Monday, September 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ini Dia Tanda-tanda Kehamilan Yang Sering Tidak Wanita Sadari

Ini Dia Tanda-tanda Kehamilan Yang Sering Tidak Wanita Sadari

Biasanya kehamilan baru disadari ketika haid sudah telat atau muncul mual dan sakit kepala. Pada saat tersebut, kandungan bisa saja sudah berumur empat minggu. Sejak awal kehamilan, tubuh sebenarnya memunculkan ‘alarm’, tapi sering tak disadari. Sebagian besar mereka yang hamil menganggapnya hanya keluhan flu ringan.

Agar lebih peka pada perubahan tubuh, terutama jika menanti kehamilan, perhatikan tanda-tanda berikut. Jika mengalaminya, bisa jadi sedang berbadan dua.

  1. Mimisan

Banyak ibu mengalami mimisan selama kehamilan. Ini adalah efek dari peningkatan hormon, yaitu melebarkan pembuluh darah di hidung yang dapat meningkatkan risiko mimisan. Gusi berdarah adalah efek samping yang serupa. Jadi, jangan kaget ya.

  1. Makanan terasa seperti besi

Juga dikenal sebagai dysgeusia, perubahan sensorik ini muncul di trimester pertama dan bakal hilang dengan sendirinya. Perubahan hormon akan membuat kondisi sensorik jadi lebih sensitif dan membuat tak nafsu makan.

  1. Buang air kecil di pagi hari sangat sering

Tidak bisa melewati pagi tanpa perlu buang air kecil? Ini bisa menjadi pertanda hamil. Rahim akan membesar dan memberi tekanan pada kandung kemih. Lama kelamaan, akan muncul keinginan buang air kecil lebih sering.

  1. Area sekitar puting jadi lebih hitam

Selama kehamilan, areola atau bagian hitam di sekitar puting akan lebih hitam. Hal ini karena hormon. Begitu juga ukurannya akan semakin besar dan melebar. Fluktuasi hormon di awal kehamilan pun bisa membuat payudara terasa lebih besar, padat dan kencang serta sensitif. Warna kulit puting payudara bahkan lebih gelap dari biasanya dan menonjol.

  1. Lendir hidung lebih banyak dari biasanya

Saat bangun, hidung terasa banyak lendir dari biasanya. Produksi lendir memang bakal meningkat karena tubuh seperti membuat pertahanan yang lebih berlapis untuk menjaga kehamilan.

  1. Pusing dan cepat lelah

Tanpa sebab yang jelas, kamu jadi gampang capek dan pusing. Seakan kamu mengalami anemia. Ini diakibatkan hormon progesteron dan perubahan aliran darah sehingga juga mempengaruhi metabolisme.

  1. Mual dan muntah

Ini adalah gejala paling umum di tiga bulan awal kehamilan. Adanya peningkatan pada hormon hCG di minggu ke-6 hingga ke-14 ini akan membuat wanita agak kewalahan. Morning sickness ini akan membaik setelah minggu ke-22.