Saturday, December 14Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ini Dia Buah Yang Mampu Menurunkan Kolesterol Kamu

Ini Dia Buah Yang Mampu Menurunkan Kolesterol Kamu

Idul Adha memang identik dengan aneka menu berbahan dasar daging. Baik itu daging sapi atau kambing, semuanya diolah menjadi beragam hidangan yang menggugah.

Meski lezat namun sayangnya olahan daging merah ini justru bisa menjadi penyebab meningkatnya kolesterol. Nah, salah satu cara mudah untuk menetralisir olahan daging adalah dengan mengonsumsi buah-buahan.

Selain memberikan sensasi segar dan nikmat, kabarnya jenis buah tertentu juga bisa membantu mengurangi kadar lemak dan kolesterol dalam darah. Buah apa yang dimaksud? Berikut kumparan rangkum untuk kamu.

  1. Nanas

Berbicara soal nanas, pasti langsung terbayang dengan rasanya yang manis-asam nan menyegarkan. Salah satu buah tropis ini memang paling pas disajikan untuk mendinginkan tenggorokan di tengah cuaca panas menyengat.

Nanas kaya akan vitamin C, mineral, dan bromelain yang dipercaya bisa meningkatkan kesehatan serta memperkecil risiko penyakit kronis. Menurut data yang dirilis Nutrition Data, satu buah nanas mengandung 78,9 gram vitamin C. Kandungan vitamin C itu kabarnya, menjadi pilihan yang tepat untuk melancarkan pencernaan setelah banyak mengonsumsi daging. Kamu bisa mengolah nanas menjadi jus hingga smoothies.

  1. Kiwi

Selanjutnya ada kiwi. Buah hijau cerah ini juga kaya akan vitamin A, C, cairan, serat, dan mineral yang mampu melancarkan pencernaan serta memberikan asupan gizi yang baik untuk tubuh. Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan Massey University, New Zealand, kiwi mengandung enzim bernama actinidin yang berfungsi mempercepat pemecahan protein sehingga lebih mudah diserap tubuh.

  1. Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemui di pasaran. Buah yang berkulit merah merona ini ternyata menjadi penetralisir terbaik setelah mengonsumsi daging. Hal ini karena, kandungan seratnya yang cukup tinggi. Kabarnya, jika kamu makan satu buah apel dengan kulitnya, maka kamu telah menyerap serat sebanyak 4,4 gram.

  1. Jambu

Baik itu jambu air atau jambu biji, mengandung serat, vitamin A, dan C yang sangat tinggi. Kabarnya, kombinasi vitamin dan mineral itu bisa mengurangi kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh. Jika kamu mengonsumsi buah jambu, kami sarankan untuk makan kulitnya juga agar manfaatnya semakin efektif.

  1. Jeruk

Jeruk adalah pilihan buah yang tepat dikonsumsi setelah makan daging. Selain menyegarkan, buah ini juga mengandung manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Kabarnya, kandungan vitamin C dalam jeruk bisa menyerap zat besi pada daging. Selain itu, jeruk juga kaya serat sehingga bisa mengurangi kadar lemak, dan melancarkan pencernaan. Selain jeruk, kamu juga bisa mengonsumsi jenis buah sitrus lain; seperti lemon, nipis, hingga jeruk bali.