Thursday, July 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ini Dia Makanan Yang Cukup Baik Untuk Paru-paru Anda

Ini Dia Makanan Yang Cukup Baik Untuk Paru-paru Anda

Hari ini, Jakarta mendapat peringkat sebagai kota dengan polusi terburuk di dunia. Menurut data dari situs penyedia peta polusi daring harian kota-kota besar di dunia –AirVisual– pada Selasa (25/6) pagi, nilai air quality index (AQI) Jakarta adalah 240.

Mengutip dari kumparanSAINS, nilai 240 tersebut menunjukkan bahwa kondisi udara di ibu kota sudah sangat tidak sehat (very unhealthy). Kondisi udara yang buruk ini bahkan dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat.

Untuk mencegah dampak buruk dari polusi, penggunaan masker saat berkegiatan di luar rumah sangat dianjurkan. Selain itu, ada juga beberapa jenis makanan yang bisa membersihkan paru-paru dari residu zat beracun akibat polusi. Apa saja? Berikut telah kumparan rangkum 7 makanan dan minuman yang bisa menyehatkan paru-paru, di antaranya:

  1. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang bisa membantu mengurangi inflamasi dalam paru-paru. Komponen ini bahkan bisa melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya yang disebabkan oleh polusi dan asap.

Sebuah studi pada tahun 2017 yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition menyebutkan, orang-orang yang mengkonsumsi setidaknya dua cangkir teh hijau per hari punya paru-paru yang lebih sehat dan berfungsi secara maksimal.

  1. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini menjadi salah satu makanan yang disarankan oleh pakar kesehatan dan nutrisionis karena kemampuannya melawan efek buruk polusi. Brokoli mengandung sulforafana yang berfungsi sebagai anti karsinogen.

Komponen tersebut membantu mengurangi kadar karsinogen berlebih melalui sistem pencernaan. Tak hanya itu, kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat meningkatkan imunitas tubuh. Brokoli juga kaya akan beta karoten dan antioksidan.

  1. Bayam

Mengandung beta karoten, lutein dan klorofil yang bisa meningkatkan sistem imun. Menurut Dr. Rupali Datta, nutrionis dari Delhi, klorofil pada bayam mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi sebagai antikanker, terutama bagi paru-paru.

Bukan itu saja, kadar magnesium yang tinggi pada bayam juga bisa membersihkan dan menenangkan paru-paru yang tegang karena menghirup kabut. Lebih lanjut, bayam bisa membantu artikulasi udara pada paru-paru.

  1. Kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang berperan sebagai komponen anti inflamasi. Curcumin tersebut bisa melindungi paru-paru dari efek beracun akibat polusi. Selain itu, kunyit juga bisa menghilangkan racun pada organ hati dan menjaganya tetap sehat.

  1. Jahe

Selain berfungsi sebagai anti inflamasi, jahe juga bisa membantu membersihkan racun dan polutan pada paru-paru. Jahe membantu meredakan hidung tersumbat, melancarkan saluran udara dan meningkatkan sirkulasi ke paru-paru. Dengan demikian, kesehatan paru-paru akan tetap terjaga.

  1. Bawang putih

Kaya akan manfaat, bumbu dapur berikut juga bisa membantu menyehatkan paru-paru, lho. Kandungan flavonoid dalam bawang putih akan menstimulasi produksi glutathion. Komponen glutathion tersebut akan meningkatkan eliminasi racun dan karsinogen, sehingga membantu paru-paru berfungsi lebih baik.

  1. Flaxseed

Flaxseed mengandung asam lemak omega-3 yang bisa melindungi sistem kardiovaskular. Omega-3 dalam biji-bijian ini juga bisa mengurangi dampak buruk yang disebabkan oleh kabut. Selain itu, terdapat pula kandungan phytoestrogen yang kaya akan antioksidan.

Fungsi antioksidan antara lain dapat mengurangi gejala asma dan reaksi alergi pada paru-paru. Tambahkan flaxseed ke dalam sajian salad, smoothie, atau cukup memanggangnya sebagai camilan sehat.