Sunday, November 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Indonesia Juga Punya Laut Mati Yang Terletak Di Wilayah Ini

Indonesia Juga Punya Laut Mati Yang Terletak Di Wilayah Ini

Bila bicara soal pariwisata di Provinsi Sumatera Utara, Danau Toba mungkin jadi satu-satunya destinasi yang teringat di kepala. Namun sebenarnya, Sumatera Utara memiliki destinasi wisata lain yang tidak kalah bagus, Laut Mati Pantai Tureloto salah satunya. Pernah dengar Laut Mati Pantai Tureloto sebelumnya? Pantai ini begitu istimewa tak seperti lainnya. Mengapa? Karena meski tak mampu berenang, anda bisa mengapung di lautan tanpa takut akan tenggelam. Persis seperti di Laut Mati.

Pantai Tureloto terletak di Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara. Keunikan laut di Pantai ini seperti di Laut Mati di Yordania. Kandungan garam yang begitu tinggi membuat siapa saja yang berenang tidak akan tenggelam. Dikutip dari salah satu media, sepasang wisatawan asal Jerman yaitu Knutch dan Helga mencoba untuk mencicipi air laut dan merasakan adanya kadar garam yang sangat tinggi.

“Air laut terasa begitu hangat dari laut Baltik dan begitu sangat jauh lebih hangat dibandingkan dengan kutub utara, bahkan tidak perlu berenang karena hanya dengan mengapungkan badan saja sudah cukup, dan pasti terapung dengan sendirinya,” jelas Knutch yang menambahkan, jika berenang di lepas Pantai Tureloto begitu sangat menyenangkan. Bagaikan sedang berada di Laut Mati, mereka pun akhirnya menyewa perahu nelayan untuk bisa mengeliling batu-batu karang.

Seorang warga setempat yang juga merupakan pemilik Tureloto Park yakni Yanuarmon Gulo menjelaskan keunikan pantai Tureloto ini. “Pantai di laut ini bisa di sebut juga Laut Mati karena kadar garamnya yang sangat tinggi sekali. Di permukaan dapat melihat karang karang yang kasar. Namun di bawah laut, kita bisa menikmati terumbu karang nan indah dengan biota karang yang sangat banyak, dan saat ini telah mulai banyak terumbu karang yang terlihat mulai tumbuh,”ujarnya.

Berwisata ke Pantai Tureloto tidak selalu tentang mengapung. Anda juga bisa mencoba kegiatan seru lain seperti snorkeling. Menyelami lautan sambil menikmati keindahan pada terumbu karang yang tentu akan sangat menyenangkan. Uniknya, air laut di sini juga memiliki ombak yang tenang dan tidak membahayakan sama sekali. Jadi, para wisatawan bisa bebas mengapung berjam-jam sembari menikmati hamparan karang luas. Tapi, jangan lupa untuk menggunakan sunblock.

Selain dikaruniai dengan keunikan air laut yang kadar garamnya cukup tinggi juga panorama alam yang mengesankan, matahari tenggelam yang ada di Pantai Tureloto pun disebut sebagai yang terbaik. Anda semua bisa berjemur sambil menikmati indahnya warna langit saat matahari sedang tenggelam dengan perlahan. Soal kuliner, sepanjang Laut Mati Pantai Tureloto terdapat warung makan yang menawarkan aneka menu seafood seperti kepiting, udang, sup ikan kakap, juga ikan bakar. Harganya pun beragam dari mulai 50 ribu rupiah sampai 100 ribu rupiah per porsinya.

Menyantap olahan berbagai jenis seafood sembari memandang hamparan laut yang tenang tentu akan sangat menyenangkan. Kabar baiknya adalah beberapa warung makan di sekitar pantai juga menyewakan perlengkapan renang seperti baju renang, kacamata, ban serta jasa pemandian. Harganya pun bervariasi, misalkan untuk sewa ban Rp10.000 – Rp15.000, baju renang Rp25.000, jasa permandian Rp2.000, kacamata renang Rp20.000, pelampung renang Rp25.000, semuanya biasa disewa per 2 jam.

Untuk mencapai Pantai ini anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Bandara Binaka Nias. Meskipun memang belum ada transportasi umum yang langsung menuju ke tempat ini, wisatawan dapat menyewa mobil dengan tarif 250.000 sampai 300.000 rupiah per harinya.

Related Post

Di Kerajaan Suku Mosuo Ini Laki-laki Tidak Ada Har... Kebudayaan yang akan kita bahas di sini mungkin akan terdengar sangat asing di telinga Anda, di mana para masyarakatnya tidak mengenal konsep menika...
Misi Ke ISS Kembali Dikirimkan NASA Setelah Penund... Misi ke ISS akhirnya kembali menjadi prioritas NASA setelah mengalami penundaan hingga 7 tahun, dimana Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) akhirn...
Barang yang Wajib Dibawa Saat Berwisata Berkemas sebelum berangkat berwisata, adalah salah satu aktifitas yang tidak boleh disepelehkan. Sebab, jika kita salah dan tidak bisa memilih dan mem...
NIK E-KTP Dapat Ungkap Identitas Pribadi Pemilikny... NIK E-KTP memang tidak akan pernah sama pada setiap orang, dimana ternyata ada rahasia tersendiri di balik 16 digit nomor tersebut. Bahkan kini banyak...