasarkan pada perangkat lunak yang disebut “YouTube Money Calculator”. Alat ini dapat memperkirakan pendapatan iklan berdasarkan tampilan per bulan dikalikan dengan pembayaran rata-rata iklan YouTube. Rata-rata pembayaran iklan YouTube diperkirakan 3,29 poundsterling per 1.000 views.

Atta Halilintar memulai kariernya di industri hiburan Indonesia berawal dengan orang tua dan 10 adiknya yang dinamakan Gen Halilintar. Atta dan keluarganya menerbitkan buku-buku tentang perjalanan mereka di seluruh dunia, membuat video YouTube, hingga menciptakan lagu.

Pria yang akrab dengan jargon “Ashiap” ini merupakan salah satu YouTuber terpopuler di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Atta memulai channel YouTube-nya pada 26 Januari 2014 dan kini sudah memiliki 580 video dengan total subscribers 18,5 juta, serta 1,6 miliar viewers.

Mungkin, hampir semua kreator konten YouTube di Indonesia ingin memiliki jumlah subscriber (pelanggan) yang banyak, seperti YouTuber Atta Halilitar dan Ria Ricis. Kedua YouTuber itu saat ini telah memecahkan rekor jumlah subscriber terbanyak di Indonesia dan bahkan di Asia Tenggara. Subscriber Ria telah mencapai lebih dari 10 juta, sementara Atta punya 11 juta lebih subscriber.

Atas prestasinya itu, mereka diganjar penghargaan Diamond Award dari YouTube sebagai kreator konten independen yang mampu melewati 10 juta subscriber untuk channel-nya. Penasaran apa yang dilakukan mereka berdua untuk mencapai posisinya saat ini? Beruntung bagi kamu yang tengah merintis karier jadi YouTuber, Ria dan Atta mau berbagi tipsnya.

Bagi Atta, ada tiga hal utama yang pegang olehnya dalam untuk menciptakan konten video di YouTube, sehingga bisa mendapatkan penonton dan subscriber yang banyak, yaitu karakter, konsistensi, dan menghibur.

“Aku lihat karakter yang kuat. Kalau dia enggak jadi diri sendiri dan konten enggak cocok dengan karakter dia, maka menurut aku enggak akan menambah subscriber. “YouTube ini beda, bukan TV, jadi beda. Terus upload setiap hari itu penting, ketika orang lain enggak upload akan menjadi kesempatan dan kunci.”