Tuesday, September 29Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ini Dia Berbagai Bangunan Nan Memukau Karya Ridwan Kamil

Ini Dia Berbagai Bangunan Nan Memukau Karya Ridwan Kamil

Beberapa waktu lalu salah satu masjid yang dirancang dan didesain oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yaitu Masjid Al Safar sempat menimbulkan polemik. Hal ini dikarenakan, banyaknya bentuk segitiga yang ada di dalam bangunan masjid yang identik dengan iluminati. Mantan Wali Kota Jawa Barat itu pun membantahnya, pria yang akrab disapa Kang Emil itu menegaskan bentuk masjid yang viral itu bukan segitiga, melainkan trapesium.

Selain Masjid Al Safar, ternyata Ridwan Kamil pernah merancang dan mendesain beberapa bangunan lain yang ada di Indonesia bahkan di luar negeri. Hal ini tak mengherankan, sebab orang nomor satu di Jawa Barat ini juga dikenal sebagai salah satu arsitek Indonesia yang sudah berpengalaman mendesain berbagai bangunan yang terkenal unik dan indah.

Lantas, di mana sajakah bangunan rancangan Ridwan Kamil yang memukau? Mengutip dari berbagai sumber, yuk simak ulasan berikut.

  1. Masjid Al Irsyad

Masjid Al Irsyad merupakan salah satu masjid yang bangunannya didesain langsung oleh Ridwan Kamil. Terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, masjid yang selesai dibangun pada 2010 ini memiliki bentuk yang sangat artistik, yakni berbentuk kubus besar dengan garis-garis hitam di bagian dinding luarnya.

Mengenai bentuk masjid yang seperti kubus besar, Emil mengaku terinspirasi bentuk Kabah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. Tak hanya bagian luarnya saja yang tampak artistik, desain interiornya pun tak kalah mengagumkan.

Arah kiblat Masjid Al Irsyad diciptakan dengan konsep terbuka dan menghadap langsung ke lanskap pemandangan alam. Berkat desain Masjid Al Irsyad, Ridwan Kamil mendapatkan penghargaan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Awards tahun 2018. Sebelum mendapat IAI Award 2018, Masjid Al lrsyad terpilih sebagai salah satu dari lima bangunan yang masuk kategori Building of The Year 2010 dari National Frame Building Association.

Untuk kapasitasnya, masjid seluas 8 ribu meter persegi dengan luas bangunan 970 meter persegi ini dapat menampung hingga 1.500 jemaah.

  1. Rumah Botol

Rumah mantan Wali Kota Bandung yang terletak di Jalan Cigadung, Bandung ini merupakan salah satu contoh bangunan ramah lingkungan. Dinamakan Rumah Botol, rumah ini juga hasil mahakarya Kang Emil. Rumah ini terbuat dari sekitar 30 ribu botol kaca yang telah dikumpulkannya selama sekitar dua tahun.

Botol-botol ini diterapkan pada bagian eksterior dan interior bangunan rumah tersebut. Ribuan botol bekas berwarna cokelat ini dipadukan dengan material kayu sehingga memiliki tema serupa.

  1. Museum Tsunami Aceh

Museum ini dirancang sebagai monumen untuk mengenang para korban dari peristiwa tsunami Aceh di tahun 2004 silam. Bangunan seluas 2500 meter persegi yang terdiri dari 4 lantai serta dinding lengkungannya dihiasi relief geometris.

Museum yang dibuka pada tahun 2009 ini dibangun untuk mengenang para korban bencana tsunami. Karena dibangun untuk mengenang peristiwa tsunami Aceh, di dinding ruangan terdalam bangunan ini terdapat nama-nama korban tsunami.

Pengunjung juga dapat melihat dan mempelajari simulasi peristiwa gempa bumi dan tsunami Aceh serta berbagai foto-foto, diorama, dan berbagai kisah korban yang menggambarkan betapa mengerikannya peristiwa tersebut. Museum ini juga didirikan sebagai simbol kekuatan masyarakat Aceh dalam menghadapi bencana tsunami.

  1. Masjid Merapi

Selain beberapa bangunan di atas, Ridwan Kamil juga dikenal sering terlibat dalam proses pembangunan beberapa masjid. Salah satunya Masjid Merapi yang terletak di Dusun Kopeng Desa Kepuhardjo di lereng selatan Merapi. Masjid Merapi merupakan salah satu proyek corporate social responsibility (CSR) Baitul Maal Muamalat. Masjid yang selesai dibangun pada tahun 2011 ini memiliki arsitektur yang memukau.

Menariknya lagi, bangunan masjid dibangun dari susunan batako yang ternyata salah satu bahannya merupakan abu letusan Gunung Merapi.

  1. Marina Bay Sands

Bagi kamu yang pernah berkunjung ke Singapura tentunya tidak asing dengan Marina Bay. Salah satu bangunan hotel unik di puncaknya terdapat bangunan menyerupai kapal pesiar. Kita pun sudah sepatutnya untuk bangga, karena salah satu ikon dan bangunan terpopuler di Singapura itu ada campur tangan orang Indonesia yang di dalamnya.

Kang Emil mengaku bahwa selama di Singapura, dia sempat terlibat proyek besar, salah satunya adalah Marina Bay Waterfront Master Plan, yang kini dikenal sebagai Marina Bay Sands.