Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Indonesia Berhasil Loloskan 4 Wakil Di 8 Besar Kejuaraan Dunia BWF

Indonesia Berhasil Loloskan 4 Wakil Di 8 Besar Kejuaraan Dunia BWF

Satu tiket perempat final Kejuaraan Dunia 2019 berhasil digenggam ganda putra Indonesia unggulan ketujuh, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, usai menundukkan pasangan Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Lewat pertarungan tiga gim di St. Jakobshalle, Basel, Jumat (23/8/2019) dini hari WIB, Fajar/Rian menang 21-23, 21-11, dan 21-11. Mereka pun jadi wakil Indonesia keempat di perempat final.

Di hadapan Goh/Tan, Fajar/Rian adalah momok. Dalam dua pertandingan sebelumnya di Malaysia Masters 2018 dan All England 2019 mereka selalu menelan kekalahan. Kini, di ajang Kejuaraan Dunia, Goh/Tan berusaha keras untuk memperbaiki rekornya.

Itu ditunjukkan dengan bagaimana kerasnya Goh/Tan memberi perlawanan. Pada paruh pertama gim pertama Fajar/Rian sebenarnya cukup nyaman dalam bermain. Mereka pun sukses mencapai interval dengan keunggulan 11-9. Akan tetapi, keadaannya berubah setelah itu.

Selepas interval Goh/Tan mampu melesat dan berbalik unggul 14-12. Pada titik itu Fajar/Rian sebenarnya sukses menemukan kembali permainan terbaiknya dan berbalik unggul. Namun, Goh/Tan enggan dipermalukan lagi. Mereka bertahan sejadi-jadinya dan memanfaatkan serangan balik dengan jeli sehingga bisa mendapat kemenangan di gim perdana.

Meski begitu, pada gim kedua dan ketiga Fajar/Rian tidak lagi terbendung. Pada gim kedua satu-satunya keunggulan yang didapatkan Goh/Tan adalah kala mereka meraih poin pertama. Setelahnya Fajar/Rian melesat cepat dan unggul 11-5 pada interval. Usai interval Fajar/Rian kian ganas hingga akhirnya menang 21-11.

Pada gim ketiga situasinya agak lain. Skornya memang sama dengan gim kedua tetapi Goh/Tan berhasil memberikan perlawanan cukup alot sampai ketika mereka mendapatkan poin kesembilan. Baru setelah itu mereka kolaps. Di saat Fajar/Rian mampu terus mendulang angka, mereka cuma bisa menambah dua poin. Di ujung cerita, Fajar/Rian berhak melenggang ke perempat final menyusul Jonatan Christie, Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Tunggal putra terbaik Indonesia, Jonatan Christie, berhasil lolos ke perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 usai mengalahkan wakil Denmark, Jan O. Jorgensen, pada babak ketiga. Bertanding di Court 1 St. Jakobshalle, Basel, Kamis (22/8/2019) malam WIB, Jonatan menang dua gim langsung 21-12 dan 21-16.

Semoga Indonesia akan mendapatkan hasil yang terbaik di Kejuaraan Dunia BWF tahun 2019 ini yang diselenggarakan di Basel, Swiss.