Monday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ini DIa Wajah Baru Dari Sang Koruptor Setya Novanto

Ini DIa Wajah Baru Dari Sang Koruptor Setya Novanto

Penampilan mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) kini berbeda. Terpidana kasus korupsi e-KTP itu tampak memiliki berewok. Wajah baru Setnov itu muncul ke publik saat ia bersaksi dalam persidangan kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. Yang mana dengan terdakwa mantan Direktur Utama PT PLN, Sofyan Basir, di Pengadilan Tipikor Jakarta, hari Senin (12/8).

Berbalut kemeja hitam biru dan celana hitam, Setnov memilih langsung masuk ke ruang sidang seraya menebar senyum ke arah wartawan. “Iya, he..he,” kata Setnov ketika disinggung penampilan barunya. “[Kabar] sehat,” sambungnya menjawab pertanyaan wartawan.

Saat ini, Setnov sedang menjalani masa hukuman 15 tahun penjara di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Eks Ketua Umum Golkar itu sempat dipindah ke Rutan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, karena kembali membuat gaduh: terpergok sedang pelesir di tengah izin berobat.

Setnov berpelesir ke toko bangunan di Padalarang, Bandung Barat. Dalam foto yang beredar, Setnov terlihat mengenakan kemeja lengan pendek, memakai topi hitam dengan wajah ditutup masker. Dalam foto itu, Setnov terlihat berbincang dengan seorang perempuan berjilbab yang sedang menenteng tas merah. Saat itu, penampilan Setnov masih seperti biasa, belum memiliki janggut atau berewok.

Sekitar sebulan lamanya terpidana kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto (Setnov), mendekam di Rutan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ia dipindah sementara dari Lapas Sukamiskin karena tepergok pelesiran ke toko bangunan di tengah izin berobat. Setnov sedikit menceritakan pengalamannya berada di rutan yang sebagian besar penghuninya ialah napi teroris.

“Ya kalau di Gunung Sindur itu ya saya bersyukur bisa satu bulan penuh, saya hanya satu jam saja itu (diberi waktu keluar sel). Istilahnya di hari ke-11, saya bisa angin-angin, hanya satu jam,” kata Setnov saat ditemui usai bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (12/8).

Mantan Ketum Golkar itu pun mengaku banyak mempelajari soal agama di sana. Khususnya dalam hal membaca Al-Quran. “Saya bersyukur yang tadinya saya baca Al-Quran terbata-bata, akhirnya di sana bisa khatam. Habis khatam (mulai lagi) bisa mencapai 16 juz, bersyukur,” kata Setnov.

Saat di Rutan Gunung Sindur, Setnov turut mengubah penampilannya. Setnov kini memiliki jenggot dan berewok yang menurutnya tumbuh selama menghuni rutan. “Sebagai kenang-kenangan,” kata Setnov sembari tertawa. Saat ini, Setnov sedang menjalani masa hukuman 15 tahun penjara di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Ia dihukum karena terbukti korupsi proyek e-KTP.