Saturday, July 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ingin Cepat Sembuh Pasca Operasi Ceasar? Ikuti Cara Perawatan yang Benar

Ingin Cepat Sembuh Pasca Operasi Ceasar? Ikuti Cara Perawatan yang Benar

Persalinan adalah hal yang berat untuk ibu, apalagi pertaruhan utama adalah nyawa. Bahkan jika tidak bisa dilakukan secara normal, maka akan ditempuh jalan operasi. Untuk melahirkan, biasanya dipilih operasi Caesar, dimana bayi akan dikeluarkan langsung dari perut ibu.

Ini banyak terjadi untuk kasus bayi prematur, ibu terlalu muda saat hamil bahkan bayi dengan ukuran terlalu besar. Bisa juga terjadi dalam keadaan darurat, seperti ibu sudah mengalami kelelahan atau sudah dalam kondisi tidak sadarkan diri.

Tentu saja, masa pemulihan pasca operasi Caesar jauh lebih lama, bahkan ibu rentan mengalami sakit jika tidak beristirahat dengan tepat. Operasi Caesar memang tergolong aman dan cepat masa pemulihan, namun ini juga bisa menyulitkan aktivitas dalam beberapa hari di awal paska operasi.

Pertama harus mendapatkan istirahat total yang cukup, jangan terlalu banyak gerak. Bedrest memang jadi hal utama, apalagi saat operasi Caesar juga mengeluarkan banyak darah, kondisi tidak stabil ini bisa membuat emosi semakin meledak. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain, bahkan untuk buang air juga sebaiknya meminta bantuan suami atau orang terdekat.

Baca juga: Posisi Hubungan Intim Yang Perlu Dihindari Setelah Melakukan Operasi Caesar

Jika ingin segera pulih, ada baiknya mulai bergerak. Ini bisa dilakukan setelah sehari atau dua hari pemulihan pasca operasi. Gerakkan tubuh secara pelan dan teratur, misalkan mulai berdiri, bangun dari tidur dan mulai berjalan sendiri. Jangan dipaksa, ini bisa dengan sendirinya. Jika terasa sakit, seperti nyeri hingga batuk-batuk, berhenti terlebih dahulu karena bisa berbahaya karena luka jahitan bisa terbuka.

Lebih banyak makan buah dan sayur, memang setelah melahirkan akan sangat lemas dan lemah. Pemulihan lebih cepat dengan makan berat seperti nasi atau roti, namun untuk persalinan Caesar, ada baiknya lebih banyak konsumsi sayur dan buah. Karena tubuh membutuhkan banyak nutrisi dan serat, bahkan serat, akan memudahkan untuk buang air.

Bersihkan luka jahitan dengan hati-hati, Anda tentu akan mandi setelah melahirkan. Ini menjadi hal menyenangkan, pasalnya Anda akan merasa lengket dan bau darah dimana-mana. Namun hati-hati dengan luka Caesar, jika memang ingin membersihkan gosok lembut dengan menggunakan air saja, jika merasa tidak nyaman bisa menggunakan air hangat. Apabila masih sakit, maka bersihkan di sekitar saja dengan menggunakan handuk.

Merasa sakit di area sekitar luka jahitan, Anda bisa meredakan dengan mudah. Caranya kompres dengan air hangat, ini akan meredakan luka dan membantu menenangkan dengan cepat. Jangan banyak bergerak dan berteriak, ini hanya akan memperlebar luka di bekas jahitan, bahkan bisa menimbulkan bekas nantinya.

Satu hari setelah operasi, pasti akan terasa sangat nyeri. Sebaiknya konsumsi obat anti nyeri yang diberikan dokter, namun jangan terlalu sering. Usahakan setiap terasa sangat sakit saja, karena ini akan mengurangi proses penyembuhan nantinya.

Setelah pulih kembali, ada baiknya menggunakan pakaian yang longgar dan bisa mendapatkan sirkulasi udara yang bagus. Daster menjadi pilihan tepat, ini akan mempercepat mengeringnya luka, sekaligus bisa mempermudah untuk menyusui bayi Anda. Selamat mencoba.

One Comment

Comments are closed.