Wednesday, October 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ini Dia Beberapa Smartphone Yang Punya Baterai Awet

Ini Dia Beberapa Smartphone Yang Punya Baterai Awet

Saat ini, smartphone sudah semakin canggih dan hadir dengan fitur-fitur terkini. Mulai dari munculnya smartphone lipat, sensor sidik jari di layar, kamera pop-up, hingga dukung jaringan internet mobile 5G. Tapi, ada satu fitur yang menjadi faktor utama dan perhatian penting saat seseorang membeli smartphone, yaitu baterai.

Selain kamera, memori RAM atau ROM, dan lain-lainnya, baterai menjadi hal penting untuk diperhatikan. Saat ini sudah banyak smartphone yang hadir dengan beragam kapasitas baterai. Tapi, apakah itu sudah yang terbaik?

Kebutuhan baterai smartphone kini sudah bertambah, seiring kemajuan teknologi dan fitur-fitur yang dihadirkan. Beda dengan disaat zaman feature phone yang memiliki daya tahan baterai lama, karena kebutuhannya hanya seputar telepon dan kirim SMS.

Setiap pengguna pasti menginginkan daya tahan baterai yang terbaik atau lama dan mampu menjalankan fitur-fitur terkini untuk kebutuhan saat ini, mulai dari main game, media sosial, foto, rekam video atau lainnya.

CNET membuat daftar smartphone dengan daya tahan baterai terbaik sampai paruh tahun 2019 ini. Daftar ini dibuat melalui pengujian secara independen dan urutannya disusun bukan berdasarkan tahan lama baterai.

  1. iPhone XR

iPhone menjadi salah satu smartphone yang biasanya menguras saya baterai. Tetapi, dari tiga iPhone yang dirilis pada 2018 lalu, iPhone XR dinilai memiliki kemampuan daya tahan baterai yang baik dengan kapasitas 2.942 mAh.

iPhone XR saat diuji pun mampu bertahan selama 19 jam dan 53 menit. Ponsel ini juga memiliki banyak fitur yang diinginkan pengguna, misalnya, layar besar yang nyaman, kinerja cepat, Face ID dan pengisian nirkabel, serta kamera yang sebagian besar sebagus iPhone XS.

  1. Samsung Galaxy Note 10 Plus

Smartphone terbaru Samsung Galaxy Note 10 Plus ternyata memiliki daya tahan baterai yang baik. Dalam pengujian CNET, Galaxy Note 10 Plus memiliki ketahanan mencapai waktu 21 jam dengan kapasitas 4.300 mAh. Galaxy Note 10 Plus memiliki daya yang cukup untuk menjalankan berbagai fitur di dalamnya, mulai dari layar yang besar 6,8 inci, kamera, dan lainnya.

  1. Motorola G7 Power

Motorola G7 Power memang tidak memiliki kamera belakang ganda seperti andalan Motorola saat ini, Moto G7, tapi smartphone ini memiliki baterai monster. Kapasitas baterainya itu 5.000 mAh dan saat diuji mampu bertahan selama 23 jam 10 menit. Sehingga menjadikannya ponsel terlama yang pernah diuji sejauh ini.

  1. Samsung Galaxy S10 Plus

Samsung Galaxy S10 Plus memiliki fitur yang bisa menguras daya tahan baterai, dari layar AMOLED yang nyaman dilihat oleh mata, empat kamera yang menarik, dan opsi untuk mengisi daya perangkat lain secara nirkabel. Setelah diuji, daya tahan baterainya pun mencapai 21 jam dengan kapasitas 4.100 mAh. Untuk varian Galaxy S10 lainnya mampu bertahan 18 jam.

  1. LG V50 ThinQ

LG memang telah lama tidak mengeluarkan smartphone-nya di Indonesia. Tetapi secara global, LG masih rajin mengeluarkan smartphone terbaru yang memiliki daya tahan terbaik. LG V50 ThinQ, misalnya yang saat diuji memang memiliki daya tahan hingga 17 jam dan 49 menit dengan kapasitas baterainya 4.000 mAh.

  1. Huawei P30 Pro

Huawei juga memiliki smartphone fenomenal yang dibicarakan tahun ini. Dia adalah Huawei P30 Pro yang memiliki kemampuan kamera bisa 50x zoom. Selain itu, ia ternyata juga memiliki daya tahan baterai yang baik dengan kapasitas 4.200 mAh. Saat diuji Huawei P30 Pro mampu bertahan selama 22 jam dan 57 menit. Sementara varian lainya yaitu Huawei P30, juga memiliki daya tahan baterai yang hebat, yakni 21 jam dan 31 menit.

  1. Samsung Galaxy Note 9

Meski sudah satu tahun dirilis, Samsung Galaxy Note 9 masih merupakan ponsel yang direkomendasikan. Ini berkat kemampuan baterainya yang mumpuni. Kapasitas baterainya 4.000 mAh saat diuji mampu bertahan 19 jam 20 menit. Fitur andalannya memiliki layar besar, kamera ganda yang cukup baik dan penyimpanan internal besar hingga 1 TB.