Saturday, December 14Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ini Dia Makanan-makanan Lezat Yang Ada Di Makassar

Ini DIa Makanan-makanan Lezat Yang Ada Di Makassar

Kota Makassar yang merupakan Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan ini sering disebut-sebut sebagai salah satu surganya para pecinta kuliner di Indonesia. Sebab, selain bahan baku makanannya yang melimpah, kota terbesar keempat di Indonesia ini juga memiliki banyak ragam kuliner menarik dengan kelezatan yang tak perlu diragukan lagi.

Dari sekian banyaknya jenis outlet makanan ternama yang mewarnai ragam kuliner di kota Makassar, kita dapat menemukan beberapa warung atau rumah makan berlokasi di tempat yang cukup jarang diketahui orang-orang, namun soal rasa dan kualitasnya tak kalah dengan para pedagang kuliner yang tersohor di kota ini.

MakassarLapar kali ini akan menceritakan tentang 5 lokasi kuliner di mana kita bisa menyantap menu harta tersembunyi atau hidden treasure yang wajib kalian ketahui ketika berada di kota ini.

  1. Ikan Marlin Asap yang Berlokasi Cukup Jauh dari Pusat Kota (Rumah Makan Ramanda).

Menu pamungkas di Rumah Makan Ramanda adalah Ikan Marlin Asap. Untuk menikmati kuliner yang sangat lezat ini, kita harus menempuh jarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat kota. Belum banyak warga Makassar yang mengetahui keberadaan rumah makan ini, sebab jaraknya yang begitu jauh dan terletak di pinggiran kota Makassar.

Meskipun begitu, semua akan terbayarkan dengan potongan daging Ikan Marlin Asap yang empuk dan nikmat.

Ikan Marlin Asap tersebut disajikan bersama 3 macam jenis sambal klasik, yaitu sambal kacang dengan rasa manis-gurih-pedas, sambal dabu-dabu yang segar, serta sambal mangga lengkap dengan sayur bening atau sayur santannya. Selain itu, kita juga dapat mencoba aneka hidangan laut lainnya di tempat ini. Jangan khawatir soal kualitasnya, karena segala jenis seafood yang disajikan oleh Rumah Makan Ramanda terjamin kesegarannya karena langsung diangkut oleh nelayan dari perairan laut setempat, langsung diasapi tanpa dimasukkan ke freezer terlebih dahulu.

  1. Pangsit Mie Ujung Pandang Tak Bernama (Mie Pangsit Ayam).

Meskipun terletak di lokasi yang cukup ramai orang berlalu-lalang, namun tidak terdapat papan toko yang eye-catching dari warung ini, sehingga tidak banyak orang yang mengetahui harta tersembunyi di sini. Selain itu, hingga saat ini warung Pangsit Mie yang terletak di Jalan Andi Mangerangi, Makassar ini juga belum menetapkan nama dan hanya meletakkan tulisan “Mie Pangsit Ayam” di depan warungnya.

Dari tampilan hidangannya, mungkin terlihat biasa saja. Namun rasanya sangat nikmat. Tekstur mi-nya kenyal dan lembut, disajikan dengan taburan ayam suwir rebus, pangsit goreng, serta semangkuk kuah kaldu yang segar.

Tidak mengherankan jika warung ini ramai pengunjung setiap harinya. Bagi yang telah mengetahui kenikmatan Pangsit Mie di sini, mungkin akan memutuskan untuk jadi pelanggan tetap. Pangsit Mie Ujung Pandang yang satu ini dijamin halal karena tidak menggunakan pork sama sekali.

  1. Nasi Goreng Pete Lezat di Balik Tampilan Warung yang Sederhana (Kios Mie Gee-Chang).

Karena tampilan warungnya yang sangat sederhana dan tidak begitu menarik, banyak orang yang tidak memperhatikan dan enggan mencoba menu-menu Chinese food di tempat ini. Namun siapa yang sangka, ternyata di warung ini kita bisa menemukan menu Nasi Goreng Pete yang sangat enak.

Nama tempatnya adalah Kios Mie Gee-Chang, berlokasi di jalan raya Cenderawasih. Rasa Nasi Goreng Pete di warung ini sangat gurih dan dijamin bikin lidah ketagihan dengan rasa serta aroma yang berbeda dengan yang lain. Selain pete, pada isian nasi gorengnya juga terdapat potongan daging ayam, gorengan khek, cumi-cumi, udang, rollade, acar timun, dan telur dadar goreng mekar.

Hanya ada tersedia 3 meja di warung ini sehingga pada saat-saat waktu pengunjung sedang ramai kita harus berdiri menunggu pengunjung lain selesai makan. Adapun menu Chinese food halal lain yang ditawarkan yaitu Mie Kering Makassar, Mie Goreng Hokkian, Nasi Goreng Merah, Kwetiau, Bihun, dan sebagainya.

  1. Semangkuk Bakso dan Nyuknyang Kotak di Dalam Lorong (Bakso Gala).

Bisa dibilang, Bakso Gala merupakan salah satu warung bakso tertua di Kota Makassar. Karena menurut warga sekitar, warung bakso ini sudah didirikan sejak sekitar tahun 1962 oleh almarhum Muhammad Gala. Yang spesial di sini adalah Nyuknyang Kotak-nya yang lezat.

Nyuknyang merupakan jenis bakso khas Makassar dengan tekstur yang terlihat kasar namun kenyal dan lembut di lidah. Ketika menyeruput kuahnya, akan terasa kaldu sapi yang gurih tercampur dengan sedikit rasa asam yang segar.

Tak ada sesuatu yang spesial dari penampakan luar warung Bakso Gala, selain tak ada penanda khusus yang menunjukkan bahwa di tempat ini adalah sebuah warung, letaknya pun berada di dalam lorong jalanan. Itulah sebabnya bagi orang-orang yang belum familiar akan cukup sulit untuk menemukan tempat ini.

Kini Warung Bakso Gala diwariskan dan dikelola oleh anak almarhum Muhammad Gala, namun sayangnya tempat ini mungkin akan selalu menjadi harta tersembunyi karena pihak pemilik warung belum memiliki rencana untuk mengembangkan warungnya.

  1. Kapurung Segar yang Bersembunyi di Antara Menu Masakan Rumahan (Warung Masakan Rumahan Jalan Mawas).

Kapurung merupakan hidangan yang terbuat dari sagu yang dibentuk bulat-bulat menyerupai bakso dan dicampur dengan kuah kacang, beberapa jenis sayuran, udang, dan bahan-bahan lainnya. Jika biasanya kita hanya menemukan hidangan Kapurung di warung-warung makan yang menjual hidangan khas Luwu atau Palopo, namun ada salah satu hidangan Kapurung dengan rasa nikmat yang bersembunyi di antara menu-menu masakan rumahan.

Belum banyak yang mengetahui hal tersebut, sebab warung makan ini pun tak memiliki penanda yang jelas mengenai menu-menu yang ditawarkan. Letaknya juga berada di teras rumah pemilik warung.

Pada siang hari, tempat ini akan sangat ramai dipenuhi oleh warga yang sedang bersantap siang dengan menu masakan rumahan. Tak disangka pula meskipun Kapurung bukanlah menu utama yang ditawarkan, namun Kapurung di warung makan ini merupakan menu terlaris dan sangat diincar oleh pengunjung.