Wednesday, April 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ini Dia Bocah Yang Lempar Telur Ke Senator Rasis Australia

Ini Dia Bocah Yang Lempar Telur Ke Senator Rasis Australia

Insiden seorang remaja memecahkan telur di kepala Senator Australia, Fraser Anning, Sabtu (16/3/2019), menjadi satu peristiwa yang menyita perhatian dunia. Fraser Anning, merupakan politisi Australia yang baru saja mengeluarkan komentar kontroversial, yakni menyalahkan umat muslim atas terjadinya peristiwa penembakan di dua masjid Selandia Baru.

Nah, remaja yang memecahkan telur di kepala Fraser Anning itu ternyata bernama Will Connolly. Seketika, Will Connolly menjadi pahlawan di media sosial. Lewat tagar eggboy, netizen dari berbagai belahan negara dunia, memuji Will Connolly sebagai pahlawan. Aksi Will Connolly memang tergolong nekat dan berani.

Fraser Anning merupakan seorang politisi sayap kanan Australia. Terlebih, Will Connolly hanyalah remaja kurus berusia 17 tahun. Tapi, dia tak takut melakukan aksi itu. Netizen juga mengutuk para pendukung Fraser Anning yang mencekik Will Connolly di lantai.

eggboy

Rata-rata mereka orang dewasa berbadan tegap. Will Connolly dikabarkan nyaris pingsan akibat cekikan itu. Beruntung, para jurnalis yang ada di tempat itu, memaksa para pendukung Fraser Anning untuk melepas cengkeraman mereka dari Will Connolly. Connolly sendiri tak mengalami luka serius.

Dia sempat pula dibawa oleh polisi untuk penyelidikan lebih lanjut lagi. Tapi, Will Connolly pada akhirnya dibebaskan tanpa tuntutan apapun. Menariknya, sejumlah netizen sempat membuat gerakan donasi terbuka, yang akan digunakan menyewa pengacara untuk Will Connolly. Seorang netizen, bahkan juga menawarkan bantuan pengacara tanpa bayaran untuk Connolly, bila ia terjerat masalah hukum.

Will Connoly sendiri setelah insiden itu, dengan santai melanjutkan kembali kehidupannya. Dia tak terlihat trauma sedikit pun. Malah, dengan nada bercanda, dia malah membuat pesan lewat vlog singkatnya. “Jangan melempar telur ke kepala politisi, atau anda akan dicekik oleh 30 bogan sebagai akibatnya,” ujar Will Connolly.

Bogan, adalah bahasa lokal Australia, untuk menyebut ‘sampah masyarakat’. Siapa Will Connolly? Will Connolly sejatinya adalah hanya seorang remaja biasa saja yang suka bersenang-senang. Beberapa menyebut dia berusia 17 tahun, tapi ada juga yang menyebut Will Connolly berusia 16 tahun. Postingan Instagramnya pun menunjukkan foto-foto ketika dia bersenang-senang bersama teman-temannya.

Beberapa juga bahkan menampilkan foto ketika dia menghadiri pesta bersama teman-temannya. Dari akun Facebook-nya itu, Will Connolly ternyata berasal dari sekolah Brighton Secondary College, Victoria, Australia. Dari akun Instagramnya, terlihat pula Will Connolly adalah remaja yang gemar olahraga, terutama bermain sepak bola dan juga ikut klub renang.

fraser vs eggboi

Sebelumnya diberitakan, Seorang senator Australia yang menjadi sorotan karena ucapan kontroversial terkait penembakan di masjid Selandia Baru mendapat insiden memalukan. Dilansir oleh ABC News hari Sabtu (16/3/2019), Senator Fraser Anning awalnya tengah berbicara kepada awak media selepas pertemuan politik di Moorabbin, tenggara Melbourne.

Rekaman kejadian itu menunjukkan seorang bocah yang awalnya berdiri di belakangnya sembari mengambil ponsel dan mengarahkannya ke arah Anning. Sedetik kemudian, dia tiba-tiba saja sudah menggenggam telur yang berada di tangan kanannya, dan langsung melemparkannya ke kepala Anning.

Tak pelak senator yang berasal dari Queensland itu langsung melayangkan dua pukulan, dengan salah satunya mengenai wajah bocah yang tak disebutkan identitasnya itu. Seorang staf Anning pun kemudian memisahkan si senator dari bocah tersebut. Dengan beberapa pendukungnya memiting dan menjatuhkannya.

Juru bicara Kepolisian Victoria juga menuturkan kalau remaja yang diidentifikasi berusia 17 tahun dan berasal dari Hampton. Remaja itu ditangkap tak lama setelah ia dilepaskan. Aksi remaja itu menuai kekaguman netizen, dengan ada yang membuka keran donasi supaya untuk membantunya memperoleh uang guna menghadapi proses hukum.

Insiden memalukan itu terjadi tepatnya sehari setelah senator itu berkomentar atas tragedi penembakan di Masjid Al Noor dan Linwood. Senator berusia 69 tahun itu mendapat kecaman dunia setelah menyalahkan Muslim atas penembakan yang merenggut nyawa 50 jemaah tersebut. Dia mengklaim imigrasi yang dilakukan Muslim menyulut kepada aksi itu.

“Meski Muslim adalah korban hari ini, namun biasanya mereka adalah pelaku,” tuturnya kala itu. Perdana Menteri Australia Scott Morrison pun menyatakan Koalisi dan Partai Buruh bakal mengajukan mosi selepas parlemen berkumpul pada April nanti. Morrison dengan tegas mengatakan dia sangat ingin mengecam Anning atas pernyataannya yang menyerang kepercayaan Islam melalui mosi itu.

Dia menuturkan seharusnya Anning malu dengan ucapannya itu. “Komentarnya sangat menjijikkan. Seharusnya dia ditempatkan di urutan terbawah dalam setiap pemilu,” katanya.