Wednesday, September 26Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ingin Dapatkan Kulit Halus dan Cerah? Waspadai Bahaya Penggunaan Scrub Wajah

Pernah mendengar mengenai scrub wajah? Scrub memang sudah bukan hal yang aneh lagi untuk para wanita. Bahkan juga untuk para pria yang memperdulikan kecantikan dan kesehatan kulit mereka. Secara garis besar, scrub memang bekerja untuk mengangkat kulit mati yang menyebabkan wajah terlihat kusam dan juga tidak bersinar. Setelah kulit mati hilang, sel kulit baru pun dirangsang untuk tumbuh. Regenerasi kulit inilah yang nantinya menjadikan wajah terlihat lebih halus dan juga lembut.

Ada beberapa jenis scrub berbeda tergantung dari bahan hingga cara pengelupasan kulit. Ada scrub yang berupa butiran halus, yang terbuat dari gula, garam, hingga kulit kenari. Partikel kecil dari bahan tersebut akan membantu proses ekfoliasi atau pengelupasan kulit mati pada wajah. Selain itu ada juga scrub yang bekerja secara kimiawi bersifat asam, seperti asam glikolat dan salisilat. Biasanya ini digunakan untuk di salon kecantikan. Meskipun sudah ada beberapa produk kecantikan yang menggunakan metode yang sama.

Baca juga: Langkah-Langkah Mencegah Terjadinya Menopause Dini pada Wanita

Jenis scrub terakhir yang mengelupas kulit mati secara mekanik. Ini biasanya menggunakan sikat wajah khusus yang nantinya menghilangkan kulit mati pada permukana kulit dengan cara gesekan.

Waspadai Bahaya Penggunaan Scrub Wajah

Meski terdengar sangat fungsional, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menjadi scrub wajah berbahaya. Bukannya kulit halus dan juga lembut yang didapat. Namun justru kulit yang teriritasi.

Disadur dari Dailymail, Senin (9/4/2018), pemilik kulit jenis normal dan sensitif sebaiknya berhati-hati ketika menggunakan scrub wajah. Ini karena sedikitnya kandungan minyak dan air di dalam lapisan kulit bisa menyebabkan infeksi. Begitupun dengan pemilik kulit sensitif. Untuk kedua jenis kulit ini, scrub wajah sebaiknya hanya dilakukan satu minggu sekali dan tidak lebih dari itu.

Penggunaan scrub yang terlalu sering bisa memicu iritasi. Dimana lapisan kulit baru yang akan muncul, sudah lebih dulu harus dikikis dengan exfoliasi berikutnya. Inilah yang akhirnya menyebabkan kulit iritasi dan juga kemerahan. Serta membuat kulit terlihat lebih kasar.

Sebaiknya bila ingin melakukan scrub dilakukan hanya satu minggu sekali atau dua minggu sekali bila menggunakan exfoliasi secara kimiawi.

Related Post

Ibu Menyusui Sementara Dilarang Minum Kopi, Ini Al... Ibu menyusui apalagi untuk ASI eksklusif selama 6 bulan memang harus menjaga pola makan dengan baik, hal ini karena sangat berpengaruh pada bayi. Apap...
Kebiasaan Tidur Dekat Handphone Dapat Berakibat Tu... Kebiasaan tidur anak zaman now adalah berdekatan dengan smartphone, ponsel pintar ini bahkan bisa jadi nyawa kedua yang sangat dibutuhkan bahkan keter...
Ngiler Membuat Anda Malu, Mudah Kok Mengatasinya Ngiler adalah hal yang tidak disadari saat Anda sedang tertidur, bisa jadi karena mengalami kelelahan, terlalu kenyang sebelum tidur atau menjadi sebu...
Jerawat di Bibir, Kenali Faktor Penyebabnya! Jerawat di bibir memang sangat menjengkelkan, bahkan membuat Anda kesal serta pusing bagaimana cara mengatasinya. Selain bisa membuat rasa percaya dir...

One Comment

Comments are closed.