Wednesday, September 30Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ini DIa Fakta Menarik Dari Asian Para Games 2018 Di Jakarta

Ini DIa Fakta Menarik Dari Asian Para Games 2018 Di Jakarta

Meskipun perhelatan Asia Games telah lama usai namun semangat perjuangan para atlet Tanah Air sesungguhnya belumlah usai. Karena pada tanggal 8 sampai 16 Oktober 2018 ini akan ada Asian Para Games 2018 yang akan mempertandingkan 18 cabang olahraga. Ajang ini merupakan pertandingan antara atlet difabel di seluruh Asia. Namun ada beberapa hal unik yang bisa kita lihat dari fakta Asian Games seperti berikut ini.

Yang pertama adalah Indonesia menjadi Negara Asia Tenggara pertama yang mampu menggelar Asian Para games. Lalu kompetisi ini diikuti oleh 3886 atlet dari 42 negara di Asia yang akan bertanding di bulan Oktober nanti. Selanjutnya ada Maskot Asia Para Games 2018 yang terinspirasi dari Elang Bondol yang dinamakan Momo. Sepuluh kota di Indonesia akan menjadi saksi Pawai Obor Asian Para Games 2018 ini. Karena berlangsung di Jakarta pada bulan Oktober nanti maka Transjakarta dan fasilitas transportasi lainnya akan didesain khusus bagi penyandang disabilitas.

Selain itu menurut Inapgoc atau Indonesian Para Games Organizing Committee, Asian Para Games 2018 mengusung tema The Inspiring Spirit and Energy of Asia berdasarkan pada empat nilai dari Paralympic yaitu determination, courage, equality dan inspiration. Indonesia merupakan negara keempat yang menjadi tuan rumah Asian Para Games setelah sebelumnya pertama kali digelar di Guangzhou, China pada tahun 2010 lalu Incheon, Korea Selatan pada tahun 2014 setelah itu ada di Malaysia pada tahun 2017 lalu dan kali ini Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah.

Dan tahukan kalian bahwa pada pagelaran Asian Para games 2017 di Malaysia pada tahu lalu Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan perolehan medali meliputi 126 Medali Emas, 75 Medali Perak dan 50 Medali Perunggu. Asian Para Games 2018 ini dijamin tidak akan kalah seru dari kemeriahan yang dihadirkan pada Asian Games 2018 yang lalu. Inapgoc selaku panitia penyelenggara pun memastikan bahwa opening ceremony dan closing ceremony akan berjalan meriah layaknya pada Asian Games 2018 lalu di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada tanggal 6 Oktober 2018 pada pukul 19.00 WIB sampai 21.00 WIB.